Perancangan Animasi Petualangan Marta melalui Pendekatan Cinta Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia untuk Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v2i12022p49-66Keywords:
perancangan animasi, Petualangan Marta, suku dan budayaAbstract
Abstract: Indonesia is one of the countries that geographically has socio-cultural conditions that are so complex, diverse, and broad. Indonesia is also the most diverse country in the world, apart from India and the United States. Indonesia's pluralism can be seen by the presence of a group of individuals who have different backgrounds, religions, genders, ethnicities, languages, interests, hobbies, and so on. SARA nuanced conflicts nowadays often occur in Indonesia. Most cases are triggered by intolerance. The consequences that will occur if people prioritize social ego, ethnic ego, religious ego and others is the disappearance of the awareness to live in peace together according to the meaning of Bhinneka Tunggal Ika. The design of Marta's Adventure animation was carried out of maintaining the meaning of Bhinneka Tunggal Ika through an approach to love for the diversity of ethnic groups and Indonesian culture. The design of Marta's Adventure animation was made in several stages, namely pre-production, production, and post-production. The result of designing Marta's Adventure animation is expected to be able to become a learning medium for elementary school students in respecting each other amidst the diversity of ethnicities in Indonesia.
Keywords: animation design, Marta's Adventure, tribe and culture
Abstrak: Indonesia merupakan salah satu negara yang secara geografis mempunyai kondisi sosio kultural yang begitu kompleks, beragam, dan luas. Indonesia juga merupakan negara yang paling majemuk di dunia, selain India dan Amerika Serikat. Kemajemukan Indonesia dapat dilihat dengan terdapatnya sekumpulan individu yang mempunyai latar belakang, agama, jenis kelamin, suku bahasa, minat, hobi, dan sebagainya yang berbeda-beda. Konflik bernuansakan SARA dewasa ini sering terjadi di Indonesia. Kebanyakan kasus dipicu oleh seorang atau sekelompok masyarakat tertentu yang mengatasnamakan ras, suku, agama, dan budaya yang tentunya bersikap intoleran. Akibat yang akan terjadi jika masyarakat lebih mengedepankan ego sosial, ego suku, ego agama dan lainnya akan menyebabkan kesadaran untuk hidup damai bersama sesuai makna Bhinneka Tunggal Ika akan mulai menghilang. Perancangan Animasi Petualangan Marta ini dilakukan bertujuan untuk mempertahankan makna Bhinneka Tunggal Ika melalui pendekatan cinta keberagaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Perancangan animasi Petualangan Marta ini dibuat dalam beberapa tahapan yakni pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Hasil dari perancangan animasi Petualangan Marta ini diharapkan mampu untuk menjadi suatu media pembelajaran bagi siswa sekolah dasar dalam menghargai satu sama lain ditengah keberagaman suku dan ras di Indonesia.
Kata kunci: perancangan animasi, Petualangan Marta, suku dan budaya
References
Abdullah, M. F., & Ishak, Md. S. A. (2010). Pembangunan sektor animasi di Malaysia: Pendidikan dan latihan animasi di Institusi Pengajian Tinggi Awam. Jurnal Pengajian Media Malaysia, 12(2), 69–82. Retrieved from https://jati.um.edu.my/index.php/JPMM/article/view/32617?articlesBySameAuthorPage=3
Afan, M. (2018). LKP: Perancangan video promosi di Jurusan Animasi SMKN 12 Surabaya (Undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya). Retrieved from https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3858/
Affandi, U. C., & Wibawanto, H. (2015). Pengembangan media animasi interaktif 3 (Tiga) Dimensi sebagai alat bantu ajar mata pelajaran IPA kelas VII menggunakan Blender Game Engine. Jurnal Teknik Elektro, 7(2), 62–70. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jte/article/view/8586
Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan animasi interaktif pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer Amik BSI, 2(1), 116–121. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/369
Aryanto, S. (2018). Implementasi Rigid Body pada Rigging terhadap animasi dinamis model kendaraan tiga dimensi. Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, 10(1), 77–88. doi: https://doi.org/10.28989/angkasa.v10i1.216
Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2017). Pendidikan multikultural dalam menanggulangi narasi islamisme di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 224–243. doi: https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.224-243
Pratama, R. B., Pramono, A., & Samudro, J. (2020). The design of Bali Island tourism animation as a media for promotion of tourism. KnE Social Sciences, 4(12), 427–433. doi: 10.18502/kss.v4i12.7616
Ciarantika, A., Faradisa, R., & Assidiqi, M. H. (2011). Pembuatan video animasi 3D safety driving (non-character modeling, texturing, sound effects) (Final project, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya). Retrieved from http://repo.pens.ac.id/id/eprint/987
