Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab di Jenjang Sekolah Dasar Berbasis Keagamaan Islam
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i72023p1049-1060Keywords:
pembelajaran, bahasa Arab, pelaksanaan, perencanaan, penilaianAbstract
Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia bisa ditemui di pendidikan formal maupun nonformal. Namun, tidak jarang yang menganggap bahasa Arab ialah bahasa yang susah untuk dipahami, dan dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak disukai. Tingkat keberhasilan suatu lembaga dalam mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Arab membutuhkan sebuah manajemen pembelajaran bahasa Arab yang sesuai dan baik, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perancanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran bahasa Arab di kelas VI MI Fastabiqul Khoirot. Penelitian yang digunakan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MI Fastabiqul Khoirot Trenggalek dengan subjek dalam penelitian ini ialah kepala madrasah, guru bahasa Arab, dan siswa kelas VI. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan observasi, wawancara, dokumentasi berupa data utama dan data pendukung serta analisa data. Hasil penelitian ini meliputi: (a) perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat nama sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, kompetensi dasar, IPK, alokasi waktu,metode, media, tujuan, bahan ajar, materi, pelaksanaan pembelajaran, dan aspek penilaian; (b) pelaksanaan yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup; dan (c) penilaian, penilaian pembelajaran bahasa Arab didasarkan penilian tugas harian, tugas kelompok, PTS, PAT dan sikap. Dalam pelajaran bahasa Arab terdapat 4 keterampilan berbahasa yang masing-masing keterampilan berbeda dalam menilainya.
Kata kunci: pembelajaran; bahasa Arab; pelaksanaan; perencanaan; penilaian
Arabic Language Learning at Elementary School Based on Islamic Religion
Implementation of Arabic education in Indonesia can be found in formal and non-formal education. Though, it is not unusual for people to associate that Arabic is a difficult language to understand, and is seen as an unwelcome subject. The level of success of an institution in achieving the objectives of learning Arabic requires an appropriate and good management of Arabic learning, including planning, implementation, and assessment. The point of this research was to draw the planning, implementation, and assessment of Arabic learning in class VI MI Fastabiqul Khoirot. The type of research used in this research is qualitative analysis. This research was handel at MI Fastabiqul Khoirot Trenggalek with the subjects in this study were the head of the madrasa, Arabic teachers, and sixth-grade students. The data accumulation techniques used in this research were obtained by observation, interviews, documentation in the form of main data, and supporting data and data analysis. The outcome of this study include (a) learning planning is carried out by compiling a Learning Implementation Plan (RPP) which contains the name of the school, subject, class/semester, basic competence, IPK, time allocation, method, media, objectives, teaching materials, materials, implementation learning, and assessment aspects. (b) implementation, namely preliminary, core, and closing activities (c) assessment, assessment of Arabic learning based on an assessment of daily assignments, group assignments, PTS, PAT, and attitudes. In Arabic lessons, there are 4 language skills, each of which is different in assessing them.
Keywords: learning; Arabic; implementation; planning; assessment
References
Ainin, M. (2018). Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Atau Sekolah: Hots, Mots Atau Lots? Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 4(4), 155–165. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/266
Ainin, M. (2019). Kesalahan Dalam Penyususnan Rencana Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah / Sekolah Universitas Negeri Malang. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V, 199–209.
Albantani, A. M. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah: Sebuah Ide Terobosan. Attadib Journal Of Elementary Education, 3(2), 160–173.
Amrullah, A. F. (2021). Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab. Prenada Media.Dahlan, U. A. (2022). Manajemen kurikulum di smp muhammadiyah yogyakarta. MASALIQ : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2, 123–135.
Davik. (2021). Jurnal LUGHOTI Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Jurnal LUGHOTI Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. 2(02), 37–59.
Manurung, S . (2012). Merancang Kegiatan Pembelajaran.
Fathoni, M. (2018). Maharah Istima ’. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 1, 2020. file:///C:/Users/USER/Downloads/162-308-1-SM.pdf
Febrina, D. I. (2018). Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses di SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Buana, 2(1), 338-338.
Jaeni, M. (2016). Nilai-Nilai Multikulturalisme Dalam Bahasa Arab. Repositoryiainpekalongan, 1–62.
Kaharuddin, K. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kemampuan Muhadatsah. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 62–72. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i1.734
Khasairi, M. (2013). Pelaksanaan Pengajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtida ’ Iyah Se Malang Raya. Mi, 83–105.
Kholisoh, L. N. (2020). Sudahkah Evaluasi Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Pada Tingkat Dasar Dilakukan? Alsuniyat, 1(1), 73–87. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24200
Khotijah, K. (2018). Desain Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di MI. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 1(01), 22. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v1i01.1187
Kosbandhono, E. (2013). Esesmen dan Evaluasi untuk Maharah Istima’. Arabia, 5(1), 1–12.
M. Fathurrohman. (2015). Model-Model Pembelajaran. Ar-Ruzz Media, 1589, 105–112.
Mahmudah, M. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab di MIN 13 Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Madrasah, 11(1), 1. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i1.5711
Mubarok, U. Z. (2016). Proses Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab Ii, 117–125.
Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15
Nufus, H. (2013). Model Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini. https://docplayer.info/72382709-Model-pembelajaran-bahasa-arab-untuk-anak-usia-dini-oleh-hayati-nufus-m-a-pd-abstrak.html
Nuriyah, N. (2014). Evaluasi pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos, 3(1), 73–86. https://doi.org/10.1165/rcmb.2013-0411OC
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Rathomi, A. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’Ah Melalui Pendekatan Saintifik. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 558–565. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4315
Rathomi, A. (2020). Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. TARBIYA ISLAMICA Jurnal Keguruan Dan Pendidikan Islam, 1, 1–8.
Ridho, U. (2018). Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(01), 19. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788
Syaarif, A. Q. (2012). تَخْطيطُ الدَّرْسِ النَّحْويِّ وَتَعْلِيمِيَّةٌ لِتَلاميذِ الصَّفِّ الرّابِعِ المَرْحَلَةِ الِابْتِدائيَّةَ نَموذَجًا. Jami’ah Husaibah Ibnu Bu’ali As-Salaf (Al-Jazair), 6–22.
Rahman, Y.A. (2013). تقييم بيئة التعليم الإلكتروني في جامعة مصراته. جامعة مصراته.
Zukhaira, M. Y. A. H. (2013). Bahasa Arab Berbasis Pendidikan Karakter dan Budaya bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. Abdimas, 17(1), 9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kurniawati Aprilia Rusdiana Putri, Nurhidayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.