Kreasi Artistik Relief Cerita Sri Tanjung Candi Jabung dalam Keramik Teapot
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1584-1601Keywords:
Relief; Cerita Sri Tanjung; Candi Jabung; KeramikAbstract
Abstract: This article is based on an interest in the values contained in the relief, namely honesty, loyalty, and responsibility. Moreover, ceramics are often found in everyday life and teapots are closely associated with the tea-drinking culture of Indonesia. The creation of this work also functions as a learning medium for students. The Jabung temple is often used as a historical learning site for local schools, but the relief of the temple is beginning to go obscure because of wear. Therefore, it is rather interesting to express the visual aesthetic aspect of the Sri Tanjung relief onto ceramic teapot media. To achieve such visualization, creative methods are required, namely the stages of excavation of the source of ideas, the concept of creation, the visualization process of works, the analysis of works/ descriptions and the decapitation. The study’s results are six teapot pottery works: three works on Patih Sidapaksa's theme killing Sri Tanjung namely fidelity (kesetiaan), honesty (kejujuran), and regret (penyesalan); and the other three are of Sri Tanjung theme riding on the back of a dolphin namely sacrifice, truth, and justice. The works were displayed at an art exhibition to get public appreciation.
Keywords: relief; Sri Tanjung story; Jabung temple, ceramic
Abstrak: Penciptaan karya keramik teapot Relief Sri Tanjung Candi Jabung dilatarbelakangi oleh ketertarikan terhadap nilai-nilai yang terkandung pada relief tersebut, diantaranya nilai kejujuran, kesetiaan, dan tanggung jawab. Selain itu, keramik sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan teapot masih erat kaitannya dengan budaya minum teh di Indonesia. Penciptaan karya ini juga berfungsi sebagai media pengenalan relief dan nilai-nilainya kepada khalayak khususnya pelajar. Hal tersebut mengingat Candi Jabung yang sering dijadikan tempat untuk pengenalan sejarah bagi sekolah-sekolah sekitar candi, akan tetapi relief candi tersebut mulai tidak jelas dikarenakan aus. Dari permasalahan tersebut aspek estetik visual pada relief Sri Tanjung menarik untuk diekspresikan pada media keramik teapot. Untuk mencapai hasil visualisasi tersebut diperlukan metode kreatif dalam menghasilkannya. Metode tersebut meliputi tahapan penggalian sumber ide, konsep penciptaan, proses visualisasi karya, analisis karya/deskripsi karya dan penyimpulan. Dari penelitian ini dihasilkan enam karya keramik teapot, tiga karya dari tema Patih Sidapaksa membunuh Sri Tanjung diantaranya fidelity (kesetiaan), honesty (kejujuran), dan regret (penyesalan). Sedangkan tiga karya dari tema Sri Tanjung menaiki punggung seekor ikan lumba-lumba diantaranya adalah sacrifice (pengorbanan), truth (kebenaran), dan justice (keadilan). Hasil karya tersebut dipresentasikan melalui gelar karya untuk mendapatkan apresiasi dari publik.
Kata kunci: relief; cerita Sri Tanjung; candi Jabung; keramik
References
Ahmad, A. P. S. (2012). Kreativitas desain poster dalam kompetisi desain poster nasional. Humaniora, 3(1), 232–245. doi: https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i1.3257
Anwar, A. (2017). Teko ekspresi dengan media keramik (Unpublished undergraduate thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta, Surakarta, Indonesia). Retrieved from http://repository.isi-ska.ac.id/1749/
Aseantino, A., Lestari, N., & Riyanto, A. (2013). Analisis fungsi pameran arsip sebagai sarana penyampaian informasi kepada publik oleh Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah pada Pameran Arsip Keliling II di Kota Pekalongan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–11. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/2994
Astuti, A. (2008). Keramik ilmu dan proses pembuatannya. Yogyakarta: Arindo Nusa Media.
Chairunnisa, M., Sutjitro, & Sumarno. (2014). Pemanfaatan situs candi jabung sebagai objek wisata sejarah di Kabupaten Probolinggo tahun 1982-2014 (Unpublished undergraduate article, Universitas Jember, Jember, Indonesia). Retrieved from http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63427
Dewi, A. K. (2017). Peranan media dan teknologi pada perkembangan budaya minum teh. Prabangkara: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 21(1). Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php-/prabangkara/article/view/163
Djatiprambudi, D. (2017). Penciptaan seni sebagai penelitian. Proceedings of Seminar Nasional Seni dan Desain 2017 (pp. 24–30). Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/196055/penciptaan-seni-sebagai-penelitian
Fatma, D. (2014). Tinjauan visual pada terakota koleksi museum majapahit, Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Seni Rupa, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/9894
Gustami, S. P. (2007). Proses penciptaan seni kriya “untaian metodologis”. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.
