Lukisan Damar Kurung Khas Gresik Jawa Timur sebagai Inspirasi dalam Berkarya Seni Batik Lukis

Authors

  • Arinis Syaadati Universitas Negeri Malang
  • Ponimin Universitas Negeri Malang
  • Lisa Sidyawati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i102023p1539-1558

Keywords:

Batik Lukis, Damar Kurung, Gresik

Abstract

Lukisan Damar Kurung merupakan salah satu kesenian khas Gresik dengan struktur bentuk dasar kubus. Pada setiap permukaan sisi-sisi bentuk tersebut berupa cerita bergambar yang divisualkan dengan gaya naif figurativ. Akan tetapi eksistensi lukisan tersebut mulai tidak dikenal khususnya pada generasi muda, untuk itu pada penelitian ini pencipta mencoba merevitalisasi melalui penciptaan seni sebagai ide kreasi. Oleh karena itu pentingnya dilakukan suatu penelitian kreatif dengan media lain dalam bentuk penciptaan seni Batik Lukis, sehingga kehadiran hasil kreatif ini selain untuk mengenalkan seni damar kurung yang selama ini menggunakan media kertas dapat diperkaya dengan media batik. Dalam proses penciptaannya pencipta mengambil tema tentang Kebudayaan Gresik, dengan konsep ‘Kebudayaan Gresik yang Mulai Dilupakan’ pada proses kreatifnya metode yang digunakan merujuk pada teori Alma Hawkins dengan tiga tahapan: eksplorasi, improvisasi, dan perwujudan. Hasil dari penciptaan ini berupa enam karya Batik Lukis yang berjudul, Kesenian Dikker, Tradisi Sedekah Bumi, Tari Pencak Macan, Pasar Bandeng, Festival Damar Kurung, dan Kirab HUT Gresik. Penciptaan karya batik lukis ini diharapkan dapat sebagai pengembangan sarana edukasi khususnya kalangan generasi muda supaya lebih menghargai potensi seni rupa yang ada dikawasannya yakni dari hasil proses kreasi ini.

Kata kunci: Batik Lukis; Damar Kurung; Gresik

Damar Kurung Painting Specially Gresik East Java as Inpiration in The Art of Batik Painting

Damar Kurung painting is one of Gresik's special arts with a basic cubic structure. On each surface the sides of the form are illustrated stories visualized in a figurative naive style. However, the existence of the painting is starting to be unknown, especially to the younger generation, for that in this study the creator tries to revitalize it through the creation of art as a creative idea. Therefore, it is important to do creative research with other media in the form of the creation of Batik Painting, so that the presence of this creative result in addition to introducing the art of damar brackets which has been using paper media can be enriched with batik media. In the process of creation, the creator took the theme of Gresik Culture, with the concept of 'Gresik Culture Begins to be Forgotten'. In the creative process the method used refers to Alma Hawkins' theory with three stages: exploration, improvisation, and embodiment. The results of this creation are six works of Batik Painting entitled, Dikker Art, Earth Alms Tradition, Pencak Macan Dance, Milkfish Market, Damar Kurung Festival, and Gresik Anniversary Carnival. It is hoped that the creation of this Batik Painting can be used as a means of developing educational facilities, especially among the younger generation, so that they can better appreciate the potential of fine arts in their area, namely the results of this creation process.

Keywords: Painted Batik; Damar Kurung; Gresik

References

Ajeng, l N. (2021). Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce Karya Lukis Erica Hestu Wahyuni “Vacation in Prosperity Land.” Kusa Lawa, 1(1), 42–47. https://doi.org/10.21776/ub.kusalawa.2021.001.01.06

Ardini, N. W., Wayan, S., Ni Made Ruastiti Wayan, S, R. I. W., Sudarta, I. G. P., Suardina, I. N., & Sudirana, W. (2022). Ragam Metode Penciptaan Seni (N. W. Ardini, Ed.). Purbalingga: Eureka Media Aksara. Retrieved from https://repo.isi-dps.ac.id/5067/1/EBOOK-Ragam Metode Penciptaan Seni_compressed.pdf

Christianna, A., Saidi, A. I., Sihombing, R. M., & Damayanti, N. Y. (2022). Remitologi dan Ideologi Nyonya Muluk dalam Lukisan Damar Kurung Karya Masmundari. Mozaik Humaniora, 22(2), 159–170. https://doi.org/10.20473/mozaik.v22i2.35684

Dalimunthe, S. F. (2016). Manajemen Konflik dalam Organisasi. Jurnal Bahas Unimed, 27(1).

