Keefektifan Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Optimisme Siswa SMP dalam Menghadapi Ujian
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p380-389Keywords:
optimism in examination, SFBC, junior high scholl student, optimisme dalam ujian, KRBS, siswa SMPAbstract
Abstract: This study aims to investigate the effectiveness of solution focused brief counseling to junior high school students optimism in examination. This study employed pretest and posttest control group design. The stages in this research are preparation, implementation and final stage. The data analyzed by using Two-Independent-Sample Test-Mann-Whitney U. The result shows that mean score at the output rank of experimental group is bigger than control group, that is 9.50 greater than 3.50. Next, the result of output Test Statistics shows that asymp.Sig (2-tailed) is 0.001, or the probability is lower than 0.05 (0.001 lower than 0.05) Ho is rejected, so solution focused brief counseling is effective to improve Junior High School Students optimism in examination.
Abstrak: Keefektifan Pendekatan Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk meningkatkan optimisme siswa SMP dalam menghadapi ujian. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk meningkatkan optimisme siswa SMP dalam menghadapi ujian. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu pretest and posttest control group design. Tahapan penelitian yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tahap akhir. Data diuji menggunakan uji Two-Independent-Sample Test-Mann-Whitney U. Hasil penelitian ini adalah mean pada output rank (kelompok eksperimen) lebih besar dari mean (kelompok kontrol), yaitu 9.50 lebih dari 3.50. Dilihat dari output Test Statistics menunjukkan bahwa asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.001, atau probabilitas di bawah 0.05 (0.001 kurang dari 0.05). Maka Ho ditolak, artinya konseling ringkas berfokus solusi efektif untuk meningkatkan optimisme siswa SMP dalam menghadapi ujian.
References
Corey, G. (2009). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (8th edition). Belmont:Brook/cole
Dahlan, T. H. (2011). Model Konseling Singkat Berfokus Solusi (Solution-Focused Brief Counseling) Untuk Meningkatkan Daya Psikologis Mahasiswa
De Jong, P., & Miller, S.D. (1995) How to Interview for client stregths.Social Work, 40
Erford Bradley T. (2016) 40 Techniques Every Counselor Should Know. 2md Edition. Pearson Education.
Fikriyah, A., Simon, I. M., & Lasan, B. B. (2021). Panduan Konseling dengan Teknik Coping Self-Talk untuk Mengatasi Body Dysmorphic Disorder Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Buletin Konseling Inovatif, 1(1), 7–15. https://doi.org/10.17977/um059v1i12021p7-15
Fithriana, F. (2014). Keefektifan Konseling Ringkas Berfokus Solusi Untuk Menurunkan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Bagi Siswa SMP. Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.
Franklin, C., Moore, K; Hopson, L. (2008). Effectiveness of Solution-Focused Brief Therapy in a School Setting. Children & Schools, 30
Hartati, A. (2013). Keefektivan Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Pengendalian Diri dalam Berperilaku Seksual Siswa SMK Negeri 2 Malang. Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.
Nurdestama, H. M., Flurentin, E., & Ramli, M. (2021). Pengembangan Panduan Layanan Konseling Kelompok Berbasis Petualangan Untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa SMP. Buletin Konseling Inovatif, 1(2), 74–82. https://doi.org/10.17977/um059v1i22021p74-82
Rizki, U. Y. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar dengan Optimisme Mengerjakan Ujian. Educational Psychology Journal 2 (1).
Sari, D. K. (2014). Keefektivan Konseling Kelompok Ringkas Berfokus Solusi untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa SMA. Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.
Scheier, M. F., Carver, C. S., & Bridges, M. W. (1994). Distinguishing optimism from neuroticism (and trait anxiety, self-mastery, and selfesteem): A reevaluation of the Life Orientation Test. Journal of Personality and Social Psychology, 67, 1063–1078
Treeper, T. S., Dolan, Y. & Nelson, T. (2006). Steve de Shazer and Future of Solution Focused Therapy. Journal of Marital and Family Therapy, 32 (2): 133-139
Ummah, A. H. (2010). Keefektifan Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Efikasi diri Akademik siswa SMP. Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia.
Wibowo, M. E. (2012). Kondisi Psikologis Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional (Cara Mengatasinya). Jurnal Abkin. http://www.Abkin.org.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.