Kajian Semiotika Pesan Feminisme pada Iklan Kecap ABC Edisi Suami Sejati Hargai Istri

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i52021p655-672

Keywords:

semiotika, iklan televisi, feminism

Abstract

Abstract: Kecap ABC Advertisement in edition Suami Sejati Hargai Istri is one of Kecap ABC advertisements produced from a series of campaigns called Suami Sejati Mau Masak, Terima Kasih Perasan Pertama launched by Heinz ABC Indonesia to express appreciation to the wife or mother in domestic work, one of which is cooking. This advertisement not only contains the aim of appreciating men for women in the kitchen but also conveys the message of feminism that is conveyed visually in the advertisements. The purpose of this study was to analyze the visual messages of feminism in the Kecap ABC advertisement in edition Suami Sejati Hargai Istri using the meaning of Roland Barthes' semiotic theory. This study uses a descriptive qualitative research method with Roland Barthes' semiotic approach with the stages of formulating the background, problems, objectives, formulating research methods, collecting data, analysis, discussion and conclusions. The result of this research is the analysis of selected scenes from the Kecap ABC advertisement in edition Suami Sejati Hargai Istri that most supports the visual message of feminism and then analyzed with Roland Barthes' denotative, connotative and mythical meanings of semiotics.

Keywords: semiotic, television advertisment, feminism

Abstrak: Iklan Kecap ABC edisi Suami Sejati Hargai Istri merupakan salah satu iklan Kecap ABC yang dihasilkan dari serangkaian kampanye Suami Sejati Mau Masak, Terima Kasih Perasan Pertama yang diluncurkan oleh Heinz ABC Indonesia untuk menyampaikan bentuk apresiasi pada istri atau ibu dalam pekerjaan domestik salah satunya memasak. Dalam iklan ini tidak hanya mengandung tujuan apresiasi laki-laki pada perempuan di dapur tetapi juga menyampaikan pesan feminisme yang disampaikan secara visual dalam iklan-iklannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pesan-pesan visual feminisme dalam iklan Kecap ABC edisi Suami Sejati Hargai Istri menggunakan pemaknaan teori semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kulitatif deskriptif pendekatan semiotika Roland Barthes dengan tahapan merumuskan latar belakang, masalah, tujuan, merumuskan metode penelitian, mengumpulkan data, analisis, pembahasan hingga kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah analisis adegan-adegan terpilih dari iklan Kecap ABC edisi Suami Sejati Hargai Istri yang paling mendukung adanya pesan visual feminisme  lalu dianalisis dengan pemaknaan semiotika Roland Barthes denotatif, konotatif dan mitos.

Kata kunci: semiotika, iklan televisi, feminism

References

Andrianti, S. (2011). Feminisme dalam The Oxford Handbook of the History of Political Philosophy, 1–23. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199238804.003.0046

Basuki, A. (2015). Makna warna dalam desain. Retrieved from http://basuki.lecturer.pens.ac.id/lecture/ MaknaWarnaDalamDesain.pdf

Fuady, M. F. (2017). Pergeseran makna warna pink dari maskulinitas menjadi femininitas di Amerika Serikat Tahun 1940-1970. Jurnal Desain Interior – Institut Teknologi Surabaya, 2(2), 97–110.

Gora, R. (2016). Reprsentasi perempuan dalam iklan televisi: Studi analisis semiotika iklan Beng Beng versi “Great Date”. Jurnal Semiotika, 10(Juni), 151–179. doi : http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v10i1.32

KBBI Daring. (n.d.). Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/semiotika

Heinz. (2018). Heinz ABC. Retrieved from https://www.heinzabc.co.id/

Heinz, A. (2019). Kecap ABC Bantu Suami Sejati Hargai Istri - YouTube. https://www.youtube.com/ watch?v=LvtYld8Sf1E&t=2s

Hermawan, A. (2007). "Membaca” iklan televisi : Sebuah perspekstif semiotika. Jurnal Komunikasi, 2(1), 267–286.