Dipura, I. D. C., Iriaji, & Anggriani, S. D. (2023). Pengembangan E-Modul Kompetensi Dasar Menggambar Komik Berkarakter Wayang untuk Siswa SMP. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(5), 647–666. https://doi.org/10.17977/um064v3i52023p647-666

Dwiputro, G. P., Glenn, C., Lieora, J., Gani, R., John Lataan, J., Diah Anggreni, N. P., … Palesangi, M. (2021). Pengembangan Bentuk Kemasan Sebagai Peningkatan Kualitas Produk Bandeng Isi Iteung. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 3(2), 328–349. https://doi.org/10.21632/jpmi.3.2.328-349

Hawkins, A. M. (1991). Moving from Within: A New Method for Dance Making. USA: A Cappella Books.

Hermawati, G. R., Wiguna, I. P., & Nugraha, T. A. (2022). Proses Pencptaan Karya Seni Batik Lukis Harimau Jawa di Sanggar Batik Leksa Ganesha. E-Proceeding of Art & Design, 9(2), 1354–1357.

Indrawati, L. (2009). Nirmana. Malang: Universitas Negeri Malang.

Istiqoh, N. (2021). Peningkatan kemampuan menulis pantun dengan menggunakan model Think Pair Share dikelas VII A MTs Pesantren Pembangunan Majenang Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2018/2019. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 22–29. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v4i1.2246

Kholil, M., & Muhajir. (2016). Batik Damar Kurung di Gresik: Konsep, Unsur Bentuk, dan Karakteristik. Jurnal Seni Rupa, 4(01).

Khudin, M. S. (2021). Nilai-Nilai Budaya dalam Tradisi Damar Kurung sebagai Ikon Kabupaten Gresik (UIN Sunan Ampel Surabaya). UIN Sunan Ampel Surabaya. Retrieved from http://digilib.uinsa.ac.id/50138/2/Mochamad Sholeh Khudin_I73216048.pdf

Kinasih, T. A. A., Yannuar, N., & Subiyanto, A. (2022). Discriminatory Discursive Strategies in Online Comments of a Vice Indonesia YouTube Video. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(6), 865–879. https://doi.org/10.17977/um064v2i62022p865-879

Ma’shumah, H., & Tumirin, T. (2018). Penyingkapan Makna Harga di Kontes Bandeng pada Tradisi Lelang Bandeng Gresik. JIATAX (Journal of Islamic Accounting and Tax), 1(1), 26. https://doi.org/10.30587/jiatax.v1i1.446

Maghfiroh, L., & Damayanti, M. I. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Damar Kurung dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Di Kelas III Sekolah Dasar. JPGSD, 6(10), 1864–1875. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/24613

Meitasari, A. D. (2017). Damar Kurung pada Masa Pemerintahan Bupati Sambari Halim Tahun 2010-2015. Avatara, 5(3), 623–636.

Melyana Ar, C. P., Arimbawa, A. R., & Sidyawati, L. (2021). Estetika Motif Batik Mok-Ramok Kabupaten Pamekasan. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(8), 1095–1109. https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1095-1109

Nafisah, A., & Sarmini. (2020). Tranformasi Budaya Gotong Royong Di Era Globalisasi pada Masyarakat Pulau Bawean. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 08 No. 2(02), 383–400. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/download/34882/31015

Naufa, M. (2018). Ekspresi Bentuk Geometris Melalui Penggarapan Tekstil Tapestri. Puitika, 14(1), 80. https://doi.org/10.25077/puitika.14.1.80--90.2018

Nofita, A., & Purwanto. (2017). Warak Ngendog sebagai Inspirasi dalam Karya Seni Lukis Batik. Eduarts: Journal of Arts Education, 6(1). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduart

Prasasti, S. (2020). Konseling Indigenous: Menggali Nilai–Nilai Kearifan Lokal Tradisi Sedekah Bumi dalam Budaya Jawa. CENDEKIA, 14(2), 625–679. https://doi.org/10.21260/ehb.1912.10

Ratnawati, D., Indrawati, L., & Sidyawati, L. (2019). Ornamen Dekorasi Kubah Dalam Masjid Al-Hidayah Karangploso-Malang. JADECS (Jurnal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 3(2), 92. https://doi.org/10.17977/um037v3i2p92-101

Sabatari, W. (2011). Motif Hias Geometris Sajian Khusus Seni Ornamen Indonesia. Seminar Nasional 2011 “Wonderfull Indonesia” Jurusan PTBB FT UNY , 3 Desember 2011, 619–631.

