Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ansambel Musik dengan Model Project Based Learning (PjBL)

Authors

  • Fathatin Nur Afifah Universitas Negeri Malang
  • Wida Rahayuningtyas Universitas Negeri Malang
  • Hartono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i72023p1081-1092

Keywords:

motivasi dan hasil belajar, ansambel musik, project based learning

Abstract

Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah di lapangan masih belum optimal dan masih banyak siswa yang hasil akademiknya rendah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan model Project Based Learning (PjBL) pada KD 3.4 dan 4.4 dalam materi ansambel musik dengan mata pelajaran seni budaya. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklusnya memiliki tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar unjuk kerja, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII H semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022, dengan jum­lah siswa 36 orang dalam mata pelajaran seni budaya pada materi ansambel musik. Hasil penelitan: (1) Observasi keterlaksanaan pembelajaran siklus 1 dangan nilai 75 (tinggi) dan meningkat pada siklus 2 menjadi 95 (sangat tinggi); (2) Motivasi belajar siklus 1 dengan skor rata-rata 3,16 (tinggi) telah meningkat pada siklus 2 menjadi 3,35 (sangat tinggi); (3) Hasil belajar siswa pada sikus 1 diperoleh rata-rata 77,09 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 84,26. Dapat disim­pulkan bahwa melalui model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan moti­vasi belajar ada materi ansambel musik.

Kata kunci: motivasi dan hasil belajar; ansambel music; project-based learning.

Increasing Motivation and Learning Outcomes of Musical Ensembles using Project Based Learning (PjBL) Models

Learning activities carried out using the lecture method in the field are still not optimal and there are still many students whose academic results are low. This research is included in classroom action research (CAR) which aims to increase student motivation and learning outcomes with the Project Based Learning (PjBL) model at KD 3.4 and 4.4 in music ensemble material with cultural arts subjects. This research was conducted in two cycles, each cycle has stages consisting of planning, implementa­tion, observation, and reflection. Data collection techniques used questionnaires, performance she­ets, and learning implementation observation sheets. The research sample was class VII H students in the odd semester of the 2021/2022 academic year, with a total of 36 students in the arts and culture subjects in the music ensemble material. The results of the research: (1) Observation of the implementation of learning in cycle 1 with a value of 75 (high) and increased in cycle 2 to 95 (very high); (2) Learning motivation in cycle 1 with an average score of 3.16 (high) has increased in cycle 2 to 3.35 (very high); (3) Student learning outcomes in cycle 1 obtained an average of 77.09 and increased in cycle 2 to 84.26. It can be concluded that through the Project Based Learning learning model, it can increase learning motivation for music ensemble material.

Keywords: motivation and learning outcomes; musical ensembles; project-based learning

References

Ayu Garnis Pramudita, D. (2018). Pembelajaran Ansambel Rekorder Dengan Model Project Based Leraning di MTs Abdul Qadir Ngunut Kabupaten Tulungagung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Darmawan, D. deni. (2018). Model Pembeljaran Di Sekolah (Nita, ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Desyandri, D., & Maulani, P. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 58. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107576

Fatima. (2020). Artikel Ilmiah Artikel Ilmiah. STIE Perbanas Surabaya, (April), 0–16.

Hutasuhut, S. (2010). Staf Pengajar Universitas Negeri Medan (UNIMED). Pekbis Jurnal, 2(1), 196–207.

Ihsanul Arifin, B. (2019). Model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran seni musik kelas ix a dan ix b di SMPN 1 sewon. 1–17.

Indriyani, I., Ahied, M., & Rosidi, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bencana Alam. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 8. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3442

Lukman, L., Martini, K., & Utami, B. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai Media Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid Di Kelas Xi Ipa Sma Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(1), 113–119.

Maryani, L., Sunyono, S., & Abdurrahman, A. (2017). Efektivitas LKPD Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(3), 116816.

Mayangsari, R. (2012). Peningkatan Motivas Belajar Dan Prestasi Belajar Memilih Bahan Baku Busana Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT( Team Game Tournament) di SMK N 6 Yogyakarta. Skripsi.

Meita, L., Furi, I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning dan Project Based Learning Terintegrasi Stem untuk Mengingkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49-60–60. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13886

Nasrah, & Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213.

Nugrohoa, M. A., Florentinusa, T. S., & Lestaria, W. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Materi Musik Ansambel Berbasis Android bagi Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 3(1)

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Putri Surya, A., C. Relmasira, S., & Tyas Asri Hardini, A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54.

Rosidi, I. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated untuk Mengetahui Ketuntasan Belajar IPA Siswa SMP pada Topik Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sains, 2(1).

Septianto, K. (2013). Ansambel Musik Melalui Media Midi pada Siswa Kelas VIII H. Kripsi.

Simamora, E. (2019). Perkembangan Inovasi Pembelajaran Seni Budaya Di Era Digital.

Sinulingga, P. (2016). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 57–64. https://doi.org/10.21009/1.02109

Suharto. (2012). Problem in Implementation of Arts Education in Non- Arts Vocational Schools. HARMONIA - Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 12(1).

Supriano. (2017). Materi Bimbingan Teknis Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013 Tahun 2017 Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. 206.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika 02(01), 36–46.

Utomo, U., & Ardiyarta, T. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian unjuk Kerja (Performance Assessment) Kompetensi Ekspresi dan Kreasi Musik Di Sekolah Menengah Pertama (Smp). Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 13(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/harmonia.v13i1.2527

Wulandari, D., Rahayuningtyas, W., & Widyawati, I. W. (2021). Pengaruh Model Project Base Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Bermain Alat Musik Sederhana di SMP Negeri 3 Singosari. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts. 1(3), 320–330. https://doi.org/10.17977/um064v1i32021p320-330

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Nur Afifah, F., Rahayuningtyas, W. ., & Hartono, H. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ansambel Musik dengan Model Project Based Learning (PjBL) . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(7), 1081–1092. https://doi.org/10.17977/um064v3i72023p1081-1092

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>