Efektifitas dalam Upaya Meningkatkaan Kecerdasan Kinestetik melalui Gerak Tari Kreasi pada Peserta Didik Kelas 7.8

Authors

  • Rizki Izah Naditasari PPG Universitas Negeri Malang
  • E.W. Suprihatin Dyah Pratamawati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i22024p181-187

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, gaya belajar kinestetik, seni budaya, gerak tari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kecerdasan dengan gaya belajar kinestetik pada anak usia remaja melalui kegiatan proyek pergelaran pertunjukan yang diadakan oleh guru pengampu. Mata pelajaran Seni Budaya pada semester genap ini cukup menguras tenaga, waktu, dan finansial peserta didik kelas 7.8, selain itu adanya kegiatan ini juga dapat mengetahui dampak yang ditimbulkan terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar dapat diterapkan secara efektif di kelas 7 SMP Negeri 14 Malang pada mata pelajaran Seni Budaya. Peningkatan kecerdasan kinestetik melalui pengkaryaan gerak tari kreasi tema Kesenian Bantengan menimbulkan pengaruh positif terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik, serta membentuk karakter peserta didik sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi ini dilaksanakan selama 1 semester dengan materi pembelajaran berkarya seni untuk perubahan dengan mengusung seni pertunjukan bantengan sebagai proyek yang akan dilaksanakan dan ditampilkan oleh peserta didik. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik menjadi dominan dibandingkan dengan gaya belajar yang lain seperti visual, dan auditori.

References

Gardner, H. (1999). Intelligence reframed: Multiple intelligences for the 21st century. Basic Books.

Harpeni Dewantara, A. (2020). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Primary Education, 1(1), 15–28. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/algurfah/index

Iksan K., Alfiandra A., & Murniati S., (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Siswa SMP. 7(3), 2-3. https://doi.org/10.31004/ basicedu.v7i3.5716

Jannah, R., & Cahyadi, A. (2024). Penggunaan Aplikasi AkuPintar.Id Untuk Mengetahui Gaya Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 645–650.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Moeleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. G-Media.

Salsabila Ya’sri, A., Mabfiro, W., & Sukmawan, S. (2024). Penerapan Pembelajaran Terdeferensiasi pada Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan P5 Jenjang SMP. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Smith, G. E., & Throne, S. (2007). Differentiating instruction with technology in K-5 classrooms. ISTE.

Sousa, D. A. (2001). How the brain learns. Corwin Press.

Sternberg, R. J., & Grigorenko, E. L. (2004). Successful intelligence in the classroom. Theory Into Practice, 43(4), 274-280.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (7th ed.). Remaja Rosdakarya.

Tomlinson, C. A. (2014). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners. ASCD.

Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. (2013). Assessment and student success in a differentiated classroom. ASCD.

Wahyuningsari, Desy. dkk. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, Vol.2 No,04, 529-.

Wiggins, G., & McTighe, J. (2005). Understanding by design. ASCD.

Yuli, R. R., Munandar, K., & Salma, I. M. (2023). Keselarasan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.80

Yuningsih, R. (2015). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik melalui Pembelajaran Gerak Dasar Tari Minang. 9.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Naditasari, R. I. ., & Pratamawati, E. S. D. . (2024). Efektifitas dalam Upaya Meningkatkaan Kecerdasan Kinestetik melalui Gerak Tari Kreasi pada Peserta Didik Kelas 7.8. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(2), 181–187. https://doi.org/10.17977/um064v4i22024p181-187

Issue

Section

Articles