Konseling Kelompok dengan Teknik Cognitive Restructuring untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP)
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p622-629Keywords:
perilaku membolos, konseling kelompok, cognitive behavior therapy, cognitive restructuringAbstract
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah siswa yang membolos sekolah, terutama setelah pandemi COVID-19, di SMP Negeri 1 Pajarakan. Perilaku membolos merupakan perilaku maladaptif yang sering terjadi di sekolah. Perilaku ini muncul akibat ketidakmampuan siswa dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan, serta adanya keyakinan irasional yang mendorong siswa untuk membolos. Jika perilaku membolos siswa tidak ditangani secara cepat dan tepat, dikhawatirkan jumlah siswa yang membolos akan terus meningkat dan berdampak negatif pada diri mereka dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengatasi perilaku membolos siswa di sekolah dengan menggunakan pendekatan konseling kelompok menggunakan teknik cognitive behavior therapy (CBT) dengan teknik cognitive restructuring. Sasaran dari penerapan konseling kelompok CBT dengan teknik cognitive restructuring ini adalah lembaga pendidikan dan pihak terkait yang dapat membantu siswa mengubah keyakinan irasional menjadi rasional, sehingga perilaku membolos dapat teratasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan untuk menjelaskan konsep dan teori-teori yang mendasari teknik cognitive restructuring dalam mengatasi perilaku membolos siswa. Dengan demikian, penelitian ini memberikan landasan yang kuat untuk pengembangan intervensi dan program konseling kelompok yang efektif dalam mengurangi perilaku membolos siswa di SMP.
References
Aisyatul Widad, M. A. S., & Dibyo Wiyono, B. (2020). Konformitas perilaku membolos sekolah pada siswa SMK Assa’adah Bungah Gresik. Jurnal BK UNESA, 11(4).
Alwahbi, A. (2020). The use of contingency contracting in educational settings: A review of the literature.Educational Research and Reviews, 15(6), 327–335.
Amaliyah, Amaliyah, Hamzah Hamzah, and Farial Farial. "Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Siswa Membolos di SMPN 29 Banjarmasin Tahun Ajaran 2017/2018." Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia 4.1 (2018): 1-7.
Anyamene, A. P., Anyachebelu, F. E., & Ngozi, A. (2017). Effects of Individualized Counselling Technique on Remedying Truancy Among Junior Secondary School Students. Journal of Guidance, 1(1), 15–19.
Ardiyanti, M., & Indah Pratiwi, T. (2018). Studi Tentang Penanganan Perilaku Membolos Peserta Didik oleh Konselor Sekolah di SMP Negeri Se Kecamatan Kerek-tuban. Jurnal BK UNESA, 8(2).
Aziz, R. (2018). Peranan Kecerdasan Emosional terhadap penyesuaian diri dan perilaku delinkuen pada remaja di Yogyakarta. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 3(1), 83–98.
Badriah, L. (2018). Persepsi Peserta Didik Terhadap Guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Ali Maksum. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(1), 16–30.
Cormier, Nurius, & Osborn. 2009. Interviewing and Change Strategies for Helpers Fundamental Skills and Cognitive Behavioral Interventions 6th Edition. Brooks/Cole.
Damayanti, Feny Annisa, and Denok Setiawati. "Studi tentang perilaku membolos pada siswa SMA swasta di Surabaya." Jurnal BK Unesa 3.1 (2013): 454-461.
Erford, B. T. (2017). Orientation to the counseling profession: Advocacy, ethics, and essential professional foundations. Pearson.
Erlina, N., & Fitri, L. A. (2016). Penggunaan Layanan Konseling Individu dengan Pendekatan Behavioral untuk Mengurangi Prilaku Membolos Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Merabung Iii Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 19–28.
Fandini, P., Sulatani, S., & Susanto, D. (2018). Layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa di SMA PGRI 2 Banjarmasin tahun ajaran2017/2018. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(1), 13-20.
Fiara, A., Nurhasanah, N., & Bustamam, N. (2019). Analisis faktor penyebab perilaku tidak disiplin pada siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1).
Haq, M. D. D. (2019). Peran guru bk dalam menangani prilaku membolos siswa di MTs NU Raudlatus Shibyan. Konseling edukasi. Journal of Guidance and Counseling, 3(2).
Iis Pujiati dan Harwanti (2018). Pengaruh Konseling Cognitive Behavior Teknik Cognitive
Islami, J. (2020). Hubungan antara kecemasan sosial dan pribadi introvert dengan aktualisasi diri pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 1(2)
Jolivette, K., Swoszowski, N. C., Sanders, S., Ennis, R. P., & Boden, L. J. (2018). Positive Behavior Agreements.
Journal of Correctional Education (1974-), 69(3), 16–31.
Khadijah, K., Marjohan, M., & Bentri, A. (2016). Kontribusi dukungan orangtua dan persepsi siswa tentang disiplin belajar terhadap perilaku membolos serta implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling. Konselor, 5(3), 172–181.
Komalasari, G., & Wahyuni, E. (2011). Teori dan teknik konseling. Jakarta: Indeks.
Lilis Karlina (2020) Fenomena Terjadinya Kenaklan Remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, 1 (2),147-158. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/434.
Marisa, C., & Putri, A. M. (2017). The influence of individual counseling in improving learning motivation for students. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 137–144.
Masyithah, M., Nurhasanah, N., & Nurdin, S. (2019). Analisis faktor-faktor penyebab siswa membolos sekolah di SMP Negeri 16 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.