Perancangan Augmented Reality Fight Corona sebagai Sarana Edukasi kepada Masyarakat tentang Penanggulangan COVID-19

Authors

  • Sandhy Akbar Riyadi Universitas Negeri Malang
  • Joko Samodra Universitas Negeri Malang
  • Arif Sutrisno Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p521-539

Keywords:

COVID-19, Augmented Reality, Penanggulangan, Pencegahan, AR Fight Corona

Abstract

Penyakit menular Virus Corona atau COVID-19 pertama kali terdeteksi di Wuhan, China, pada akhir 2019. Gejala umumnya meliputi demam, nyeri tubuh, diare, kehilangan indra penciuman, hidung tersumbat, dan ruam kulit atau perubahan warna pada jari tangan dan kaki. Di Indonesia, angka kasus terinfeksi mencapai puncaknya di Asia pada tahun 2021, namun kemudian mengalami penurunan yang signifikan. Meskipun demikian, perhatian terhadap penanganan COVID-19 tetap diperlukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, penggunaan Augmented Reality (AR) telah dirancang sebagai sarana edukasi. Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil akhirnya adalah aplikasi ber­format APK dengan ukuran file 91 MB yang telah disebarkan kepada masyarakat untuk pengujian kelayakan melalui survei Google Form. Dari 35 responden yang mengisi survei dengan skala Likert, 82,7 persen menyambut baik inovasi Augmented Reality ini. Dengan demikian, aplikasi AR "Fight Corona" memiliki potensi sebagai media informasi edukasi yang efektif dalam penanggulangan COVID-19. Penyajian informasi melalui teknologi AR diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan COVID-19 kepada masyarakat, serta meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang berlaku.

References

Adobe Aero. (2022, March 10). Create augmented reality. https://www.adobe.com/products/aero.html

Aida, N. R. (2022, May 19). Aturan dilonggarkan, siapa saja yang masih harus pakai masker. Kompas. https://www.kompas.com/tren/read/2022/05/19/200400765/aturan-dilonggarkan-siapa -saja-yang-masih-harus-pakai-masker-?page=all

Ariso, J. M. (2017). Augmented reality. Re https://play.google.com/books/reader?id=ptwtDwAAQBAJ&pg=GBS.PT4.w.0.0.0.0.1

Autodesk. (2022, July 21). What is 3D modelling. https://www.autodesk.com

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal,3(1), 35-42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Centers for Disease Control and Prevention. (2022, July 18). SARS-CoV-2 variant classifications and definitions. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/variants/variant-classifications.html

Cheung, L. (2016). Using the model ADDIE of instructional design to teach chest radiograph interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016(6), 1-6. https://dx.doi.org//10.1155/2016/9502572

CoVariants. (2022, July 18). Variant alpha 20I. https://covariants.org/variants/20I.Alpha.V1

COVID-19 Tracker. (2021, February 16). Confirmed cases Indonesia. https://www.bing.com/covid/local/indonesia

Eriza, M.H., Pramono, A., & Novica, D. R. (2021). Augmented reality character topeng Malang Dewi as an effortto improve the quality of student learning media. KnE Social Sciences, 5(3), 258-265. https://doi.org/10.18502/kss.v.5i3.8548

Filali, Y. E., & Krit, S. D. (2020) Augmented reality types and popular use cases. Proceedings of the 1st International Conference of Computer Science and Renewable Energies, 2018, 107-110. https://doi.org/10.5220/0009776301070110

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2021, February 15). Seberapa bahayanya COVID-19 ini. https://www.kemkes.go.id/folder/view/full-content/structure-faq.html

Lisnawati, Y. (2020, December 19). UMN pakai teknologi AR saat wisuda Magister Manajemen, Sarjana TF, danTE angkatan pertama. Liputan6. https://www.liputan6.com/citizen6/read/4437790/umn-pakai-teknologi-ar-saat-wisuda-magister-manajemen-sarjana-tf-dan-te-angkatan-pertama

Molenda, M. (2015). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 54(2), 40-42. https://doi.org/10.1002/pfi.21461

Nugraheny, D. (2016). Analisis user interface dan user experience pada website Sekolah Tinggi TeknologiAdisutjipto Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Kedirgantaraan 2(2016). http://dx.doi.org/10.28989/senatik.v2i0.77

Pramono, A. (2017). Media pendukung pembelajaran rumah adat Indonesia menggunakan augmented reality. JURNAL ELTEK, 11(1), 122-132. http://eltek.polinema.ac.id/index.php/eltek/article/view/10

Prasetyo., & Zuhdan, K. (2012). Research and development pengembangan berbasis penelitian. http://widyawatipalupi.blogs.uny.ac.id

Putri, S. A. E. (2022, January 19). Varian-varian Covid-19 apa perbedaannya. Corona Jakarta. https://corona.jakarta.go.id/id/artikel/varian-varian-covid-19-apa-perbedaannya

Qin, A., & Hernandez, J. C. (2020, January 10). China reported its first death. The New York Times. https://www.nytimes.com/2020/01/10/world/asia/china-virus-wuhan-death.html

Sari, I. P. (2018). Implementasi model ADDIE dan kompetensi kewirausahaan dosen terhadap motivasi wirausaha mahasiswa . Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 6(1), 83-94. https://doi.org/10.26740/jepk.v6n1.p83-94

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2020, November 12). 3M dan 3T untuk putus penularan COVID-19. https://covid19.go.id/p/berita/3m-dan-3t-untuk-putus-penularan-covid-19

Spark AR Studio. (2022, March 10). How augmented reality is bringing new dimensions to life. https://sparkar.facebook.com/augmented-reality/

Taylor, L. (2004). Educational theories and instructional design models their place in simulation. NursingEducation and Research, Southern Health. https://www.simulationaustralasia.com/files/upload/pdf/research/057-taylor-2004.pdf

Wee, S. L., & Jr McNeil, D. G. (2020, January 8). China identifies new virus causing pneumonialike illness. The New York Times. https://www.nytimes.com/2020/01/08/health/china-pneumonia-outbreak-virus.html

World Health Organization. (2021, February 15). Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus. https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Riyadi, S. A. ., Samodra, J. ., & Sutrisno, A. . (2024). Perancangan Augmented Reality Fight Corona sebagai Sarana Edukasi kepada Masyarakat tentang Penanggulangan COVID-19. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(6), 521–539. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p521-539

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>