Pendekatan Scientific Learning pada Materi Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Buen pada Siswa Kelas VIII di Penajam Paser Utara

Authors

  • Anisa Millenia Fadhila Universitas Negeri Malang
  • Wida Rahayuningtyas Universitas Negeri Malang
  • Tutut Pristiati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i62023p899-911

Keywords:

scientific approach, folk songs, learning singing techniques

Abstract

Ketika COVID-19 melanda, pembelajaran tidak bisa dilakukan dengan baik oleh guru maupun siswa. Dampaknya, proses pelaksanaan pembelajaran menjadi kurang maksimal sehingga berpengaruh pada hasil pembelajaran siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap penilaian serta kendala guru dalam pembelajaran teknik bernyanyi lagu daerah Buen menggunakan pendekatan saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuali-tatif berbentuk deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek di dalam penelitian ini adalah guru seni budaya kelas VIII-1 dan peserta didik kelas VIII-1 SMPN 5 Penajam Paser Utara. Validasi keabsahan hasil penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, (1) tahap perencanaan, lima kegiatan pokok scientific learning dilakukan berdasarkan langkah-langkah sintaks Problem Based Learning; (2) tahap pelaksanaan, lima kegiatan pokok scientific learning terlihat dalam kegiatan pembelajaran dan dilak-sanakan sebanyak tiga kali pertemuan; (3) pada tahap penilaian atau evaluasi pembelajaran, ter-dapat penilaian dari segi pengetahuan, keterampilan juga sikap; dan (4) kendalanya yaitu kurang-nya waktu pembelajaran dan pemahaman peserta didik terhadap lagu daerah Buen.

Kata Kunci: pendekatan saintifik; lagu daerah; pembelajaran teknik bernyanyi

A Scientific Learning Approach to the Singing Material of Buen Regional Song for Grade VIII Students' at Penajam Paser Utara

When COVID-19 hit, learning could not be done properly by teachers and students. As a result, the learning implementation process becomes less than optimal, affecting student learning outcomes. This study aims to analyze the planning, implementation, assessment, and teacher constraints in learning Buen regional song singing techniques using a scientific approach. The research method used is a qualitative method in descriptive form. Data collection through interviews, observation, and documentation. Data analysis uses data reduction, data presentation and conclusions. The subjects in this study were cultural arts teachers of grade VIII-1 and students of grade VIII-1 SMPN 5 Penajam Paser Utara. Validate the validity of this study’s results using source and method triangulation. The results of this study show that (1) planning stage, five main activities of scientific learning are carried out based on the syntax steps of Problem-Based Learning; (2) implementation stage, five main activities of scientific learning are seen in learning activities and carried out as many as three meetings; (3) at the stage of assessment or evaluation of learning, there is an assessment in terms of knowledge, skills as well as attitudes; and (4) the obstacle is the lack of learning time and students' understanding of Buen folk songs.

Keyword: scientific approach; folk songs; learning singing techniques

References

Abdul, M., & Chaerul, R. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013 (Kuswandi Engkus (ed.)). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.

Ali, A. T. J., & Putra, I. E. D. (2021). Pembelajaran Seni Budaya (Musik) pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas VIII-1 SMP Negeri 7 Padang. Jurnal Sendratasik, 10(4), 129–134. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32893

Andi, P. (20011). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.

Aryani, D. (2019). Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Pokok Lagu-Lagu Daerah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(2), 172–180. https://doi.org/10.17509/jpp.v19i2.19760

Asmarani, K. S. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Musik Daerah Nusantara di SMP Negeri 4 Semarang. 1–169.

Asrati, S., Karyadi, B., & Ansori, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Siswa Smp. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 44–50. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.44-50

Badelah. (2021). Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Kegiatan Pendahuluan dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar dengan Role Model Menggunakan Metode Lesson Study. 1(2), 1–23.

Banawi, A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 90. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.850

Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611

Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, Makassar.

Idrus. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1. Evaluasi dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935.

