Gelar Pameran Seni Lukis sebagai Bentuk Apresiasi bagi Peserta Didik Di SMPN 12 Malang

Authors

  • Muhammad Wahidul Kohar PPG Universitas Negeri Malang
  • Mitra Istiar Wardhana Universitas Negeri Malang
  • Holisatus Sadidah PPG Universitas Negeri Malang
  • Hafidh Muhammad Risaaldi PPG Universitas Negeri Malang
  • Reza Dwi Anggraini PPG Universitas Negeri Malang
  • Dinda Melati PPG Universitas Negeri Malang
  • Fidi Fiorintina PPG Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i22024p201-207

Keywords:

karya pemeran, apresiasi seni, SMPN 12 Malang

Abstract

Berdasarkan hasil observasi selama tahun ajar periode 2023/2024, kegiatan gelar karya pameran di SMPN 12 Malang belum pernah dilaksanakan. Peserta didik memerlukan wadah untuk memamerkan karya seni yang telah mereka buat serta mendapatkan apresiasi dari orang lain. Melalui kegiatan pameran seni lukis, diharapkan dapat mem­bangun kemampuan apresiasi seni bagi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pameran seni lukis di SMPN 12 Malang, (2) melatih kemampuan peserta didik dalam menyelenggarakan kegiatan pameran seni, dan (3) mewadahi kemampuan apresiasi seni bagi peserta didik di SMPN 12 Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan narasi deskriptif. Prosedur pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Apresiator seni utama adalah peserta didik kelas VII dan VIII, namun pameran ini juga mendapatkan apresiasi dari guru dan pegawai SMPN 12 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mampu mengembangkan kemampuan mereka dalam mengapresiasi karya seni lukis dengan baik. Kegiatan pameran ini memberikan pengalaman berharga bagi peserta didik serta seluruh warga sekolah, mengingat mereka tidak hanya terlibat sebagai peserta tetapi juga sebagai penyelenggara, yang melibatkan mereka dalam seluruh proses perencanaan, persiapan, hingga pelaksanaan pameran. Dengan demikian, pameran seni lukis ini tidak hanya berfungsi sebagai ajang pameran karya seni, tetapi juga sebagai sarana edukatif yang holistik, melatih kemampuan organisasi, kerjasama, dan tanggung jawab peserta didik. Pameran ini juga mempererat hubungan antara peserta didik, guru, dan pegawai sekolah melalui apresiasi bersama terhadap seni.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak.

Artika, M. T. (2021). Makna Simbolik dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Karya-Karya Sujarwo pada Pameran Tunggal Seni Lukis.

Aryani, S. B. (2014). Model Pembelajaran Berkarya dan Presentasi Karya Ilustrasi Melalui Pameran Kelas Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Apresiasi Seni Rupa Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jekulo Kudus. Eduarts: Journal of Arts Education, 2(1), 1–8.

Husen, (2017). Pengaruh Kegiatan Apresiasi Seni terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Seni, 1(1), 1-10.

Husen, W. R. (2017). Pengembangan Apresiasi Seni Rupa Siswa Sekolah Dasar melalui Pendekatan Kritik Seni Pedagogik. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.100

Kartini, (2015). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Kegiatan Apresiasi Seni. Jurnal Pendidikan, 3(2), 1-8.

Khasanah, I., Prasetyo, S. A., & Mushafanah, Q. (2022, December). Pameran Seni Rupa Plasterkit dalam Pengembangan Pendidikan Kreativitas Mahasiswa FIP UPGRIS. In Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, pp. 230-238).

Mardi, Mr. (2021). Pameran Seni Siswa Di Era Modern Sebagai Upaya Menggali Potensi Kreasi Bangsa. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(5), 543–548. https://doi.org/10.47387/jira.v2i5.118

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Rahayu, (2019). Pengaruh Kegiatan Apresiasi Seni terhadap Kesadaran Siswa terhadap Pentingnya Karya Seni. Jurnal Pendidikan Seni, 4(1), 1-10.

Sundari, R., & Rahmalia, D. R. (2022). Artsteps.com: Inovasi Pameran Virtual karya Seni Rupa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5).

Surya, (2018). Pengaruh Kegiatan Apresiasi Seni terhadap Kesadaran Siswa terhadap Pentingnya Karya Seni. Jurnal Seni, 2(1), 1-12.

Tarsa, A., & Pd, S. (2016). Apresiasi Seni: Imajinasi Dan Kontemplasi dalam Karya Seni. 1(1).

Trisnanto, W. B. (2019). Pola Manajemen Dalam Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa Di Bentara Budaya Yogyakarta. SERUPA - Jurnal Pend. Seni Rupa - S1, 8(4). 361–372.

Wurtiningsih, W. (2023). Pendidikan Seni Budaya: Mendorong Kreativitas dan Apresiasi Budaya dalam Pembelajaran. Educational Journal: General and Specific Research, 3(2), 311-317.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Kohar, M. W. ., Wardhana, M. I. ., Sadidah, H. ., Risaaldi, H. M. ., Anggraini, R. D. ., Melati, D. ., & Fiorintina, F. . (2024). Gelar Pameran Seni Lukis sebagai Bentuk Apresiasi bagi Peserta Didik Di SMPN 12 Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(2), 201–207. https://doi.org/10.17977/um064v4i22024p201-207

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>