Perancangan Animasi 2D sebagai Edukasi Anak terhadap Fitur Live Streaming di Media Sosial Facebook

Authors

  • Joshua Julyus Universitas Negeri Malang
  • Mitra Istiar Wardhana Universitas Negeri Malang
  • Joko Samodra Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i92023p1355–1369

Keywords:

social media, live streaming, facebook, education

Abstract

Saat ini ada sosial media sebagai media digital sebagai pemberi dan penerima informasi terbesar dari seluruh dunia, salah satunya adalah Facebook. Dari Facebook kita dapat mengetahui infor­masi baik dalam hal positif maupun negatif. Dari sekian banyaknya fitur yang ada di Facebook, penulis fokus pada fitur live streaming. Live streaming menampilkan banyak konten dari berbagai jenis, baik itu hiburan, pendidikan ataupun sesuatu yang bersifat informatif. Pada live streaming Facebook, ter­dapat banyak konten hiburan, khususnya yang bersifat negatif. Jika hal ini ditonton oleh anak-anak, maka hal-hal negatif yang terkandung dalam live streaming tersebut akan mempengaruhi pola pikir anak dan tindakan serta perkataan mereka. Hal ini perlu diedu­kasikan kepada anak agar lebih selektif dalam memilih konten live streaming  yang  akan mereka tonton. Oleh sebab itu, penulis membuat karya animasi 2D guna untuk mengedukasi anak sedini mungkin agar mereka mengerti mana yang baik untuk ditonton atau tidak beserta alasan meng­apa boleh dan tidak. Judul dari  Metode yang digunakan penulis dalam membuat karya pun mulai dari mengumpulkan data, pra-produksi, produksi, dan final.

Kata kunci: sosial media; live streaming; Facebook; edukasi

2D Animation Design as Children’s Education on Live Streaming Features on Facebook Social Media

Currently there is social media as a digital media as the largest giver and recipient of information in the world, one of which is Facebook. From Facebook we can find out information both in positive and negative terms. Of the many features on Facebook, the writer focuses on the live streaming feature. Live streaming displays a lot of content of various type, be it entertainment, education or something informative. On the Facebook live stream, there is a lot of entertainment content, especially in negative ones. If this content be watched by children, so the negative things contained in the live streaming will affect the children’s  mindset and their actions and words. This needs to be educated to children to be more selective in choosing the live streaming content they will watch. Therefore, the writer makes 2D animation work in order to educate children as early as possible so  that they can understand which ones are good to watch and not also the reason behind it. The method used by the writer in making the work starts from collecting data, pre-production, production, and final.

Keywords: social media; live streaming; Facebook; education

References

Administrator. (2017, June 6). 7 Jejaring Sosial Untuk Media Belajar Siswa. Retrieved from https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01281165/7-jejaring-sosial-untuk-media-belajar-siswa-402597

Animotion, D. D. D. (2019, Agustus). Panduan Dasar Membuat Animasi 2D Mulai Dari Pra Produksi Hingga Produksi. Retrieved from https://www.dafideff.com/2019/08/panduan-lengkap-membuat-animasi-2d.html

Anwar, H. B. (2018). Peranan Orangtua dalam Memberikan Pengawasan terhadap Penggunaan Media El-ektronik bagi Anak di Desa Cabbeng, Kec. Dua Boccoe, Kab. Bone. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Is-lam, 1(1), 75–79. https://doi.org/10.30863/aqym.v1i1.793

Bayu, D. J. (2021). Jumlah Pengguna Media Sosial di Dunia Capai 4,2 Miliar. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/18/jumlah-pengguna-media-sosial-di-dunia-capai-42-miliar

Christvidya, K. P. (2020, August 17). Perbedaan Streaming dengan Live Streaming dan Aplikasi Legal yang Digunakan. Retrieved from https://www.fimela.com/lifestyle/read/4328420/perbedaan-streaming-dengan-live-streaming-dan-aplikasi-legal-yang-digunakan

Dahono, Y. (2021, February 15). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Retrieved from https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021

DeFar. (2019, November 25). Pengertian Animasi 2D, Teknik, dan Cara Pembuatan Animasi -. Retrieved from https://qomaruna.com/pengertian-animasi-2d/

Dewi, E. R. (2020). Hubungan Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Anak. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 41–49. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.586

Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, N. T. (2017). Analisis pengaruh penggunaan media baru terhadap pola interaksi sosial anak di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2), 12–24. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i2.5188

Fakriansyah, R. (2016). Perancangan dan pembuatan video animasi 2D ‘cara alternatif belajar bahasa inggris’ (Thesis, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta). Retrieved from https://adoc.pub/cover-perancangan-dan-pembuatan-video-animasi-2d-cara-altern.html

Farhana, K. (2021, May 21). Memahami Arti Daring dan Luring, Cari Tahu Bedanya di Sini. Retrieved from https://www.fimela.com/lifestyle/read/4304691/memahami-arti-daring-dan-luring-cari-tahu-bedanya-di-sini

Firdausya, I. (2021, April 16). Survei: 87% Anak Indonesia Main Medsos sebelum 13 Tahun. Retrieved from https://mediaindonesia.com/humaniora/398511/survei-87-anak-indonesia-main-medsos-sebelum-13-tahun

Fitri, S. (2017). DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SOSIAL MEDIA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL ANAK. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118–123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5

Hanytasari, G. (2015). Perancangan permainan papan edukatif tentang bahaya jajan sembarangan bagi anak-anak usia 6-12 tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 12. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/83482/perancangan-permainan-papan-edukatif-tentang-bahaya-jajan-sembarangan-bagi-anak

Ini Media Sosial Paling Populer Sepanjang April 2020. (2020). Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/05/25/ini-media-sosial-paling-populer-sepanjang-april-2020

Latifah, A. (2015). Laporan penciptaan karya seni video profil jurusan arsianti. Retrieved from https://123dok.com/document/yjdkrd2y-laporan-penciptaan-karya-seni-video-profil-jurusan-arsianti.html

Lidwina, A. (2021). Facebook, Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Dunia. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/17/facebook-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-dunia

Membuat Animasi Sederhana Menggunakan Adobe Animate CC +Gambar. (2020, November 26). Re-trieved from https://www.neicytekno.net/2020/11/membuat-animasi-menggunakan-adobe-animate.html

Nenkeula, D. S. (2021). Tanggung Jawab Orang tua Terhadap Pendidikan Anak Sekolah minggu Jenjang Batita Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 323–332. https://doi.org/10.5281/zenodo.4707224

Putra, B. (2020, November 10). SAE Indonesia—Perguruan Tinggi & Pelatihan Media Kreatif. Retrieved from https://indonesia.sae.edu/id/perbedaan-animasi-2d-dan-3d/

Setiadi, Y. (2020, April 15). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pembelajaran Dari Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19. Retrieved from http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/pemanfaatan-media-sosial-untuk-pembelajaran-dari-rumah-bagi-siswa-sekolah-dasar-di-masa-pandemi-covid-19

Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan orangtua terhadap dampak penggunaan gadget pada anak. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 3(3), 510–514. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485

Supratman, L. P. (2018). Penggunaan media sosial oleh digital native. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 47–53. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1243

Suwasono, A. A. (2016). PENGANTAR ANIMASI 2D Metode Dasar Perancangan Animasi Tradisional. Re-trieved from http://digilib.isi.ac.id/1243/

Suyudi, T. (2021, April 18). Riset: Anak-Anak di Indonesia Kenal Media Sosial di Usia Dini. Retrieved from https://www.itworks.id/39121/riset-anak-anak-di-indonesia-kenal-media-sosial-di-usia-dini.html

Syafira, R. (2020). PERNIKAHAN VIA LIVE STREAMING DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (PhD Thesis, IAIN BENGKULU). Retrieved from http://repository.iainbengkulu.ac.id/4926/1/skripsi%20full%20syafira.pdf

Sutrisno, A. (2021). Studi perbandingan animasi 360 derajat bertema sejarah. JADECS, 6(1), 22–34. doi:

http://dx.doi.org/10.17977/um037v6i12021p22-34

KEMENDIKBUD RI. (2017, Mei 10). Ayo, lebih bijak menggunakan media sosial! [Video].Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=DlQ0tPNJlAc

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Julyus, J. ., Wardhana, M. I. ., & Samodra, J. . (2023). Perancangan Animasi 2D sebagai Edukasi Anak terhadap Fitur Live Streaming di Media Sosial Facebook. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(9), 1355–1369. https://doi.org/10.17977/um064v3i92023p1355–1369

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>