Kisah Raden Gatotkaca sebagai Ide Ornamentasi Cipta Kriya Keramik Guci Lampu Hias

Authors

  • Moh Makmun Universitas Negeri Malang
  • Ponimin Universitas Negeri Malang
  • Swastika Dhesti Anggriani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i112023p1585-1605

Keywords:

wayang, raden gatotkaca, kriya keramik, guci lampu

Abstract

Wayang bertema Gatotkaca memiliki nilai edukasi dan aspek estetik yang sangat menarik ketika di angkat sebagi ide penciptaan suatu karya seni, hal tersebut karena mengandung nilai-nilai edukatif tentang kepahlawanan serta dan nilai-nilai pendidikan moral. Tujuan dari penciptaan ini adalah dapat merumuskan konsep kreatif penciptaan karya kriya keramik guci lampu hias bertema kisah Raden Gatotkaca, dapat melakukan proses kreatif penciptaan karya kriya keramik guci lampu hias bertema kisah Raden Gatotkaca, dan dapat menghasilkan serta menganalisis hasil visualisasi penciptaan karya kriya keramik guci lampu hias kisah Raden Gatotkaca. Adapun metode penciptaan yang digunakan pada penelitian ini meliputi beberapa proses yaitu eksplorasi gagasan, menggali sumber ide, merumuskan konsep penciptaan, eksplorasi bentuk dan eksplorasi teknik, mewujudkan karya, menganalisis hasil karya guci lampu yang bertema kisah Raden Gatotkaca. Adapun hasil kreasi desain produk keramik ini meliputi 6 karya berjudul; Anugerah, Pengorbanan, Keberuntungan, Taktik, Balas Budi, dan Wasiat. Hasil proses kreasi ini telah memenuhi aspek interior seperti aspek fungsi, ergonomi, dan estetika.

Kata Kunci: wayang; Raden Gatotkaca; kriya keramik; guci lampu.

The Story of Raden Gatotkaca as Creation's Ornamentation Ideas Ceramic Urns Decorative Lights

The Gatotkaca-themed puppet has educational values ​​and very interesting aesthetic aspects when it is adopted as the idea of ​​creating a work of art, this is because it contains educational values ​​about heroism and moral education values. The purpose of this creation is to be able to formulate a creative concept of creating ceramic craft works of decorative lamps with the theme of the story of Raden Gatotkaca, to be able to carry out the creative process of creating ceramic works of decorative lamps with the theme of the story of Raden Gatotkacha, and to be able to produce and analyze the results of visualization of the creation of ceramic works of lamp jars. Decorate the story of Raden Gatotkaca. The creation method used in this study includes several processes, namely exploration of ideas, exploring sources of ideas, formulating the concept of creation, exploration of forms and exploration of techniques, realizing works, analyzing the work of lamp jars with the theme of the story of Raden Gatotkaca. The creations of this ceramic product design include 6 works entitled; Grace, Sacrifice, Luck, Tactics, Rewards, and Wills. The results of this creation process have fulfilled the interior aspects such as aspects of function, ergonomics, and aesthetics.

Keywords: puppet; Raden Gatotkaca; ceramic crafts; lamp jar

References

Adebowale Abduljaleel, A. (2020). Ceramic Clay-Arc-Decor: a New Technology for Interior and Exterior Column Designs. International Journal of Research Publications, 60(1), 68–79. https://doi.org/10.47119/ijrp100601920201406

Alfaqi, M. Z., Shofa, A. M. A., & Habibi, M. M. (2019). Peran Pemuda Dalam Pelestarian Wayang Suket Sebagai Aktualisasi Nilai Moral Pancasila Role of Youth in the Preservation of Wayang Suket Actualization Pancasila Moral Values. 4, 368–374. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk

Anggriani, S. D., Sidyawati, L., & Prasetyo, A. R. (2021). Kerajinan Kayu Ornamen Cukli dengan Teknik Mozaik untuk Menambah Nilai Estetik. 6, 65–78.

Aprilia, H., Ponimin, & Sidyawati, L. (2022). Seni Keramik Gerabah Sentra Bumijaya Serang : Studi Proses Produksi dan Desain Ragam Hias Gerabah Berciri Khas Banten. 2(4), 561–581. https://doi.org/10.17977/um064v2i42022p561-581

Astarina, D., Haldani, A., & Jelantik, B. (2016). Nilai Kreativitas Pada Kreasi Mata Kuliah Keramik Mahasiswa 2010 Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 15(3), 390–411. https://doi.org/10.5614/sostek.2016.15.3.7

Fidelia, R., & Pratama, D. (2018). Busana Kerajaan Tokoh Gatotkaca Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 1(01), 78–81. https://doi.org/10.30998/vh.v1i01.18

Giyono. (2017). Deformasi Bentuk Hanoman Dalam Karya Keramik [Institut Seni Indonesia Yogyakarta]. file:///D:/FOLDER KULIAH/Bimbingan Skripsi/2. Skripsi Abang Fix/Dapus Artikel Jolla/Giyono 2017.pdf

Gustami. (2004). Proses Penciptaan Seni Kriya: Untaian Metodologis. ISI Yogyakarta.

Gustami. (2007). Butir-butir Mutiara Estetika Timur. Prasista.

