Peningkatan Kemampuan Literasi Membaca Melalui Model Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p556-564Keywords:
classroom action research, discovery learning, flashcard, penelitian tindakan kelasAbstract
Abstract: Based on field observations regarding the educational process in grade 1C of SDN Tanjungrejo 2 on March 20-24, 2023 on student learning activities, it was found that some students still cannot read fluently. Students still cannot combine one letter with another. This study aims to improve the learning outcomes of IC class students of SD Negeri Tanjungrejo 2 Malang City in Indonesian language lessons reading and writing elements. This research is a Collaborative Classroom Action Research between Pre-service PPG PPL students and pamong teachers. The model used is discovery learning assisted by flashcard learning media. The study consisted of two cycles. The subjects and data of this study are students of the IC class of SD Negeri Tanjungrejo 2 Malang City for the 2022/2023 Academic Year. The research variable was an increase in learning outcomes using a discovery learning model assisted by flashcard media. The results showed that the use of discovery learning models assisted by flashcard media can improve student learning outcomes. In the pre-cycle, the average initial data obtained by students was 72. In cycle 1, the average learning outcomes of students became 76.4 then cycle 2 became 87.5. The conclusion in this study is that the discovery learning model assisted by flashcard media can improve the learning outcomes of IC class students of SD Negeri Tanjungrejo 2 Malang City for the 2022/2023 school year.
Abstrak: Berdasarkan pengamatan lapangan mengenai proses pendidikan di kelas 1C SDN Tanjungrejo 2 pada tanggal 20-24 Maret 2023 terhadap kegiatan pembelajaran peserta didik, didapatkan pengetahuan bahwa sebagian peserta didik masih belum dapat membaca denga lancar. Peserta didik masih belum bisa menggabungkan huruf satu dengan huruf lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IC SD Negeri Tanjungrejo 2 Kota Malang pada pelajaran Bahasa Indoneisa elemen membaca dan menulis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) antara mahasiswa PPL PPG Prajabatan dengan guru pamong. Model yang digunakan ialah discovery learning berbantuan media pembelajaran flashcard. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek dan data subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas IC SD Negeri Tanjungrejo 2 Kota Malang Tahun Ajaran 2022/2023. Variabel penelitian adalah peningkatan hasil belajar menggunakan model discovery learning berbantuan media flashcard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada pra siklus diperoleh data awal rata-rata nilai peserta didik ialah 72. Pada siklus 1, rata-rata hasil belajar peserta didik menjadi 76,4 kemudian siklus 2 menjadi 87,5. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning berbantuan media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IC SD Negeri Tanjungrejo 2 Kota Malang tahun ajaran 2022/2023.
References
Abidin, Yunus. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Allen, E., & Marotz, L. (2010). Profil perkembangan anak. Jakarta: PT Indeks.
Ananta Hardika Y. (2018). “Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Optimalisasi Minat Baca https://library.upgris.ac.id/filedoc/fulltext/vqoya18438HARDIKA%20YULINAR%20ANANTA.pdfS iswa Sekolah DasarkecamantanWonosalam Kabupaten Demak” 29 Mei 2019 (19:59).
Arief S. Sadiman, dkk. (2009). Media pendidikan, pengertian , pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Artha, K. S. W., Agustini, K. and Sugihartini, N. (2018) ‘Pengaruh E-Modul Berbasis Discovery Learning pada Mata Pelajaran Siswa Kelas X SMKN 3 Singaraja’, 7(2), p. 141. doi: 10.23887/janapati.v7i2.13349.
Chatib, M. (2011). Gurunya manusia: menjadikan semua anak istimewa dan semua anak juara. Bandung: PTMizan Pustaka.
Diklat, M., Pendidikan, P., Pendidikan, K., Kebudayaan, D., Tim, P., Pendidikan, P., Pegawai, P., Grafis, D., Letak, T., & Pegawai, D. P. (2017). Penyusunan Karya Tulis Ilmiah PTK.
Djiwandono, S. E. W. (2002). Psikologi perkembangan. Jakarta: PT Grasindo.
Fawziah, E., Yani, A. P., & Idrus, I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMAN 08 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.73-79
Frengky. 2017. Model Pembelajaran Matematika Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi. 35(2), 151-163
Hanum, S. F., Pangastuti, R. (2017). Pengenalan abjad pada anak usia dini melalui media media flashcard huruf. Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51-66. 2550-1100.
Haycock. (1993). Encyclopedia of Bible tr u t h . Co l o r a d o S p ri n g s: Purposeful Design Publication.
https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79
Illahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vacational Skiil. Jogjakarta: Diva Press.
Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu media pengajaran. Jogjakarta: DIVAPress.
Ishak, M., Dyah Jekti, D. S., & Sridana, N. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Dan Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SDN 13 Ampenan. Jurnal Pijar Mipa, 12(1). https://doi.org/10.29303/jpm.v12i1.326
Kadri, M. and Rahmwati, M. (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor, Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 1(1), p. 21. doi: 10.24114/jiaf.v1i1.2692.
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79
Maduretno, Tri Wahyuni, Sarwanto and Sunarno, W. (2016) Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Learning Cycle dan Discovery Learning di tinjau dari Aktivitas dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar, e-journal ikip, 2(1), p. 1. doi: 10.25273/jpfk.v2i1.19.
McDougall, J., Readman, M., & Wilkinson, P. (2018). The uses of (digital) literacy. Learning, Media and Technology, 43(3), 263–279. https://doi.org/10.1080/17439884.2018.1462206
No, Permendikbud (22).(2016) tentang standar Pendidikan Nasional.
No, U. U. (20).(2003) tentang sistem Pendidikan Nasional.
Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Ea rl y Ch il d h o o d Isl ami c Education, 1(1), 51-66.
Pudjaningsih, W. (2013). Pembelajaran melalui bermain dalam rangka pengembangan kemampuan berbahasa anak di TK Islam AlAzhar Kota Jambi. Jurnal PENA 3(1), 36-50. 2089-3973.
Purnandita, F., Efendi, A. and Siswanto, B. (2018) Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Kognitif Ilmu Bangunan Gedung Siswa Kelas X SMKN 1 Kendal, pp. 1–12.
Rahman, R. and Maarif, S. (2014) Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning Terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat, Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika, 3(1), pp. 33–58.
Slameto. (2015). Metodologi Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Syah, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Bandung: PTRemaja Rosdakarya.
Wilke, R. R. and Straits, W. J. (2001) ‘The Effect of Discovery Learning in a Lower-Division Biology Course’, 25(1–4), pp. 134–141. doi: 10.1152/advances.2001.25.2.62.
Windura, S. (2010). Memory Champion School: Rahasia mengingat materi pelajaran apa saja. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.