Dwintari, J. W. (2018). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan berbasis multikultural dalam pembinaan keberagaman masyarakat Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 69–81. Retrieved from http://194.59.165.171/index.php/CC/article/view/68
Eriza, M. H., Pramono, A., & Novica, D. R. (2021). Augmented Reality character Topeng Malang Dewi as an effort to improve the quality of student learning media. KnE Social Sciences, 5(3), 258–265. doi: 10.18502/kss.v5i3.8548
Fadya, M., & Sari, I. P. (2018). Modelling 3D dan animating karakter pada game edukasi World War D” berbasis Android. Multinetics, 4(2), 43–48. doi: https://doi.org/10.32722/multinetics.vol4.no.2.2018.pp.43-48
Handani, S. W., & Nafianti, D. R. (2017). Perancangan film pendek animasi 3 dimensi Legenda Desa Penyarang. Jurnal Infotel, 9(2), 204–211. doi: https://doi.org/10.20895/infotel.v9i2.195
Jura, D. (2018). Pendekatan tipologi tripolar Alan Race dalam keberagaman agama di Indonesia. Proceedings of Seminar Nasional Revitalisasi Indonesia Melalui Identitas Kemajemukan Berdasarkan Pancasila Universitas Kristen Indonesia 2018, 232–245. Retrieved from http://repository.uki.ac.id/id/eprint/835
Marta, R. F., & Rieuwpassa, J. S. (2018). Identifikasi nilai kemajemukan Indonesia sebagai identitas bangsa dalam iklan Mixagrip versi keragaman budaya. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 37–50. doi: https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.15416
Murtono, T., & Widakdo, R. K. (2015). Rekonstruksi citra musik Hardcore melalui penciptaan video musik dengan teknik penyuntingan Compositing. Capture, 6(2), 85–100. Retrieved from http://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/capture/article/view/765
Novica, D. R., Pramono A., Samodra, J., Wardhana, M. I., Hidayat, I. K. (2020). Visual style transformation of Wayang Topeng Malang as urban toy design inspiration. International Journal of Innovation, Creativity and Change (IJICC), 10(10), 135–146. Retrieved from https://www.ijicc.net/images/vol10iss10/101011_Novica_2020_E_R.pdf
Pangemanan, R., Sengkey, R., & Lantang, O. A. (2016). Perancangan animasi 3 dimensi alur pengurusan administrasi pasien umum dan jaminan di bagian Rehabilitasi Medik RSUP Prof. DR. R.D Kandou Manado. Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 1–5. doi: https://doi.org/10.35793/jti.9.1.2016.13750
Pirmansyah, D. F., & Pramono, A. (2021). Perancangan arca 3D sebagai karakter Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan minat sejarah masyarakat. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(3), 266–276. doi: https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p266
Pratiwi, D. E. (2020). Pengembangan buku ajar IPA SD melalui pendekatan konsep cinta keberagaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 35–50. doi: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.11903
Pramono, A., Rahayuningtyas, W., Puspasari, B. D., & Ismail, A. I. Hj. (2020). Development educational material Topeng Malang with the Augmented Reality for supporting character. KnE Social Sciences, 4(12), 631–639. doi: https://doi.org/10.18502/kss.v4i12.7637
Pramono, A., Pujiyanto, P., Puspasari, B. D., & Dhanti, N. S. (2021). Character thematic education game “AK@R” of society themes for children with Malang-Indonesian visualize. International Journal of Instruction, 14(2), 179–196. doi: https://doi.org/10.29333/iji.2021.14211a
Rinaldi, J., Rumagit, A. M., Lumenta, A. S. M., & Wowor, A. P .R. (2012). Perancangan tutorial penerimaan mahasiswa baru Universitas Sam Ratulangi berbasis animasi 3D. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 1(4), 1–6. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/view/618
Rompas, M. V., Sinsuw, A., Robot, J., & Najoan, X. (2013). Perancangan gedung Fakultas Teknik Unsrat dengan perspektif animasi 3D. Jurnal Teknik Informatika, 2(2). doi: https://doi.org/10.35793/jti.2.2.2013.2332
Septiani, T. K. (2016). TA: Pembuatan film pendek bergenre drama tentang pentingnya pendidikan dasar dengan menggunakan teknik split screen sebagai upaya menyadarkan masyarakat (Undergrauate thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya). Retrieved from http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4627
Susanti, S., Raharjo, T. J., & Ngabiyanto, N. (2021). Pengembangan media video animasi terhadap pembelajaran IPS materi keberagaman budaya bangsa berbantuan Quizizz. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 502–508. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/22929
Syahfitri, Y. (2011). Teknik film animasi dalam dunia komputer. Jurnal SAINTIKOM, 10(3), 213–217. Retrieved from https://prpm.trigunadharma.ac.id/public/fileJurnal/hpqo5-Jurnal-YUN-animasi.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 ridhotul nur insan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.