Hariyanto. (2017). Transformasi Tokoh Semar Dalam Pewayangan Pada Penciptaan Karya Keramik [Institut Seni Indonesia Yogyakarta]. file:///D:/FOLDER KULIAH/Bimbingan Skripsi/2. Skripsi Abang Fix/Dapus Artikel Jolla/Hariyanto 2017.pdf

Harmawati, Y., Abdulkarim, A., & Rahmat. (2016). Nilai Budaya Tradisi Dieng Culture Festival sebagai Kearifan Lokal untuk Membangun Karakter Bangsa. Journal of Urban Society’s Arts, 3(2), 82–95. https://doi.org/10.24821/jousa.v3i2.1477

Herlyana, E. (2013). Sebagai Media Penanaman Nilai Religius Islam Pada Masyarakat Jawa. Thaqafiyyat, 14(NO 1), 127–144.

Jamaludin, Y. N. (2017). Visualisasi Seni Keramik Karya F. Widayanto. Pantun, 2(2), 150–158. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/pantun/article/view/764

Mudra, I. W., Raharja, I. G. M., & Sukarya, I. W. (2019). Motif Tradisi Wayang Khas Bali Pada Penciptaan Seni Keramik. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(2), 320. https://doi.org/10.24114/gr.v8i2.14813

Muhsin, M., Setiyadi, D., & Irawati, L. (2021). Nilai Moral Dan Nilai Filosofi Dalam Cerita Wayang Dengan Lakon “Parikesit Dadi Ratu.” … Seminar Nasional Literasi. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/literasi/article/view/1732%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/literasi/article/viewFile/1732/1476

Mundra, I. W., Raharja, I. G. M., & Sukarya, I. W. (2021). Estetika Visual Kriya Keramik Berornamen Wayang Khas Bali V. Jurnal Seni Dan Budaya, 5(1), 40–52.

Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139

Nanda. (2013). Wayang dan Tokoh. Bintang Cemerlang.

Nurgiyantoro, B. (2011). Wayang dan Pengembangan Karakter Bangsa. 18–34.

Ponimin. (2010). Desain dan Teknik Berkarya Kriya Keramik (1st ed., Vol. 1). Penerbit : Lubuk Agung.

Ponimin. (2018). Diversifikasi Desain Produk Sentra Keramik Dinoyo Bersumber Ide Budaya Lokal Malang. Bahasa Dan Seni : Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pengajarannya, 46(1), 111–123. https://doi.org/10.17977/um015v46i12018p111

Ponimin, & Guntur. (2020). Expressing the robustness of love in ceramic art: A creative approach study. Anastasis, 7(2), 285–306. https://doi.org/10.35218/armca.2020.2.10

Ponimin, & Guntur. (2021). The COVID-19 War in Ceramic Arts: Navigating Aesthetic and Symbolic Expressions. Aisthesis (Italy), 14(1), 81–99. https://doi.org/10.36253/AISTHESIS-12056

Ponimin, Widodo, T., & Asmi, O. (2019). Pengembangan Desain Gerabah Tradisional Sentra Pagelaran Malang dengan Teknik Aplikasi Serat Alam Melalui Program Kemitraan Masyarakat. Jurnal Imajinasi, XII(2), 57–64.

Purwanto, S. (2018). Pendidikan Nilai dalam Pagelaran Wayang Kulit. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–30. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.1-30

Sabunga, B., Budimansyah, D., & Sauri, S. (2016). Nilai-Nilai Karakter Dalam Pertunjukan. Jurnal Sosioreligi, 14(1), 1–13.

Saptodewo, F. (2016). Pengembangan Karakter Wayang Tetuka untuk Pengembangan Cerita Saat Berada di Kawah Candradimuka. Jurnal Desain, 3(03), 229–236. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/714

Sari, K. W. (2016). Fungsi Wayang Orang Krido Wandowo dalam Kehidupan Masyarakat Desa Jiwan, Karangnongko, Klaten. 15(2), 180–187.

Steven, A., & Martono, J. (2014). Aplikasi Ragam Hias Keramik Peranakan China Menggunakan Teknik Lukis Sutra Pada Kain Sutra. Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Senirupa Dan Desain, 3(1), 1–6.

Sucipta. (2009). Ensiklopedia Tokoh-Tokoh Wayang dan Silsilahnya. PT.Buku Kita.

Sugiarti, D., & Ratyaningrum, F. (2015). Pembuatan Buku Cerita Bergambar dengan Tokoh Gatotkaca Sebagai Media Pembelajaran Cerita Kelas B TK Khalifah Surabaya. 3, 64–69.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Sumadi, R. (2017). Peranan Desain Interior Perpustakaan Bagi Pemustaka Di Perpustakaan P3Dspbkp. Jurnal Pari, 2(1), 25. https://doi.org/10.15578/jp.v2i1.3246

Sutopo, & Arief. (2010). Terampil mengolah data kualitatif dengan NVIVO. Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Makmun, M., Ponimin, P., & Anggriani, S. D. . (2023). Kisah Raden Gatotkaca sebagai Ide Ornamentasi Cipta Kriya Keramik Guci Lampu Hias. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(11), 1585–1605. https://doi.org/10.17977/um064v3i112023p1585-1605

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>