Liana, D. (2020). Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 15–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.92

Mareza, L. (2017). Cultural Art And Craft Education As A General Intervention Strategy For Special Needs Children. Scholaria, 7(1), 35–38.

Nur Hakim, M., & Rahayu, F. D. (2019). Pembelajaran Saintifik Berbasis Pengembangan Karakter. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–27. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i1.148

Octaviani, F. R., Murniasih, A. T., Dewi, D. K., & Agustina, L. (2020). Apersepsi Berbasis Lingkungan Sekitar sebagai Pemusatan Fokus Pembelajaran Biologi Selama Pembelajaran Daring. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.23917/bppp.v2i2.13792

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898

Pristiati, T., & Rochbeind, F. (2020). Zoom Meeting As a Violin Learning Media for the Primary Class At Bina Bangsa School Malang. International Conference on Art …, 18–22. http://conference.um.ac.id/index.php/icadecs/article/download/513/465

Putri, M. R. (2018). Teknik Bernyanyi Lagu Daerah di Sekolah Menengah Pertama Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Musik, 1–13.

Putriani, A. (2017). Lagu Daerah Buen. Kalimantan Timur: Kalamanthana.

Rahayuningtyas, W. (2013). Pengemasan Bahan Ajar Tari Topeng Teaching Material Packaging of Malang Mask Dance in Malang Dance Vocation Subject. HARMONIA - Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 13(1), 29–36.

Rahmatullah, A., & Sutama, S. (2021). Pengelolaan Waktu Belajar Siswa Berprestasi Berbasis Smartphone di Masa Pandemi Covid-19. Manajemen Pendidikan, 16(1), 46–56. https://doi.org/10.23917/jmp.v16i1.11357

Ramadhan, R. P., & Winata, H. (2016). ProkrastinaRamadhan, R. P., & Winata, H. (2016). Prokrastinasi Akademik Menurunkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 154. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3260si Akademik Menurunkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 154.

Regi, B. (2021). Peran Pendidikan Seni Budaya dalam Mengembangkan Karakter Siswa SDK ST. Yoseph Maumere. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 26–271. https://doi.org/10.5281/zenodo.5535152

Rosario, M., Gu, B., Dopo, F., Radya, S., Samino, I., Studi, P., & Musik, P. (2022). Analisis Minat Siswa Terhadap Lagu Daerah Bajawa Ngada pada Siswa Kelas VIII di SMP Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan, 2(1), 119–129.

Rozie, F. (2018). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Penggunaan Media Pempelajaran Sebagai Alat Bantu Pencapaian Tujuan Pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 1–12.

Sani, M. (2016). Kegiatan Menutup Pelajaran. Journal of Accounting and Business Education, 1(3). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i3.6031

Setiawati dkk, W. (2016). Pembelajaran 6. Konsep Penilaian. Modul Belajar Mandiri, 119–146.

Sholehah, R. (2015). Implementasi Sistem Informasi Manajemen SDM: Studi pada PT PLN (Persero) Malang Etheses of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University. http://etheses.uin-malang.ac.id/840/

Sofyan, A., & Susetyo, B. (2017). Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 2 Semarang. Jurnal Seni Musik, 6(2), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Surya, H. M. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Vokal. Jurnal Pendidikan Musik, 1–11.

Trimastuti, W., Christinawati, S., Ratna H, Y., Setiatin, S., & Anggilia Puspita, V. (2021). Public Speaking dan Teknik Presentasi dalam Menciptakan Pengajaran yang Menarik. Padma, 1(2), 123–135. https://doi.org/10.56689/padma.v1i2.493

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.

Wekke Suardi, I. dkk. (2019). Metode Penelitan Sosial. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Widyantini, T. (2014). Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. Artikel Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Fadhila, A. M. ., Rahayuningtyas, W., & Pristiati, T. (2023). Pendekatan Scientific Learning pada Materi Teknik Bernyanyi Lagu Daerah Buen pada Siswa Kelas VIII di Penajam Paser Utara . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(6), 899–911. https://doi.org/10.17977/um064v3i62023p899-911

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>