Menciptakan Hasil Belajar Kognitif yang Tinggi pada Materi Vektor Kelas X dengan Model Pembelajaran Discovery Learning yang Terintegrasi dengan Pembelajaran Berdiferensiasi

Authors

  • Intan Permatasari Ayunda Rasuli Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Anik Istyowati SMAN 8 Malang
  • Hestyningtyas Yuli Pratiwi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p565-577

Keywords:

learning outcomes, cognitive, discovery learning integrated with differentiated learning, hasil belajar, kognitif, discovery learning terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Abstract: This research can find out that learning with the Discovery Learning model Integrated with Differentiated Learning can result in high student cognitive learning outcomes. The subjects of this study were students of class X-9 SMAN 8 Malang in the 2022/2023 academic year totaling 36 students with differentiation of learning styles consisting of visual, auditorial and kinesthetic. The type of research used is Classroom Action Research (CAR) with 3 cycles where each cycle consists of planning, action, observation and reflection stages. The learning outcome measurement instrument consists of questions that are adjusted to the learning outcome indicators, namely: knowledge, understanding, application, analysis, evaluation and creation. The result pf this study were in Cycle I obtained student learning outcomes of 48.42 with category of less and percentage of completeness of 11.11 percent, Cycle II amounted to 68.78 with a sufficient category and a percentage of completeness of 33.33 percent, and Cycle III was 80.02 with high category and percentage of classical completeness reached 72.22 percent. So it can be said that the Discovery Learning model integrated with Differentiated Learning can lead to high student cognitive learning outcomes on Vector material.

Abstrak: Penelitian ini dapat mengetahui pembelajaran dengan model Discovery Learning yang Terintegrasi Pembelajaran Berdiferensiasi dapat mengakibatkan hasil belajar kognitif siswa tinggi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-9 SMAN 8 Malang Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 siswa dengan diferensiasi gaya belajar yang terdiri visual, auditorial dan kinestetik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen pengukuran hasil belajar terdiri dari soal-soal yang disesuaikan dengan indikator hasil belajar yaitu: pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, evaluasi dan penciptaan. Hasil dari penelitian ini adalah pada Siklus I memperoleh hasil belajar siswa 48,42 dengan kategori kurang dan persentase ketuntasan 11,11 persen, Siklus II sebesar 68,78 dengan kategori cukup dan persentase ketuntasan 33,33 persen, dan Siklus III adalah 80,02 dengan kategori tinggi dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 72,22 persen. Sehingga dapat dikatakan bahwa model Discovery Learning yang Terintegrasi Pembelajaran Berdiferensiasi dapat mengakibatkan hasil belajar kognitif siswa tinggi pada materi Vektor.

References

Abdur, R. B. P., Sabhayati, A. M., Andi, F., Yuyun, K., Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur- Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2 (1), 1-8

Dianty, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Vektor Siswa SMA. Integrasi Pendidikan, Sains, dan Teknologi dalam Mengembangkan Budaya Ilmiah di Era Revolusi Industri 4.0, 4 (1), 77-80

Handhika, J., Erawan, K., Ahwan. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pokok Bahasan Analisis Vektor Melalui Inkuiri Terbimbing. JPFK, 2 (1), 12-15

Hopkins, D. (2008). A Teacher’s Guide to Classroom Research. New York: Open University Press MCGraw Hill

Mualimin. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Toeri dan Praktik. Yogyakarta: Ganding Pustaka

Mutiasih, L. (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Materi Vektor Melalui Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X. Indonesian Journal of Action Research, 1 (2), 189-202

Purba, M., dkk. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kemendikbudristek

Putri, H., dkk. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif. Jurnal Papeda, 4 (2), 139-148

Roswati, T. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Starts with a Question Kompetensi Dasar Analisis Vektor untuk Gerak Mata Pelajaran Fisika di Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7 (2), 201-210

Sahriani, I., Arsyad., Ma’ruf. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Tandur Berbasis Inkuiri pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bungoro. Jurnal Pendidikan Fisika, 4 (1), 112-126

Siahaan, F. E., Erni, K. S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Metode Tutor Sebaya pada Pokok Bahasan Analisis Vektor untuk Gerak. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12 (2), 299-307

Suwandi, Tawil, Bunga, D. A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dengan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Parangloe. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (2), 129-138

Downloads

Published

09-06-2023

How to Cite

Rasuli, I. P. A., Istyowati, A., & Pratiwi, H. Y. (2023). Menciptakan Hasil Belajar Kognitif yang Tinggi pada Materi Vektor Kelas X dengan Model Pembelajaran Discovery Learning yang Terintegrasi dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(7), 565–577. https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p565-577

Issue

Section

Articles