Kreasi Guci Keramik Terakota dari Inspirasi Budaya Lokal Jombang sebagai Elemen Estetik Interior

Penulis

  • Dinta Wisnu Nur Rochmah Universitas Negeri Malang
  • Ponimin Ponimin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i112023p1698-1718

Kata Kunci:

Wayang Topeng Jatiduwur, Jombang, Keramik

Abstrak

Jombang merupakan kota yang terletak di provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak budaya. Salah satunya Wayang Topeng Jatiduwur dan Ringin Contong yang merupakan icon budaya yang kuat terhadap citra kota Jombang dan paling menonjol di kawasan tersebut. Wayang Topeng Jatiduwur memiliki keunikan dari aspek bentuk visual topeng, nilai karakter, nilai kearifan lokal dan pertunjukannya. Namun masih belum banyak pengrajin yang mengkreasikan kesenian tersebut kedalam seni kriya keramik, selama ini hanya dikreasi dalam bentuk seni batik dan lukisan saja. Penciptaan ini bertujuan untuk memperkaya ragam kreasi guci terakota yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Jombang sebagai home accessories interior. Pada sisi lain dapat dikembangkan sebagai sumber belajar dari budaya lokal Jombang pada mata pelajaran seni budaya di sekolah. Sehingga dapat membangun para siswa untuk lebih menghargai dan melestarikan budaya lokal. Mengingat saat ini Topeng Jatiduwur sudah mulai redup sebab tergerus oleh zaman. Untuk mencapai hasil visualisasi tersebut diperlukan metode kreatif yang meliputi beberapa tahapan, diantaranya eksplorasi konsep penciptaan, eksplorasi bentuk dan teknik, eksplorasi ornamen, Visualisasi hasil eksplorasi, analisis dan gelar karya. Penciptaan ini meng­hasilkan delapan karya, yang berjudul Sang Panji, Dewi Sekartaji, Pertemuan, Patah Kuda Narawangsah, Perjuangan, Kesetiaan, Hampa, dan Menyatu. Hasil karya tersebut mengandung aspek nilai fungsional, nilai estetika dan nilai kebudayaan.

Kata kunci: wayang topeng Jatiduwur; Jombang; keramik

Creation of Terracotta Ceramic Guns from Local Culture Inspiration of Jombang as Interior Aesthetic Elements

Jombang is a city located in East Java province that has many cultures. One of them is Wayang Topeng Jatiduwur and Ringin Contong, which is a strong cultural icon for the image of Jombang city and the most prominent in the area. Wayang Topeng Jatiduwur is unique in terms of its visual form, character value, local wisdom value and performance. However, there are still not many craftsmen who create this art into ceramic crafts, so far only created in the form of batik art and paintings. This creation aims to enrich the variety of terracotta jar creations that can be utilized by the people of Jombang as interior home accessories. On the other hand, it can be developed as a source of learning from the local culture of Jombang in cultural arts subjects at school. So that it can build students to appreciate and preserve local culture. Given the current Jatiduwur Mask has begun to fade because it is eroded by the times. To achieve the visualization results, a creative method is needed which includes several stages, including exploration of the concept of creation, exploration of forms and techniques, exploration of ornaments, visualization of exploration results, analysis and work title. This creation produced eight works, entitled Sang Panji, Dewi Sekartaji, Pertemuan, Patah Kuda Narawangsah, Perjuangan, Kesetiaan, Hampa, and Menyatu. The works contain aspects of functional value, aesthetic value and cultural value.

Keywords: Jatiduwur mask puppet; Jombang; ceramic

Referensi

Anwar, S., & Yogyakarta, U. (N.D.). Penyu Sebagai Ide Dasar Penciptaan Karya Keramik Raku Fungsional.

Atmojo, W. (2014). Implementasi Ornamen pada Kerajinan Keramik.

Djatiprambudi, D. (2017). Penciptaan Seni Sebagai Penelitian. Seminar Nasional Seni Dan Desain 2017, 24–30. Https://Www.Neliti.Com/Publications/196055/

Fatmala, Y. (2019). Jamur Sebagai Ornamen Dekorasi Guci Keramik. 01.

Fransiska, E. (2018). Perkembangan Industri Batik Sekar Jati Di Kabupaten Jombang Tahun 1993-2010.

Gautama, N. (2013). Keramik Untuk Hobi dan Karir. Gramedia Pustaka Utama.

Gazali, M. (2017). Seni Mural Ruang Publik dalam Konteks Konservasi. Imajinasi : Jurnal Seni, 11(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.15294/Imajinasi.V11i1.11190

Generator, M. (2021). Pendampingan Peningkatan Kualitas Batu Bata Dengan Limbah Sekam Padi Pada Ke-lompok Pengrajin Di Desa Domas Trowulan Mojokerto | Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyara-kat. Https://E-Jurnal.Lppmunsera.Org/Index.Php/Parahita/Article/View/3010

Heriyanto, M. (2015). Publisitas Melalui Pameran Terhadap Tingkap Penjualan Sepeda Motor Kasus Pada Sepa-da Motor Kawasaki Pt. Greentech Cakrawala Motorindo Pekanbaru.

