Buku Panduan Tari Cemeti Tamansari untuk Sanggar Patrialoka Blitar

Authors

  • Melania Febby Yunia Putri Universitas Negeri Malang
  • E.W. Suprihatin Dyah Pratamawati Universitas Negeri Malang
  • Hartono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i62023p773-789

Keywords:

buku panduan, sanggar tari, tari cemeti tamansari, ADDIE

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan nonformal, Patrialoka memerlukan sarana pendukung berupa media pembelajaran dalam proses pelatihan Tari untuk mencapai tujuan program sanggar. Berdasarkan hasil observasi pada proses pelatihan Tari Cemeti Tamansari, belum ada sumber belajar yang digunakan, hal tersebut mengakibatkan pelatihan Tari Cemeti Tamansari tidak tersampaikan secara maksimal. Pelatihan tari yang dilakukan di 6 tempat latihan, masing masing memiliki hasil yang berbeda-beda, sehingga gerak Tari Cemeti Tamansari menjadi beragam. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan suatu produk berupa media Buku Panduan Tari Cemeti Tamansari untuk Sanggar Patrialoka yang digunakan sebagai acuan mempelajari Tari Cemeti Tamansari agar hasil akhir Tari Cemeti Tamansari tidak beragam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian model ADDIE. Media yang dihasilkan berupa buku panduan yang berisi 5 pokok bahasan yaitu 1) sejarah Tari Cemeti Tamansari; 2) ide penciptaan, fungsi dan bentuk penyajian; 3) gerak tari; 4) tata rias dan busana; dan 5) tata iringan tari. Media divalidasi oleh validator sejumlah 2 kali dengan mendapatkan hasil akhir 94 persen oleh ahli media, 100 persen oleh ahli materi, dan 85 % oleh ahli bahasa. Hasil uji coba kecil yang meliputi 3 peserta sanggar mendapatkan hasil 92,9% dan tahap uji coba besar meliputi 12 peserta sanggar mendapatkan hasil 90,57 persen. Hasil persentase dari validator dan ujicoba dapat disimpulkan bahwa produk buku panduan dinyatakan sangat valid dan layak digunakan di lapangan sebagai media pembelajaran di Sanggar Patrialoka Blitar.

Kata kunci: buku panduan; sanggar tari; Tari Cemeti Tamansari; ADDIE

Cemeti Tamansari Dance Guide Book for Patrialoka Blitar Studio

As a non-formal educational institution, Patrialoka needs supporting facilities in the form of learning media in the dance training process to achieve the goals of the studio program. Based on the results of observations in the Cemeti Tamansari dance training process, no learning resources have been used, this has resulted in Cemeti Tamansari dance training not being delivered optimally. The dance training was conducted at 6 training grounds, each of which had different results, so that Cemeti Tamansari's dance movements became diverse. The purpose of this development research is to produce a product in the form of a Cemeti Tamansari dance guidebook media for the Patrialoka studio which is used as a reference for studying Cemeti Tamansari dance so that the final results of Cemeti Tamansari dance are not diverse. This research uses the ADDIE type of model research. The resulting media is in the form of a guidebook containing 5 subjects, namely 1) the history of Cemeti Tamansari dance; 2) the idea of creation, function and form of presentation of dance; 3) dance movements; 4) dance makeup and clothing; and 5) dance accompaniment. The media is validated by validators by getting a final result of 94 percent by media experts, 100 percent by material experts, and 85 percent by linguists. The results of the small trial which included 3 participants got 92.9 percent results and the large trial stage included 12 participants got 90.57 percent results. The results of the percentage of validators and trials can be concluded that the guidebook product is declared very valid and suitable for use in the field as a learning medium in the Patrialoka Blitar studio.

Keywords: guide book; dance studio; Cemeti Tamansari dance: ADDIE

References

Ainia, F., & Handayaningrum, W. (2020). Pengembangan Buku Suplemen Seni Tari pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Siswa SD. 9(2), 154–166.

Ammatullah, I. (2020). Pengembangan Buku Panduan Tari “Topeng Malangan” untuk Penunjang Ekstrakurikuler Seni Tari Siswa Tunarungu di SLB BC Sumberpucung. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Andayani, M. (2019). Pengaruh Media Kartu Gambar terhadap Perkembangan Bahasa Aanak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Kartika Fajar Baru Lampung Selatan. Society, 2(1), 1–19. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Arisyanto, P., Prasetyo, S. A., Untari, M. F. A., & Sundari, R. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tembang Macapat Berbasis Android Bagi Mahasiswa PGSD UPGRIS. Jurnal Basicedu, 5(3), 1584–1592. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/945

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran (Asfah Rahman (ed.); revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=968536

Basuki, A. (2015). Makna Warna dalam Desain. Retrieved April, 30, 2017.

