Perancangan Animasi 2D Mengenai Upaya Pencegahan Penyakit Saat Musim Hujan

Authors

  • Anisa Zalfa Thifala Universitas Negeri Malang
  • Mitra Istiar Wardhana Universitas Negeri Malang
  • Arif Sutrisno Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i72021p995-1009

Keywords:

penyakit musim hujan, perancangan, animasi

Abstract

Abstract: The high cases of disease spread during the rainy season must be overcome quickly and in various ways. A lot of socialization has been carried out, but it has not been spread evenly. Therefore, the design of this animation helps to spread information quickly and easily. Design is the activity of compiling the manufacture of a product from the initial idea to the final product. This animation design uses 3 stages, namely pre-production, production, and post-production. Pre-production is done by collecting and analyzing data, creating concepts, scripts, and storyboards, designing characters, properties, and environments. Meanwhile, the production is conducted through layout, animation, dubbing & sound effects, and compositing. Finally, post-production is conducted through editing, rendering, and publishing. The results of this animation design are animations that describe the symptoms of disease and disease prevention efforts during the rainy season. This animation has a duration of about 3 minutes in an mp4 format. This animation was published on the youtube channel.

Keywords: monsoon disease, design, animation

Abstrak: Tingginya kasus penyebaran penyakit saat musim hujan harus dapat diatasi dengan cepat dan berbagai cara. Sudah banyak sosialisasi yang dijalankan, tetapi belum tersebar secara merata. Oleh karena itu perancangan animasi ini membantu menyebarkan informasi dengan cepat dan mudah. Perancangan adalah kegiatan menyusun pembuatan suatu produk mulai dari ide awal hingga hasil akhir produk. Perancangan animasi ini menggunakan 3 tahap, yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi. Pra produksi dilakukan dengan pengumpulan dan analisis data, pembuatan konsep, script dan storyboard, desain karakter, properti dan environment. Sedangkan produksi yaitu layout, animating, dubbing & sound effect, dan compositing. Terakhir yaitu pasca produksi, tahap pasca produksi yaitu editing, rendering dan publishing. Hasil dari perancangan animasi ini yaitu animasi yang menggambarkan gejala penyakit dan upaya pencegahan penyakit saat musim hujan. Animasi ini memiliki durasi sekitar 3 menit dalam sebuah format mp4. Animasi ini dipublikasikan melalui kanal youtube.

Kata kunci: penyakit musim hujan, perancangan, animasi

References

Amin, L.Z. (2015). Tatalaksana diare akut. Cermin Dunia Kedokteran, 42(7), 504–508. Retrieved from http://www.cdkjournal.com/index.php/CDK/article/view/986

Ardiaria, M. (2019). Epidemiologi, manifestasi klinis, dan penatalaksanaan demam tifoid. JNH (Journal of Nutrition and Health), 7(2), 32–38.

Aslah, T.Y., Wowor, H.F., & Tulenan, V. (2017). Perancangan animasi 3D objek wisata Museum Budaya Watu Pinawetengan. Jurnal Teknik Informatika, 11(1). https://doi.org/10.35793/jti.11.1.2017.16922

Ciptahadi, K.G.O. (2018). Animasi 3D pengenalan penyakit demam berdarah dengue berbasis android (studi kasus: SDPN Negeri Tulang Ampiang). Proceedings of Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi 2018, 330–335. Retrieved from http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index. php/sensitek/article/view/325

Dewi, T.F., Wiyono, J., & Ahmad, Z.S. (2019). Hubungan pengetahuan orang tua tentang penyakit DBD dengan perilaku pencegahan DBD di Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Nursing News, 4(1), 348–358. doi: http://dx.doi.org/10.33366/nn.v4i1.1563

Dhimas, A. (2013). Cara mudah merancang storyboard untuk animasi keren. Yogyakarta: TAKA Publisher.

Fadya, M., & Sari, I.P. (2018). Modelling 3D dan animating karakter pada game edukasi ‘World War D’ berbasis android. MULTINETICS, 4(2), 43–48. doi: https://doi.org/10.32722/multinetics.v4i2.1243

Hapipah, Istianah, Hadi, I., & Idris, B.N.A. (2021). Edukasi waspada terkena ISPA pada musim hujan di masa pandemi di SMP Salafiyah Darul Falah Pagutan Kota Mataram. Jurnal Lentera 1(1), 42–46. Retrieved from http://journal.stikesyarsimataram.ac.id/index.php/lentera/article/view/85

Jaya, I.M.R.A., Darmawiguna, I.G.M., & Kesiman, M.W.A. (2020). Pengembangan film animasi 2 dimensi sejarah perang Jagaraga. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 9(3), 222–231. doi: http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v9i3.29621

Jayanti, M., & Wiratomo, Y. (2017). Perancangan media siap UN Matematika SMP berbasis android. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 22–32. doi: https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1722

Kementerian Kesehatan RI. (2013). Waspadai tujuh penyakit musim banjir. Retrieved from https://www.kemkes.go.id/article/print/2200/waspadai-tujuh-penyakit-musim-banjir.html

Lestari, T.A. (2014). Faktor-faktor yang berhubungan dengan gejala ISPA pada balita di Desa Citeureup tahun 2014. (Undergraduate thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25690

