PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GAMES BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAME (MENCOCOKKAN POTONGAN SOAL DAN JAWABAN) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII B DI SMPN 9 MALANG

Authors

  • Kiki Septiani Universitas Negeri Malang

Keywords:

Model Pembelajaran, Games Based Learning, Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Abstract

Pembelajaran sebagai proses interaksi antara guru dan peserta didik di lingkungan
sekolah, di mana guru berperan sebagai fasilitator untuk meningkatkan kompetensi
peserta didik. Proses pembelajaran tidak hanya berfokus pada penyampaian
pengetahuan, tetapi juga dapat membentuk karakter dan perilaku peserta didik.
Pemilihan model pembelajaran Games Based Learning (GBL) dapat memenuhi
kebutuhan belajar peserta didik dalam meningkatkan semangat belajar peserta
didik terutama pada konteks teknologi pendidikan yang terus berkembang. Model
pembelajaran GBL menggunakan permainan untuk membantu peserta didik
memahami materi, meningkatkan motivasi belajar, dan mengembangkan
keterampilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan
menggunakan teknik wawancara dan observasi secara langsung bersama guru
pamong di sekolah, dengan partisipan peserta didik kelas VIII B SMPN 9 Malang
yang berjumlah 31 peserta didik di dalam kelas pada bulan Januari tahun 2024,
teknik dokumentasi dilaksanakan secara langsung pada saat proses pembelajaran
berupa foto. menekankan pengembangan dan perbaikan proses pembelajaran di
kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan GBL berhasil meningkatkan
pemahaman dan konsentrasi peserta didik terhadap materi Apresiasi Ragam Hias
Tradisional Nusantara, serta memperbaiki mutu pembelajaran di kelas.

References

Ahyar, D. B., Prihastari, E. B., Setyaningsih, R., Rispatiningsih, D. M., Zanthy, L. S., Fauzi, M., Mudrikah, S., Widyaningrum, R.,

Falaq, Y., & Kurniasari, E. (2021). Model-Model Pembelajaran. Pradina Pustaka.

Aminuddin, R. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. UHAMKA Press.

Asmaka, R. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran game-based learning terhadap prestasi belajar matematika pada materi

peluang kelas VIII SMP Negeri 2 Balen tahun pelajaran 2018/2019.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). Dalam Bandung: PT remaja rosdakarya (Bandung). PT. Remaja

Rosdakarya.

Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M., Latif, N., Prihastari, E. B., & Aini, K. (2022).

Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sukmawati, W. (2022). Pemanfaatan Digital Game Based Learning Dengan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran

Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Eksperimen Pada Materi Dinamika Kependudukan

Indonesia di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Ciamis.

Downloads

Published

19-06-2024

How to Cite

Septiani , K. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GAMES BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAME (MENCOCOKKAN POTONGAN SOAL DAN JAWABAN) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII B DI SMPN 9 MALANG. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(8), 10. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5691

Issue

Section

Articles