Darmadi. (2018). Perancangan Ilustrasi Buku Panduan Tari Padduppa. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar). http://eprints.unm.ac.id/17290/

Kristiyono, J (2020). Komunikasi Grafis: Dilengkapi Panduan Teknis Desain Layout dengan Aplikasi Software Grafis InDesign. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=yOkREAAAQBAJ

Engel, A., & H, S. (2017). Pahlawan Ekonomi Kreatif. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=YjFIDwAAQBAJ

Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.297

Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model Addie. Jakarta: Bumi Aksara, 11(1), 90–105.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., Simarmata, J., & Limbong, T. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=npLzDwAAQBAJ

Hamzah, A. (2021). Metode penelitian & pengembangan (Research & Development): Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif (cetakan pe). CV Literasi Nusantara Abadi. https://books.google.co.id/books?id=67hVEAAAQBAJ

Hidajat, R. (2013). Kreativitas Koreografi (Soehardjo (ed.)). Malang: Surya Pena Gemilang.

Julianto, I. N. L., Artawan, C. A., & Cahyadi, I. W. A. E. (2021). Keterlibatan Ilustrasi dan Warna Sebagai Stimulus Visual dalam Konsep “Interaksi Ruang Belajar” pada Sekolah Dasar Kelas 1-3 di Bali. October, 389–400. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/index

Krismonarisa, S. (2020). Buku Bacaan Tari Ledhek Jimbe untuk Siswa Sanggar Tari Pendopo Kabupaten Blitar. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (1st ed.). Jakarta: Kencana.

Muffiddah, A. A., Ismiatun, & Widyardini, S. T. (2022). Step by Step Menulis dan Editing Buku: Panduan Praktis Menulis, Melayout dengan Microsoft Word 2019, dan Self- publishing Naskah melalui Google Books. Malang; UB Press.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group.

Pawana, M. G., Suharsono, N., & Kirna, I. M. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Proyek dengan Model ADDIE pada Materi Pemrograman Web Siswa Kelas X Semester Genap di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 90–101. file:///C:/Users/user/Downloads/1293-1646-2-PB.pdf%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Perdana, A. P., & Riyadhi, N. (2014). Tata Letak Buku Terjemahan Komunikasi Interpersonal Berdasarkan Gaya Selingkung Penerbit Salemba. Jurnal Ilmiah Publipreneur, 2(1), 31-50.

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan a. Resma, 3(2), 13–22.

Permendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendiidkan, Kebudayaan, Risbi, dan Teknologi Republik Indonesia.

Puspasari, R., & Suryaningsih, T. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137–152.

Ramadhani, Y. R., Tanjung, R., Saputro, A. N. C., Utami, N. R., Purba, P. B., Purba, S., Kato, I., Gumelar, G. R., Cecep, H., Darmawati, Purba, S. R. F., Subakti, H., Damayanti, W. K., & Musyadad, V. F. (2021). Dasar Dasar Perencanaan Pendidikan (A. Karim & J. Simarmata (eds.)). Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori & Praktek (T Rokhmawan (ed.)). Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute. https://books.google.co.id/books?id=pJHcDwAAQBAJ

Sa’adah, R. N., & Wahyu. (2021). Metode penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoretis dan Aplikatif (Aminol Rosyud Abdullah (ed.)). Jakarta: CV Literasi Nusantara Abadi. https://books.google.co.id/books?id=MU1WEAAAQBAJ

Serenami, C. N., & Palit, R. A. (2017). Perancangan Buku Resep 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia untuk Generasi Muda. Jurnal Serat Rupa, 1(3), 417-430

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (keempat). Jakarta: Kencana. https://books.google.co.id/books?id=SnA-DwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_vpt_read#v=onepage&q&f=false

Sitepu, B. P. (2014). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=52584&pRegionCode=JIUNMAL&pClientId=111

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (cetakan 21). Bandung: ALFABETA.

Sundari, R., Karyono, T., & Soeteja, Z. (2020). Pengembangan Buku Pengayaan Bermuatan Lokal Bagi Mahasiswa PGSD. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 31-43.

Suryani, A. S., & Atun, S. (2017). Pengembangan Buku Pengayaan Kimia Reaksi Redoks dan Elektrokimia untuk SMA/MA Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Riset Pembelajaran Kimia, 6(1), 47-54.

Susanto, H. M., Mantja, W., Bafadal, I., & Sonhadji, A. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Publikasi Pendidikan Humaniora, 6(3), 93–105.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

Thoif, M. (2021). Tinjauan yuridis Pendidikan Nonformal dalam Sistem Pendidikan Nasional (T. Asmorowati (ed.)). Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan media komik bergambar materi sistem saraf untuk pembelajaran yang menggunakan strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 1–9. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/40/29

Yusup, & Qodir, A. (2021). Manajemen Pendidikan: Perspektif dalam Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik. Pagar Alam. LD MEDIA. https://books.google.co.id/books?id=xXZjEAAAQBAJ

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Putri, M. F. Y. ., Pratamawati, E. S. D. ., & Hartono, H. (2023). Buku Panduan Tari Cemeti Tamansari untuk Sanggar Patrialoka Blitar. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(6), 773–789. https://doi.org/10.17977/um064v3i62023p773-789

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)