Video Animasi Compositing Kiat-Kiat Menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i102022p1483-1503

Keywords:

Animasi compositing, SBMPTN, Perguruan Tinggi Negeri

Abstract

Abstract: The small percentage of prospective students passing the Public University Entrance Exam (SBMPTN) makes many students who will take part in the following SBMPTN anxious, impacting their level of readiness, concentration, and thinking skills to face this exam. One of their efforts in preparing for SBMPTN is to find as much information as possible on social media about the SBMPTN. Therefore, an educational media about SBMPTN preparation that is packaged in an attractive and effective way  is needed. This research focuses on creating educational media in the form of a compositing animation video with the title Kiat-kiat Menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri. The research method used is descriptive methods through pre-production, production and post-production stages. This design is intended as an informative media about what to prepare before taking the SBMPTN for prospective participants. The result of the research is an animation video with a duration of 7 minutes 43 seconds published via YouTube. Based on the results of a survey on 48 respondents, 92.91 percent strongly agree that this compositing animation video is packaged in an attractive manner, and 95 percent strongly agree that this compositing animation video provides new information about the SBMPTN.

Keywords: compositing animation, SBMPTN, public university

Abstrak: Kecilnya persentase calon mahasiswa yang lulus tahap Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) membuat banyak siswa yang akan mengikuti SBMPTN di tahun mendatang merasa­kan kecemasan berlebih yang berdampak pada tingkat kesiapan, konsentrasi, dan kemampuan berpikir dalam menghadapi ujian ini. Salah satu upaya dalam mempersiapkan diri sebelum mengikuti ujian SBMPTN ialah mencari informasi sebanyak-banyaknya di media sosial mengenai SBMPTN ini. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah media edukasi yang membahas tentang persiapan sebelum meng­ikuti SBMPTN yang dikemas secara menarik dan efektif dalam menyampaikan informasi. Pada penelitian ini dilakukan pembuatan media edukasi berupa video animasi compositing berjudul Kiat-kiat Menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui tahap pra produksi, produksi dan pasca produksi. perancangan ini bertujuan sebagai salah satu pilihan media informasi yang memuat informasi mengenai apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti ujian SBMPTN bagi calon peserta. Hasil perancangan berupa sebuah video animasi compositing yang berdurasi 7 menit 43 detik yang dipublikasikan melalui youtube. Berdasarkan hasil survei 48 responden, sebanyak 92,91 persen sangat setuju bahwa video animasi compositing ini dikemas dengan menarik, dan 95 persen sangat setuju bahwa video animasi compositing ini memberikan informasi baru mengenai ujian masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

Kata Kunci: animasi compositing, SBMPTN, perguruan tinggi negeri

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 5–10. doi: https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Betancourt, M. (2012). The origins of motion graphics. Retrieved from https://www.cinegraphic.net/article.php/20130306203217744

Dewi, N. L. P. G. K., Suardika, I. W. R., Abadi, I. B. G. S. (2013). Pengaruh model pembelajaran kuantum berbantuan media video kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa di SDN 2 Dangin Puri. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1261

Djiwandono, & Wuryani, S. E.. (2002). Psikologi pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Hendayana, Y. (2021, June 14). 184.942 Siswa Lolos SBMPTN 2021. Kabar Dikti. Retrieved from https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/184-942-siswa-lolos-sbmptn-2021/#:~:text=JAKARTA%20%E2%80%93%20Hasil%20Seleksi%20Bersama%20Masuk,dan%2091.979%20program%20studi%20Soshum.

Irfan, A., Mashudi, T., & Murtiningsih. (2016). Perbedaan media audio visual dan bukan audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Wahana Sekolah Dasar (Kajian Teori dan Praktik Pendidikan), 24(1), 1–8. Retrieved from https://docplayer.info/71068274-Perbedaan-media-audio-visual-dan-bukan-audio-visual-terhadap-motivasi-dan-hasil-belajar-ips-siswa-kelas-iv.html

Isnawati, I., Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis kemampuan pedagogi guru SMK yang sedang mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan metode deskriptif kuantitatif dan metode kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(1), 37–44. doi: https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652

Pradhana, F. R., & Al Fatta, H. (2016). Optimalisasi penggunaan efek chroma key pada video editing menggunakan metode half circle layer green screen. Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, 4(2), 64–77. Retrieved from https://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/39

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala Dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2). Retrieved from https://jsi.politala.ac.id/index.php/JSI/article/view/185

Pratiwi, L. D. B., Wibowo, W., & Zain, I. (2015). Klasifikasi nilai peminat SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) ITS dengan pendekatan Classification and Regression Trees (CART). Jurnal Sains dan Seni ITS, 4(2), 193–198. doi: http://dx.doi.org/10.12962/j23373520.v4i2.10559

Santrock, J. W. (2009). Psikologi pendidikan [Educational psychology] (3rd ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Simatauw, M., & Tutul, T. (2021). Manfaat penggunaan media sosial YouTube sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK Kristen Agape Patria. Sosok, 2(2). Retrieved from http://sttborneo.ac.id/ejournal/index.php/ichtus/article/view/13/8

Stuart, G. W. (2007). Buku saku keperawatan jiwa (5th ed.). Jakarta: EGC.

Sukarno, I. S., & Setiawan, P. (2014). Perancangan motion graphic ilustratif mengenai Majapahit untuk pemuda-pemudi. Visual Communication Design, 3(1). Retrieved from https://www.neliti.com/publications/180396/perancangan-motion-graphic-ilustratif-mengenai-majapahit-untuk-pemuda-pemudi#cite

Syahfitri, Y. (2011). Teknik film animasi dalam dunia komputer. Jurnal Saintikom, 10(3), 213–217. Retrieved from https://prpm.trigunadharma.ac.id/public/fileJurnal/hpqo5-Jurnal-YUN-animasi.pdf

Widana, I. W. (2017). Modul penyusunan soal Higher Order Thinking skills. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yusmita, Masruroh, F., & Faishol, R. (2022). Efektivitas film motivasi untuk menurunkan kecemasan pada remaja yang menghadapi ujian SBMPTN. International Journal of Educational Resources, 2(6). Retrieved from https://ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/354

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Pratama, R. A., Samodra, J. ., & Sutrisno, A. . (2022). Video Animasi Compositing Kiat-Kiat Menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(10), 1483–1503. https://doi.org/10.17977/um064v2i102022p1483-1503

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>