Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Pemanfaatan Teknologi pada Materi Pemanasan Global guna Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X-9 SMAN 6 Kediri
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v3i72023p549-555Keywords:
PBL, creativity, learning results, kreativitas, hasil belajarAbstract
Abstract: Education is a planned effort to create the atmosphere and learning activities of the students. Education is always related to the process of learning and teaching, where the role of the teacher is the most important factor in learning activities. One of the efforts that can make students active in the learning process is by applying a problem-based learning model (PBL), this model can grow the spirit of students in learning. This study was conducted in class X-9 SMAN 6, the choice of class to do this class action research is because this class has a rate of attendance of less than 85% of students at the time of initial observation. In addition, the activity of students at the time of learning activities in the classroom is not in line with the expectations of the independent curriculum. Many people feel less interested in physics lessons. In connection with this, to address the learning problems in SMAN 6 Kediri, the researchers used the problem-based learning model (PBL) which is expected to increase the creativity and learning outcomes of students in physical learning. The type of research used is class action research (PTK). The results of the research were obtained as a result of increased creativity and learning results of students starting the initial and final tests (pre-test and post-test) using the problem-based learning model (PBL) on global warming material.
Abstrak: Pendidikan adalah upaya terencana guna menciptakan suasana serta kegiatan belajar peserta didik. Pendidikan selalu berkaitan dengan proses belajar dan mengajar, dimana peran guru yang merupakan faktor terpenting dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat membuat peserta didik aktif dalam proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan model problem based learning (PBL), model ini dapat menumbuhkan semangat peseta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas X-9 SMAN 6 kediri, pemilihan kelas untuk dilakukannya penelitian tindakan kelas ini yaitu karena kelas ini memiliki tingkat kehadiran peserta didik yang kurang dari 85% pada saat dilakukan observasi awal. Selain itu keaktifan peserta didik pada saat kegiatan belajar di kelas tidak sesuai dengan harapan kurikulum merdeka. Banyak yang merasa kurang berminat dalam pelajaran fisika. Berkaitan dengan hal tersebut, untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang di SMAN 6 Kediri, peneliti menggunakan model problem based learning (PBL) yang diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil dari penelitian yang dilaksanakan di dapatkan hasil adanya peningkatan kreativitas dan hasil belajar peserta didik mulai tes awal dan akhir (pre-test dan post-test) dengan menggunakan model problem based learning (PBL) pada materi pemanasan global.
References
Anaperta, M. (2015). Praktikalitas Handout Fisika SMA Berbasis Pendekatan Science Enviroment Technology and Social pada Materi Listrik Dinamis. Education and Science Physics Journal. 1(2): 99-106.
Arends, R. L. (2008). Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar) edisi 7. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Harefa, A. R. (2019). Peran Ilmu Fisika dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Warta Edisi 6. Sumatera Utara: Universitas Dharmawangsa.
Laili, Y. N., Mahardika, I K. & Gani. A. A. (2015). Pengaruh Model Children Learning in Science (CLIS) Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi Terhadap Aktivitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4(2): 171-175.
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidik Guru Sekolah Dasar. 2(1): 114-121.
Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudijono, A. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.