Pemanfaatan Model Problem Based Learning dalam Upaya Melatih Penguasaan Konsep dan Keaktifan Siswa Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya

Authors

  • Putri Festiana Purwanti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Achmad Jufriadi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Hena Dian Ayu Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Mokhammad Ikhsan Muhibudi SMA Negeri 2 Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p578-596

Keywords:

comprehension, students' engagement, problem-based learning, penguasaan konsep, keaktifan siswa, PBL

Abstract

Abstract: This research aims to enhance the students' comprehension and engagement on the Sound Waves and Light Waves, using the Problem-based Learning (PBL) method combined with the learning style-integrated worksheet. This research applies Classroom Action Reaearch (CAR) as the method, in line with Kemmis and Mc Taggart in two cycles in which are planning, action I, observing I, reflecting I, planning, action II, observing II, and reflecting II. The subject of this study are 35 students, 13 male and 22 female. The data were obtained by using observation, two tiers test, and documentation. The result shows as follows: 1) The students' physics comprehension increases. The average percentage of the students comprehension from the cycle I and cycle II are 84.1 percent and 84.3 percent, the misconception are 11.3 percent and 11.6 percent, while the incomprehensive are 4.4 percent and 4.1 percent. The students' comprehension development are picturized in the Comprehend category, where they have obtained 84 percent (more than the minimum criteria 80.2). The students' engagement from cycle I and cycle II are 83.9 percent (very active) and 91.8 percent (very active). This shows that there is the increase of the students' comprehension and engagement.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keaktifan siswa materi gelombang bunyi dan cahaya, dengan menggunakan model PBL dan lkpd terintegrasi gaya belajar. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart dalam dua siklus dengan tahap perencanann awal, pelaksanaan I. Pengamatan I, refleksi I, perencanaan hasil refleksi, pelaksanaan II, pengamatan II dan refleksi II. Subjek penelitian sebanyak 35 siswa terdiri 13 laki-laki dan 22 perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes pilihan ganda beralasan (two tiers), dan dokumentasi. Hasil pelaksanaan tindakan pembelajaran fisika dengan model PBL berbantuan lkpd terintegrasi gaya belajar bahwa: 1) Penguasaan konsep fisika siswa mengalami meningkat. Persentaseata-rata penguasaan konsep fisika siswa dengan pembelajaran PBL dari siklus I dan siklus II kategori paham berturut- turut adalah 84,1 persen dan 84,3 persen, kategori miskonsepsi berturut-turut adalah 11,3 persen dan 11,6 dan kategori tidak paham sebesar 4,4 persen dan 4,1 persen. Penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan ditunjukkan pada kategori paham dimana mencapai 84 persen sudah diatas nilai minimum 80. 2) Persentase kekatifan siswa pada siklus I s.d. siklus II berturut-turut 83,9 persen (sangat aktif) dan 91,8 persen (sangat aktif). Hasil ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan konsep dan keaktifan saat siklus I dan II.

References

Ahmad, J. N. A. A., Nuraniah, R., & Iwan Ridwanullah, A. (2021). Efektivitas Pendampingan Belajar Terhadap Minat dan Keaktifan Siswa Selama Pandemi Covid-19 (Nomor 57). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings

Arifah, R. N., Handayanto, S. K., & Hidayat, A. (2016). Deskripsi Penguasaan Konsep Siswa Terhadap materi Fluida Statis Di tana Paser Kalimantan Timur Kelas XI Tahun Ajaran 2016/2017. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM.

Astuti, L. S. (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau Dari Konsep Diri Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Formatif, 7(1), 40–48.

Chandio, M. T., Pandhiani, S. M., & Iqbal, R. (2016). Article Bloom’s Taxonomy: Improving Assessment and Teaching-Learning Process. 3(2).

Darmayanti, N. W. S., Suastra, I. W., & Sujanem, R. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kinerja Ilmiah dan Penguasaan Konsep Sains Siswa Kelas Viii C SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2010/2011 (Vol. 13, Nomor 1).

Dedi Agustinus, M., & Yusuf, M. (2023a). Model Pembelajaran PBL Berbasis PTK-LS terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains A R T I C L E I N F O. Journal of Education Action Research, 7(2), 288–297. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.56631

Dedi Agustinus, M., & Yusuf, M. (2023b). Model Pembelajaran PBL Berbasis PTK-LS terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains A R T I C L E I N F O. Journal of Education Action Research, 7(2), 288–297. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.56631

Graaff, D. E., & Kolmos, A. (2003). Characteristics of Problem-Based Learning*. International Journal of Engineering Education, 19, 657–662.

Gunawan, G., Harjono, A., & Imran, I. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif Dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 118–125. https://doi.org/10.15294/jpfi.v12i2.5018

Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formati, 1, 26–41.

Hidayah, S. N., Pujani, N. M., & Sujanem, R. (2018). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X Mipa 2 MAN Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. JPPF, 8(1), 2599–2554.