Mufida, S. (2015). Kebermaknaan hidup pemain sepak bola Arema. (Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/1503/

Nari, J., Tulenan, V., Sentinuwo, S., Rindengan, Y., & Lantang, O. (2015). Perancangan studio musik bambu dengan perspektif animasi 3D. Jurnal Teknik Informatika, 4(2). doi: https://doi.org/10.35793/jti.4.2.2014.6988

Waluyo, Nugroho, D., & Kustanto. (2015). Sistem pakar diagnosa penyakit DBD dan demam tifoid dengan metode fuzzy tsukamoto (Studi kasus Puskesmas Pracimantoro I). Jurnal TIKomSiN, 3(1), 17–24. doi: http://dx.doi.org/10.30646/tikomsin.v3i1.186

Pangemanan, J., & Nelwan, J. (2012). Perilaku masyarakat tentang program pemberantasan penyakit DBD di Kabupaten Minahasa Utara. Kesmas, 1(1), 45–50. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index. php/kesmas/article/view/83

Pratiwi, A.S., Mutiara, H., & Fakhruddin, H. (2018). Perbedaan peningkatan pengetahuan tentang Demam Berdarah Dengue antara metode ceramah dan video animasi pada murid kelas V dan VI SD Negeri 12 Metro Pusat. MAJORITY (Medical Journal of Lampung University), 7(3), 41–48. Retrieved from https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/2050

Putri, D.D., Furqon, M.T., & Perdana, R.S. (2018). Klasifikasi penyakit kulit pada manusia menggunakan metode Binary Decision Tree Support Vector Machine (BDTSVM) (Studi kasus: Puskesmas Dinoyo Kota Malang). JPTIIK, 2(5), 1912-1920. Retrieved from https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1425

Putri, R.E. (2020). Sistem pakar untuk mendeteksi gangguan pencernaan dengan metode backward chaining. Jurnal Teknovasi, 7(1), 8–17. Retrieved from https://ejurnal.plm.ac.id/index.php/Teknovasi /article/download/433/pdf

Setiawan, M.A., & Trisnawati, A. (2018). Pelatihan publikasi karya ilmiah bagi guru SMK Al-Inabah Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 18–21. doi: https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.558

Sumarli, C.O., & Kurnianto, A. (2018). Developing karakter animasi berbasis kudapan khas Tionghoa. Jurnal Desain, 5(3), 162–173. doi: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i03.2170

Suryani, R., Saputra, H., & Sutrisman, A. (2019). Implementasi animasi 2D pada iklan layanan masyarakat sebagai sosialisasi penyakit DBD. REKAM, 15(2), 153–166. doi: https://doi.org/10.24821/rekam.v15i2.3330

Susanti, E., & Husna, C. (2017). Pengetahuan, sikap dan tindakan masyarakat terhadap pencegahan penyakit menular akibat banjir. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 2(4). Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/FKep/article/view/3860

Sutrisno, A. (2021). Studi perbandingan animasi 360 derajat bertema sejarah. JADECS, 6(1), 22–34. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um037v6i12021p22-34

Toding, C., & Lumenta, A.S.M., & Mamahit, D.J. (2017). Pembuatan animasi 3 dimensi perbedaan sampah organik dan anorganik untuk anak-anak. Journal Teknik Informatika, 12(1). doi: https://doi.org/10.35793/jti.12.1.2017.17657

Widiyarti, G., Suciawati, H., & Rakiyah, S. (2020). Pembuatan media pembelajaran video animasi pada mata kuliah konsep dasar Bahasa dan Sastra Indonesia mahasiswa Universitas Quality tema menjaga kebersihan diri sendiri guna mencegah penyebaran covid-19. NIZHAMIYAH, 10(2), 16–26. doi: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v10i2.769

Widjajanti, W. (2020). Epidemiologi, diagnosis, dan pencegahan leptospirosis. JHECDs (Journal of Health Epidemiology and Communicable Diseases), 5(2), 62–68. doi: https://doi.org/10.22435/jhecds.v5i2.174

Yusa, I.M.M., & Saputra, I.P.S. (2016). Pemanfaatan animasi 2 dimensi model infografik dalam perancangan video iklan layanan masyarakat tentang pengolahan sampah rumah tangga di Denpasar. JANAPATI (Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika), 5(1), 1–10. doi: http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v5i1.9739

Yustanto, A. (2011). Perancangan animasi tentang koloni lebah madu sebagai media belajar bagi anak Sekolah Dasar. (Diploma thesis, Universitas Negeri Malang). Retrieved from https://www.academia. edu/35684788/PERANCANGAN_ANIMASI_TENTANG_KOLONI_LEBAH_MADU_SEBAGAI_MEDIA_BELAJAR_BAGI_ANAK_SEKOLAH_DASAR_UNIVERSITAS_NEGERI_MALANG_FAKULTAS_SASTRA_PROGRAM_STUDI_GAME_ANIMASI_2011

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Thifala, A. Z. ., Wardhana, M. I. ., & Sutrisno, A. . (2021). Perancangan Animasi 2D Mengenai Upaya Pencegahan Penyakit Saat Musim Hujan. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(7), 995–1009. https://doi.org/10.17977/um064v1i72021p995-1009

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>