Sakre, T., & Koeshandar, I. (2019). Digitalisasi Desain Gambar Damar Kurung sebagai Bentuk Revitalisasi Warisan Kebudayaan Takbenda. Proseding Seminar Nasional & Pameran Hasil Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat: Ketahanan Budaya Lokal Di Era Digital, 45–50.

Salam, S., B, S., Hasnawati, & Muhaemin, M. (2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makassar: Badan Penerbit UNM. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/18130/1/Pengetahuan Dasar Seni Rupa 2020 lengkap.pdf

Sanyoto. (2010). Nirmana: Elemen-elemen Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.

Sidyawati, L. (2017). Penciptaan Motif Batik Khas Pantai Malang Selatan melalui Metode Rantai Stilasi Kreatif Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 2(1), 36–46.

Sila, I. N. (2013). Kajian Estetika Ragam Hias Tenun Songket Jinengdalem, Buleleng. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1). https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v2i1.1311

Slamet, Ernawati, J., & Nugroho, A. M. (2015). Pemanfaatan Ruang Telaga Pada Tradisi Sedekah Bumi Desa Cerme Kidul, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. Review of Urbanism and Architectural Studies, 13(1), 47–55. https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2015.013.01.5

Susanti, D. (2015). Penerapan Metode Penciptaan Alma Hawkins dalam Karya Tari Gundah Kancah. Ekspresi Seni, 17(1). https://doi.org/10.26887/ekse.v17i1.65

Syabrina, R. A. N. (2014). Perancangan Buku Visual Damar Kurung dan Masmundari sebagai Maestro Kesenian Gresik (Institut Teknologi Sepuluh November). Institut Teknologi Sepuluh November. https://doi.org/10.4135/9781452229669.n1018

Tauriska, D. A., Sumarwahyudi, S., & Anggraini, S. D. (2022). Kritik Holistik pada Lukisan Paranoid Karya Gatot Pujiarto Tahun 2021. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(6), 765–781. https://doi.org/10.17977/um064v2i62022p765-781

Utama, M. W. P. (2016). Keberadaan Seni Lukis Damar Kurung Masmundari. Brikolase, 8(1), 39–58.

Utama, W. P. (2017). Estetika Seni Lukis Karya Masmundari (ISI Surakarta). ISI Surakarta. Retrieved from http://repository.isi-ska.ac.id/id/eprint/1058

Wahyu, R. S. (2013). Damar Kurung (Makna Lukisan Damar Kurung sebagai Kesenian Masyarakat Gresik). AntroUnairDotNet, 2(1), 114–123.

Wulandari, E. A., & Zuriyah, Z. (2021). Analisis Visual Batik Bermotif Ukir Jepara Menggunakan Lima Prinsip Desain. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik, 3(1), 11.

Wulandari, L. A. D. (2019). Menghidupkan Kembali Pencak Macan di Kabupaten Gresik. Retrieved from etnis.id website: https://etnis.id/menghidupkan-kembali-pencak-macan-di-kabupaten-gresik/

Yuda, R., Sucipto, F. D., & Ghifari, M. (2022). Perancangan Maskot ISBI Aceh sebagai Upaya Penguatan Brand Awareness. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 11(1), 36. https://doi.org/10.24114/gr.v11i1.29315

Yudha, I. M. B. (2010). Metode Penciptaan Simbolisasi Bentuk dalam Ruang Imaji Rupa. Retrieved from ISI Denpasar website: https://isi-dps.ac.id/metode-penciptaan-simbolisasi-bentuk-dalam-ruang-imaji-rupa/

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Syaadati, A., Ponimin, P., & Sidyawati, L. (2023). Lukisan Damar Kurung Khas Gresik Jawa Timur sebagai Inspirasi dalam Berkarya Seni Batik Lukis. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(10), 1539–1558. https://doi.org/10.17977/um064v3i102023p1539-1558

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>