Penerapan Metode Kreatif Vocalizing untuk Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi pada Ekstrakurikuler Paduan Suara Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Karina Pebriani Putri Universitas Negeri Malang
  • Hartono Universitas Negeri Malang
  • Yurina Gusanti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i62023p790-803

Keywords:

choral, creative method, extracurricular

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi pada anggota ekstra-kurikuler paduan suara SMP Negeri 2 Wagir, Kabupaten Malang. Penerapan metode kreatif vocalizing dilakukan demi meningkatkan keterampilan bernyanyi terutama dalam menyanyikan lagu-lagu ceremonial. Metode kreatif vocalizing merupakan kegiatan olah vokal yang lebih menyenangkan dan bervariasi. Olah vocal atau yang biasa dikenal dengan vocalizing merupakan kegiatan pemanasan yang dilakukan sebelum bernyanyi agar penyanyi lebih nyaman ketika bernyanyi, mengurangi resiko cedera pita suara, dan dapat memperluas jangkauan range vokal. Peningkatan keterampilan ber-nyanyi dapat dilihat dari penguasaan ketepatan nada, ketepatan partitur, choral sound dan impresi. Jenis Penelitian yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas yang diharapkan dapat meningkat-kan kualitas pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni kualitatif deskriptif untuk memaparkan data melalui kalimat dan kuantitatif untuk memaparkan data angka capaian keteram-pilan bernyanyi siswa. Subjek penelitian merupakan peserta ekstrakurikuler paduan suara SMP Negeri 2 Wagir sejumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kreatif vocalizing efektif diterapkan. Tingkat ketuntasan siswa pada tahap Pra-siklus yakni 56 persen, kemudian me-ningkat menjadi 69 persen pada siklus I. Selanjutnya, pada tahap Siklus II ketuntasan siswa terus meningkat mencapai 81 persen.

Kata kunci: paduan suara, metode kreatif, ekstrakurikuler

The Implementation of Creative Vocal Warm Up to Enhance Singing Skills in Choir Extracurricular in Junior High School

This study aims to improve the singing skills of members of the choir extracurricular at SMP Negeri 2 Wagir, Malang Regency. The application of the creative vocal warm up method is carried out to improve singing skills, especially in singing ceremonial songs. Creative vocal warm up method is a more fun and varied vocal activity. Vocal warm up or commonly known as vocalizing is a warm-up activity carried out before singing so that singers are more comfortable when singing, reduce the risk of vocal cord injuries, and can expand the range of the vocal range. The improvement in singing skills can be seen from the mastery of techniques including interpretation, intonation, fidelity to score and impression. Classroom Action Research is the type of research used, which is expected to improve the quality of learning. Research approach used is descriptive qualitative to describe the data through sentences and quantitative to describe the data on the number of students' singing skills achieve-ment. The research subjects were 35 students in the choir extracurricular at SMP Negeri 2 Wagir. The results of the research show that vocalizing creative methods are effectively applied. The level of completeness of students in the Pre-cycle was 56 percent, which then increased to 69 percent in Cycle I. Furthermore, in the final test of Cycle II, student completeness continued to increase, reaching 81 percent.

Keywords: choral, creative method, extracurricular

References

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. n.d. Metode Penelitian Jilid I. Yogyakarta1997: Pustaka Pelajar.

Brunkan, Melisa. 2022. “Focus on Vocal Health.” International Journal of Research in Choral Singing Vol.10:131–35.

Caraka, Purwa. 2012. Panduan Belajar Vocal Untuk Siswa Grade 1. Purwacaraka Music Studio.

Djumali. 2014. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Firmanto, Andre. 2015. “Upaya Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Adalam Pembelajaran Paduan Suara DI SD Negeri 1 Prembun Menggunakan Metode Drill.” Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Frizzel, Emily. 2021. “Effects of Teaching Experience and Culture on Choral Directors’ Descriptions of Choral Tone.” Plos One Vol. 10:1–24. doi: | https://doi.org/10.1371/journal.pone.0256587.

Jamalus. 1988. Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Lina. 1991. Theory Of Music Made Easy Grade 1. Malaysia: Rythm MP SDN.

Lucas Christi Debora. 2021. “Metode Kreatif Vocalizing Untuk Meningkatkan Kualitas Bernyanyi Paduan Suara.” Jurnal Teologi Dan Musik Gereja 1:2.

Muttaqin, Moh, and Bagus Susetyo. 2021. “Peningkatan Ketrampilan Menyanyi Paduan Suara Dengan Metode Solfegio Pada Kelompok Paduan Suara Dharma Wulan Semarang.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Varia Humanika Vol. 2 No. 1:94–100.

Nawis, Andi. 2018. “Peningkatan Keterampilan Bernyanyi Dengan Penerapan Olah Vokal Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara Pada Siswa Kelas VII A Di SMPN Maiwa Kabupaten Enrekang.” Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Pandjaitan, Okdiman. 2019. “Pembelajaran Paduan Suara Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 2 Sewon.” Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Putra, Cahyo. 2015. “Pembelajaran Vokal Dengan Metode Solfegio Pada Paduan Suara Gracia Gitaswara Di GKJ Cilacap Utara Kabupaten Cilacap.” Jurnal Seni Musik JSM 4 (1) (2015).

Rudy. 2002. Panduan Olah Vokal. Yogyakarta: Media Pressindo.

Sariyem and Franky Kurniawan. 2020. Modul Pembelajaran SMP Terbuka Seni Budaya Semester 1. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Pertama.

Setyo, Mutiara. 2019. “Blending Dalam Paduan Suara Studi Kasus Vocalista Harmonic Choir Institut Seni Indonesia Yogyakarta.” Jurnal Seni Musik JSM 4 (2) (2015).

Siregar, Chaterine. 2016. “Teknik Choral Paduan Suara Anak Sekolah Minggu 6-12 Tahun Dalam Menyanyikan Lagu As Long As I Have Music Word and Music by Don Besig & Nancy Pricedi HKBP Uskup Agung Medan”.” Universitas Negeri Medan, Medan.

Sudijono, Anas. 2018. Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: Rajawali Press.

Sufriyanti, Mita. 2018. “Pembelajaran Vokal Di Sanggar Bina Vocalia Harmonia Kota Pontianak.” Universitas Tanjungpura Pontianak, Pontianak.

Sumadyo. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Surakhmad, Winarno. 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode Dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Taniredja, Tukiran, Irma Pujiati, and Nyata. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Ulina, Nova. 2019. “Implementasi Teknik Pernapasan Dan Resonan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetis Pada Ekstrakulikuler Paduan Suara Siswa SMP Swasta St. Thomas I Medan.” Universitas Negeri Medan, Medan.

Wijanarko, Alan. 2013. “Upaya Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Paduan Suara Dengan Menggunakan Media Rekam Di SMA Negeri 1 Tayu, Pati, Jawa Tengah.” Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Wiraatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wragg. 2012. Classroom Teaching Skill. Nicholas Publishing Company (Belajar Dan Pembelajaran). Bandung: Alfabeta.

Yuli, Priscila. 2014. “Strategi Pembelajaran Paduan Suara Swara Wadhana Universitas Negeri Yogyakarta.” Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Zulhidayat, Irawan. 2013. Gerbang Kreativitas Jagat Musik. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Putri, K. P., Hartono, H., & Gusanti, Y. . (2023). Penerapan Metode Kreatif Vocalizing untuk Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi pada Ekstrakurikuler Paduan Suara Sekolah Menengah Pertama. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(6), 790–803. https://doi.org/10.17977/um064v3i62023p790-803

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)