Hoed, B. (2014). Semiotik dan dinamika sosial budaya. Depok.Komunitas Bambu

KBBI. (n.d.). Arti kata dominan. Retrieved from https://kbbi.web.id/dominan

Kompas.com. (2020). Ingin Produktif di Kantor? Lakukan 7 Hal Ini. Retrieved from https://money. kompas.com/read/2020/01/28/160900026/ingin-produktif-di-kantor-lakukan-7-hal-ini?page=all

Kurniadi, O. (2007). Perempuan dalam tayangan iklan di televisi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 8(1), 103–112. https://doi.org/10.29313/mediator.v8i1.1230

Manstead, Antoni S.R., & Hewstone, M. (1996). The Blackwell encyclopedia of social psychology. Choice Reviews Online, 33(05), 33-2457-33–2457. https://doi.org/10.5860/choice.33-2457

Mathar, H. (2015). Semiotika visual: Sebuah kajian tentang ilmu tanda dalam kebudayaan kontemporer. Jurnal Komodifikasi, 2(1), 36–47.

Monica, M., & Luzar, L. C. (2011). Efek warna dalam dunia desain dan periklanan. Humaniora, 2(2), 1084. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3158

Palupiningtyas, Z. F. (2013). Preferensi audiens terhadap elemen-elemen iklan TVC produk teh PUCUK HARUM 2013. Commonline Departemen Komunikasi, 474–487.

Rokhimah, S. (2014). Patriarkhisme dan ketidakadilan gender. MUWAZAH: Jurnal Kajian Gender, 6, 132–145.

Santi, S. (2004). Perempuan dalam iklan: Otonomi atas tubuh atau komoditi?. Komunikologi, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 1(1), 1-12. Retrieved from https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/view/4/4

Sari, S. (2012). Stereotip, bahasa, dan pencitraan perempuan pada iklan dalam perspektif budaya populer. E-journal Kementerian Komunikasi dan Informatika, 10(2), 39–58.

Marijana, S., Mirjana, D., & Jelena, M. (2014). The effectiveness of ATL and BTL advertising techniques. Proceedings of New Business Models and Sustainable Competitiveness.

Semiotika - Komunikasi tanpa Kata, Pengertian Simbol dan Tanda-tanda - serupa.id. (n.d.). Retrieved from https://serupa.id/semiotika-pengertian-simbol-dan-tanda-tanda/

Sobur, A. (2009). Semiotika komunikasi. Bandung:. PT Remaja Rosdakarya.

Tinarbuko, S. (2017). Semiotika tanda verbal dan tanda visual iklan layanan masyarakat. Jurnal ISBI Bandung ; Panggung, 26(2), 181-194. https://doi.org/10.26742/panggung.v26i2.175.g225

Utaminingsih, N. (2013). Klaim feminisme: Tonggak International Security Studies. Retrieved from https://www.academia.edu/4994460/Klaim_Feminisme_Tonggak_International_Security_Studies

Vida, H. D. (2011). Feminisme dalam majalah perempuan. Jurnal Sociae Polites, Edisi Khusus, 153–168. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/sp/article/download/468/356

Widyatama, R. (2006). Bias gender dalam iIklan televisi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Wulandari, D. (2018). Kampanyekan kesetaraan gender, Kecap ABC hHadirkan “Akademi Suami Sejati” - MIX Marcomm. Retrieved from https://mix.co.id/marcomm/brand-communication/kampanyekan-kesetaraan-gender-kecap-abc-hadirkan-akademi-suami-sejati/

Zamroni, M. I. (2007). Kapitalisasi tubuh perempuan dalam iklan televisi. Jurnal Komunikasi, 2(1), 287–296. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/5630/5058

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

Saraswati, V. B. ., Pujiyanto, & Wardhana, M. I. . (2021). Kajian Semiotika Pesan Feminisme pada Iklan Kecap ABC Edisi Suami Sejati Hargai Istri . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(5), 655–672. https://doi.org/10.17977/um064v1i52021p655-672

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>