Irmawati, I., Suarti, S., & Nurlina, N. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20834

Junaida, Supriadi, B., & Bachtiar, R. W. (2016). Implementasi Model Problem Based Instruction Pada Pembelajaran Fisika Di SMAN Tamanan Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5, 211–217.

Kanyesigye, S. T., Uwamahoro, J., & Kemeza, I. (2022). Data collected to measure the impact of problem-based learning and document physics classroom practices among Ugandan secondary schools. Data in Brief, 44. https://doi.org/10.1016/j.dib.2022.108534

Karimah, N., Rasimin, & Andiyaksa, R. (2022). Identifikasi Tingkat Keaktifan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.

Khoiriyah, A. (2015). Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kelas XI TKJ Di SMK Negeri 1 Sine. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kumartha, I. P. F., Putra, M., & Wyn Sujana, I. (2013). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Bermakna Bernuansa Lingkungan Alam Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Gugus 4 Selemadeg Timur Tabanan.

Kurniawan, R., & Arief, A. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Hukum Newton Tentang Gerak Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Nganjuk. JurnalInovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04, 1–3.

Lokistawara, E., Hidayat, S., & Syahri, I. (2019). Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Protista Kelas X di SMA Muhammadiyah Sekayu. BIODIK, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.22437/bio.v5i1.6392

Mulyadi. (2018). Analisis Faktor Rendahnya Keaktifan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Pacitan Pada Mata Kuliah Persamaan Differensial. Jurnal penelitian Indonesia, 10.

Muslim, I. B. (2015). Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing Global.

Muslim, I., Halim, A., & Safitri, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Elastisitas Dan Hukum Hooke Di SMA Negeri Unggul Harapan Persada. Dalam Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Vol. 03, Nomor 02). http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Nursaadah, S. (2019). Lembaran Ilmu Kependidikan Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatan Hasil Belajar IPA dan Keaktifan Siswa pada Submateri Pengukuran. Lembaran Ilmu Kependidikan, 48(2), 66–71. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK

Ode, W. A. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project Based Learning. Januari, 8(1).

Oktaviani, W., & Gunawan, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, III(1), 2407–6902.

Rahman, N. (2017). Pengembangan Tes Tertulis Two-Tier Multiple Choice pada Materi Kepadatan Penduduk dan Pencemaran Lingkungan untuk Mengukur Tingkat Penguasaan Konsep Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Salirawati, D. (2011). Pengembangan Instrumen Pendeteksi Miskonsepsi Kesetimbangan Kimia Pada Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105

Setyawati, R. (2023). Pembelajaran Diferensiasi Untuk meningkatkan Pemahaman Tentang Pancaindera Manusia Pada Siswa Kelass 4c SD Negeri Ngaglik 01 Batu Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora(JPTWH), 2, 232–259.

Simamora, R. E., Rotua, S. D., & Surya, E. (2017). Improving Learning Activity and Students’ Problem Solving Skill through Problem Based Learning (PBL) in Junior High School. Article in International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(2), 321–331. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied

Sohaya, V. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X TKJ Di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal pendidikan teknik Elektronika.

Sudibjo, N. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar, Keaktifan dan Kerjasama Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Topik Rangkaian Listrik. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 08(1), 25–37.

Suhendi, H. Y., Ramdhani, M. A., & Irwansyah, F. S. (2018). Verification Concept of Assesment for Physics Education Student Learning Outcome. International Journal of Engineering & Technology, 7, 321–325. www.sciencepubco.com/index.php/IJET

Taqwa, M. R. A., Rivaldo, L., & Faizah, R. (2019). Problem Based Learning Implementation to Increase The Students’ Conceptual Understanding of Elasticity. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v9i2.3339

Wulansari, B., Rokimah Hanik, N., & Adi Nugroho, A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari Implementation of Problem Based Learning (PBL) Model Accompanied by Mind Mapping to Improve Biology Learning Outcomes on Student for Class X Students Senior High School 1 Tawangsari. Dalam Journal of Biology Learning (Vol. 1, Nomor 1).

Yew, E. H. J., & Goh, K. (2016). Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education, 2(2), 75–79. https://doi.org/10.1016/j.hpe.2016.01.004

Yoesoef, A. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menanya Dan Penguasaan Konsep Fisika Kelas X Mia 1 SMA Negeri 2 Kediri. Dalam Jurnal PINUS (Vol. 1, Nomor 2). http://efektor.unpkediri.ac.id.96

Yulianci, S., Doyan, A., & Febriyanti, F. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Pada Materi Besaran dan Pengukuran. 9(2).

Downloads

Published

09-06-2023

How to Cite

Purwanti, P. F., Jufriadi, A., Ayu, H. D., & Muhibudi, M. I. (2023). Pemanfaatan Model Problem Based Learning dalam Upaya Melatih Penguasaan Konsep dan Keaktifan Siswa Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(7), 578–596. https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p578-596

Issue

Section

Articles