Hendriyana, H. (2022). Rupa dasar (Nirmana): Asas dan prinsip dasar seni visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Indarti. (2020). Metode proses desain dalam penciptaan produk fashion dan tekstil. BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa, 1(2), 128–137. doi: https://doi.org/10.26740/baju.v1n2.p128-137
Islami, N. T., Budiono, H., & Widiatmoko, S. (2021). Makna edukasi relief sri tanjung di candi surowono, Desa Surowono, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri. Proceedings of Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 1(1), 42–48. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/1389
Jatmiko, E., & Joestiono, K. T. (2020). Penerapan unsur-unsur nirmana dwimatra dalam toolbox perangkat lunak desain Coreldraw. Dekave, 13(2), 38–53. Retrieved from https://journal.isi.ac.id/index.php/-dkv/article/view/4869
Karim, K., Maknun, T., & Abbas, A. (2019). Praanggapan dalam pamflet sosialisasi pelestarian lingkungan di Kabupaten Wakatobi. Jurnal Ilmu Budaya, 7(2), 241–247. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/¬index.php/jib/article/view/2821
Mardalis. (2003). Metode penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Mubarat, H. (2021). Telaah Nirmana sebagai proses kreatif dalam dinamika estetika visual. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 23(1), 125–139. Retrieved from https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/article/view/1366
Mudhofar, A. M. (2018). Gambas dalam penciptaan teko keramik (Unpublished undergraduate thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta). Retrieved from http://digilib.isi.ac.id/3640/
Mulyadi, A. (2017). Keluarga sebagai sumber ide penciptaan karya seni lukis. Jurnal Seni Rupa, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/19032
Munandar, A. A. (2004). Karya sastra jawa kuno yang diabadikan pada relief candi-candi abad ke-13–15M. Makara Hubs-Asia, 8(2), 54–60. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/4366/karya-sastra-jawa-kuno-yang-diabadikan-pada-relief-candi-candi-abad-ke-1315-m#cite
Pamungkas, S. D. (2018). Pengelolaan lomba lukis dan pameran DIY kyoto diseksi seni rupa dinas kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2017 (Unpublished undergraduate thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta). Retrieved from http://digilib.isi.ac.id/5374/
Ponimin. (2018). Kriya keramik kendi. Malang: UM Press.
Primadia, A. (2018, May 22). Sejarah candi jabung Jawa Timur lengkap. Sejarah Lengkap.com. Retrieved from https://sejarahlengkap.com/bangunan/sejarah-candi-jabung
Rahardja, A., Puspitasari, D. G., & Wiguna, M. (2013). Eksplorasi desain dasar (Nirmana) melalui kombinasi media grafis analog dan digital: Suatu penelitian kelas/studio. Humaniora, 4(2), 1029–1041. doi: https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3543
Rangkuti, N., Pojoh, I., & Harkatiningsih, N. (2008). Buku panduan analisis keramik. Jakarta: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.
Rondhi, M. (2014). Fungsi seni bagi kehidupan manusia: Kajian teoretik. Imajinasi: Jurnal Seni, 7(2), 115–128. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/8872
Sanyoto, S. E. (2010). Nirmana: elemen-elemen seni dan desain. Yogyakarta: Jalasutra.
Sidhartani, S. (2010). Elemen visual dan prinsip desain sebagai bahasa visual untuk menyampaikan rasa, studi kasus: aplikasi elemen visual dan prinsip desain pada karya Nirmana Dwimatra. Deiksis, 2(02), 82–95. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/396
Sukatman. (2015). Cerita Rakyat Sri Tanjung dan kontribusinya bagi tata wilayah zaman kerajaan dan abad modern [“Sri Tanjung" folklore and its contribution for planology of the kingdom age and the modern century]. Widyaparwa, 43(1), 89–102. https://widyaparwa.kemdikbud.go.id/index.php/-widyaparwa/article/view/108
Suparta, I. M. (2010a). Prinsip seni rupa (Course material, Institut Seni Indonesia Denpasar, Denpasar, Indonesia). Retrieved from http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/97
Suparta, I. M. (2010b). Unsur-unsur seni rupa (Course material, Institut Seni Indonesia Denpasar, Denpasar, Indonesia). Retrieved from http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/125
Taufik, R. (2017). Eksplorasi tekstur dalam karya keramik (Unpublished undergraduate thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia). Retrieved from http://digilib.isi.ac.id/2981/
Trisiah, A. (2013). Media iklan banner sebagai media kampanye Pemilu Legislatif 2014. Wardah, 14(2), 187–198. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/warda/article/view/340
Wardaya, M. (2021). Penggunaan Nirmana-komposisi tak berbentuk sebagai dasar pembuatan pola surface design. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 14(2), 114–123. doi: https://doi.org/10.31937/-ultimart.v14i2.2025
Widuri, N. R. (2004). Pameran, media komunikasi antara perpustakaan dengan pengguna. BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 28(2), 120–126. Retrieved from https://jurnalbaca.pdii.lipi.go.id/-baca/article/view/109
Yunaldi, A. (2016). Ekspresi goresan garis dan warna dalam karya seni lukis. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 1(2). Retrieved from http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/Besaung/article/view/124
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dainty Resy Suciati, Ponimin, Lisa Sidyawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.