Irfan, I. (2018). Keramik Takalar Kesinambungan, Perubahan, dan Model Pengembangannya [S3, Institut Seni Indonesia Surakarta]. Http://Repository.Isi-Ska.Ac.Id

Juliawan, K. (2016). Hiasan Perkakas Rumah Tangga Karya Pande Wayan Oko Sudarsana Di Banjar Pande, Desa Gubug, Kabupaten Tabanan.

Khamadi, K., & Setiawan, A. (2020). Tata Kelola Pameran Berbasis Project Learning Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro. Jadecs (Journal Of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 5(1), Article 1.

Makmun, M. (2022). Kisah Raden Gatotkaca Sebagai Ide Ornamentasi Cipta Kriya Keramik Guci Lampu Hias [Diploma, Universitas Negeri Malang]. Http://Repository.Um.Ac.Id/267888/

Marwati, S., & Arif, M. (2017). Lebah Madu Sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Keramik. 05.

Mubarat, H. (2015). Aksara Incung Kerinci Sebagai Sumber Ide Penciptaan Seni Kriya. Ekspresi Seni : Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 17(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.26887/Ekse.V17i2.101

Mudra, I Wayan. (2019). Motif Tradisi Wayang Khas Bali Pada Penciptaan Seni Keramik.

Permadi, G. B. P. (N.D.). Desain Komunikasi Visual Sebagai Perancangan Visual Branding Pia Cinta Denpasar.

Ponimin, D. (2010). Desain Dan Teknik Berkarya Kriya Keramik.

Ponimin, P. (2018). Diversifikasi Desain Produk Sentra Keramik Dinoyo Bersumber Ide Budaya Lokal Ma-lang. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pengajarannya, 46(1), Article 1.

Ponimin, P., Wisesa, A. M., & Nusantari, O. V. A. (2022). Penciptaan Vas Terakota Tanaman Hias Berbasis Potensi Lokal Untuk Pendukung Estetik Kawasan Desa Wisata Petungsewu Melalui Program Desa Mi-tra. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 16(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.17977/Um020v16i22022p304-317

Sachari, A., & Sunarya, Y. (2000). Pengantar Tinjauan Desain.

Sakinah, A. (2022). Kreasi Motif Batik Dengan Teknik Printing Khas Jombangan Dari Inspirasi Topeng Jatidu-wur.

Satrya, I. D. G. (2017). Model Wisata Budaya Berbasis Cerita Panji.

Subiyantoro, S. (2020). Topeng Panji Profil Satria, Raksasa, Dan Dewi Sebagai Sumber Rekonstruksi Pendidi-kan Karakter: Kajian Semiotika Rupa.

Sungkowati, Yulitin. (2021). Pandangan Masyarakat Kediri Terhadap Tokoh Dewi Sekartaji.

Waluyo, P. W., & Herdiana, W. (2018). Penciptaan Seni Motif Batik Wayang Topeng Jatiduwur Jombang. Jurnal Desain & Seni Narada, 5(1), Article 1.

Waryanti, D. R. (2015). Figur Dewi Sri Dalam Mitos Masyarakat Jawa Sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya Seni Keramik. Https://Digilib.Uns.Ac.Id/Dokumen/45373/Figur-Dewi-Sri-Dalam-Mitos-Masyarakat-Jawa-Sebagai-Sumber-Ide-Penciptaan-Karya-Seni-Keramik

Wibowo, N. M., Widiastuti, Y., Siswadi, S., & Karsam, K. (2021). Deferensiasi Batik Melalui Desain Kontem-porer Berbasis Icon Lokal Dan Penguatan Manajemen Mutu. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (Pkm-Csr), 4, 948–965. Https://Doi.Org/10.37695/Pkmcsr.V4i0.1367

Wicaksono, Y. Y. (2019). Nilai Karakter Dalam Kesenian Tari Wayang Topeng Jatiduwur. 4(2).

Wiranata, A. (2018). Dekonstruksi Makna Politik Ijo-Abang Dalam Proyek Kuning-Hijauisasi Di Kabupaten Jom-bang.

Yanuartuti, S. (2015). Revitalisasi Pertunjukan Wayang Topeng Jati Duwurjombanglakon Patah Kudanarawang-sa.

Yanuartuti, S., Winarko, J., & Sasanadjati, J. D. (2021). Nilai Budaya Panji Dalam Wayang Topeng Jombang Dan Relevansinya Pada Pendidikan Karakter. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 5(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.24114/Gondang.V5i2.29295

Yuliarni, Y. (2022). Perkembangan Inovasi Kriya Keramik Plered [S3, Isi Surakarta]. Http://Repository.Isi-Ska.Ac.Id/5791/

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Rochmah, D. W. N., & Ponimin, P. (2023). Kreasi Guci Keramik Terakota dari Inspirasi Budaya Lokal Jombang sebagai Elemen Estetik Interior. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(11), 1698–1718. https://doi.org/10.17977/um064v3i112023p1698-1718

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama