Penerapan Strategi Berbasis Permainan Lego sebagai Media untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i22023p185-200Keywords:
strategi bermain, lego, kosakata bahasa ArabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan strategi bermain berbasis media lego dan meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab setelah digunakan strategi bermain berbasis media lego di kelas 4 MI Nurul Huda Semarum. Penelitian dilakukan di MI Nurul Huda Semarum Trenggalek dengan subjek siswa kelas 4 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, pre-test, dan post-test. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, soal pre-test, dan soal post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi bermain berbasis media lego mencakup kegiatan perencanaan untuk menyiapkan bahan dan tempat bermain lego, kegiatan bermain yaitu siswa bermain menyusun lego, kegiatan penutup yaitu membahas kembali kegiatan pembelajaran, dan kegiatan evaluasi siswa mengerjakan post-test di setiap siklusnya. Setelah diterapkannya strategi bermain berbasis media lego, setiap siklusnya mendapatkan hasil yang signifikan, yaitu pada pre-test mendapatkan hasil 25 persen, pada post-test Siklus I mendapatkan hasil 56 persen, sedangkan pada post-test siklus II mendapatkan hasil 85 persen. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan strategi bermain berbasis media lego dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas 4 MI.
Kata kunci: strategi bermain; lego; kosakata
The Application of Lego Game-Based Strategy as a Media to Improve Arabic Vocabulary Mastery in Islamic Elementary Students
This study aims to describe the use of lego media-based play strategies and increase in Arabic vocabulary mastery after using lego media-based play strategies in grade 4 MI Nurul Huda Semarum. The research was conducted at MI Nurul Huda Semarum, Trenggalek, with 27 students of grade 4 as the subjects. This research was a Class Action Research with two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection methods used are observation, interviews, pre-test, and post-test. The research instruments were observation guidelines, interview guidelines, pre-test, and post-test questions. The results of this study indicate that the application of lego media-based play strategies includes planning activities to prepare materials and place to play Lego, playing activities, namely students playing assembling legos, closing activities, namely discussing learning activities again, and evaluation activities of students working on the post-test. After implementing the playing strategy based on Lego media, each cycle gets significant results namely, the pretest gets 25 percent results, while the post-test cycle I gets 56 percent results, and the second cycle gets 85 percent results. Thus, it can be said that the application of lego media-based play strategies can improve the Arabic vocabulary mastery of grade 4 students in MI.
Keywords: playing strategy; lego; vocabulary
References
Abdullah, M. Y., Hastuti, W., & Karmila, A. (2016). Lego (Puzzle Bingo) Games: Media Edukatif Berbasis Pendidikan Karakter pada Anak Usia Sekolah Dasar dalam Mewujudkan Generasi Indonesia Emas (Doctoral dissertation, Muhammadiyah University Makassar).
Ali, J. (2019). Permainan sebagai Strategi Aktif Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Stain Pekalongan.
Amiruddin, A., & Fatmawati, F. (2018). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII SMP UNISMUH Makassar. Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 27-39.
Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(2), 161-180.
Fajriah, Z. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 107-126.
Fandisya, A. S. (2022). Penggunaan Lego dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pembagian pada Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar III di SLB Negeri 2 Makassar.
Hadi, F. R. (2021). Penggunaan Media Lego Bricks untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Matematika pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 73-82.
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).
Holifah, N., & Ma’ruf, A. (2019). Pengaruh Penerapan Media Lego Hijaiah dari Limbah Tutup Botol untuk Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiah di RA Miftahul Huda Kertosari Pasuruan. Jurnal Mu’allim, 1(1), 79-94.
Jalil, A. (2019). Pengembangan Media Permainan Lego Huruf pada Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Pascasarjana).
Kartini, K., & Susilawati, I. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Lego untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 33-43.
Kusyairi, U., Syam, A. F., Aslinda, A., Saleh, H., Yulianti, S., & Maswatillah, M. (2019). Pemanfaatan Sarana dan Prasarana dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(2), 111-120.
Malinda, Z. A., Murtono, M., & Zuliana, E. (2017). Problem Based Learning Berbantuan Lego Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1).
Milla, D. Mas’ udah. (2017). Pengaruh Bermain Lego terhadap Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Kelompok A di TK Sabilul Hikmah Surabaya. PAUD Teratai, 6(2), 1-4.
Norhidayah, N. (2016). فعالية استخدام استراتيجية مبارات الألعاب الفريقية (Teams Games Tournament) بوسيلة لعب الثعابين والسلالم (Ular Tangga) في تعليم المفردات لطلبة الصف الحادي عشر بمدرسة الإستقامة الثانوية الأهلية بكابران ريا بنجرماسين.
Nuha, U. (2018). Permainan Treasure Hunt sebagai Sebuah Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. TARBIYA ISLAMIA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 7(2), 256-277.
Nuraeni, N. (2014). Strategi Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143-153.
Nurhidayati, N., & Ridwan, N. A. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak.
Rahman, N. F. (2015). تطوير وسائل لعبة الإختبار التفاعلي المبنية على ماكروميديا فلاش لتعليم المفردات للأطفال (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Rahmandany, E. N., & Syamsiyati, R. N. (2020). Implementasi Media Lego Konstruktif dalam Mengembangkan Motorik Halus pada Anak Kelompok B Di Ra Al Hilal 3 Pucangan Kartasura Tahun 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).
Rosyidah, N. Z. S. (2020). تطوير كتاب مصاحب اللعبة التعليمية لتعليم مفردات اللغة العربية بمدرسة دار العلوم الابتدائية الإسلامية باتو (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Saputra, N. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode permainan edukatif dalam Pembelajaran bahasa arab. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 7(1), 31-43.
Wekke, I. S. (2015). Model Pembelajaran Bahasa Arab. Deepublish.
Wibowo, F. C., & Suhandi, A. (2013). Penerapan Model Science Creative Learning (Scl) Fisika Berbasis bermain Untuk MeningkatkanHasil Belajar Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).
Yus, A. (2013). Bermain sebagai kebutuhan dan strategi pengembangan diri anak. Jurnal Ilmiah Visi, 8(2), 153-158.
عيسى سعد الزبون. (2020). اتجاهات طلبة المرحلة الاساسية في المدارس الحكومية في عمان نحو استراتيجية لعب الادوار في مادة اللغة العربية. مجلة الفنون والأدب وعلوم الإنسانيات والاجتماع, (58), 281-293.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Natasya Dwi Nursari, Nurhidayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.