Pemanfaatan LKPD Berbasis Model Kooperatif Think Pair Share untuk Melatih Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Materi Sumber Energi Listrik Alternatif Kelas 9 SMP
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p348-356Keywords:
Kemampuan Kolaborasi, Think Pair Share (TPS), LKPD, Sumber Energi Listrik AlternatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dirancang berdasarkan Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa pada materi sumber energi listrik alternatif di kelas 9 SMP Negeri 12 Malang. Dalam konteks pendidikan abad ke-21, keterampilan kolaborasi menjadi semakin krusial, mengingat tantangan yang dihadapi siswa di era informasi ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain One Shot Case Study, di mana data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes untuk mengukur keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model TPS secara signifikan meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, dengan sebagian besar siswa mencapai ketuntasan belajar. Meskipun sebagian besar siswa menunjukkan keterlibatan aktif, terdapat tantangan dalam mempertahankan tingkat keterlibatan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model TPS berbasis LKPD tidak hanya meningkatkan keterlibatan peserta didik, tetapi juga berkontribusi pada hasil pembelajaran yang lebih baik. Temuan ini menunjukkan pentingnya penerapan metode pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif.
References
Adiningsih, K. R., ’Aziizah, ’Alimatul., Nurdzikrinia, A. S., Kusuma, L. M. A., Wardani, T. H., Vidiani, V. H. N., & Sulur, S. (2025). Pengaruh Karakteristik Peserta Didik terhadap Penyusunan LKPD Kelas VII SMP. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 151–160. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p151-160
Aprilianti, P. P., & Astuti, D. (2020). Pengembangan LKPD berbasis STEM pada materi bangun ruang sisi datar SMP kelas VIII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 691–702. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.691-702
Arulampalam Kunaraj, P., Chelvanathan, P., Ahmad, A. A., & Bakar, I. Y. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi bangun datar berbasis inkuiri terbimbing kelas IV SD. Journal of Engineering Research, 08(September), 81–88.
Busahdiar, R., Rosfiani, O., Basith, A., Ayuhan, A., Ali, M., & Sudin, M. (2022). Think-Pair-Share (T-P-S). Proceedings of the Sixth International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2022), 114–119. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-91-6_18
Citrawathi, D. M., Widiyanti, N. P. M., & Adnyana, P. B. (2020). The effectiveness of the Think Pair Share model based on questions to improve students’ participation and students’ learning outcomes about histology structure of digestive system. Journal of Physics: Conference Series, 1503(1), 012040. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012040
Endang, E. S., Siswandari, Suharno, & Jumintono. (2023). Think Pair Share (TPS) learning methods to improve student learning activities. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 6(2), 308–318. https://doi.org/10.23887/jp2.v6i2.59134
Ermawati, S., & Wahyuni, S. F. K. (2022). Model Think Pair Share berbantu e-LKPD analisis model guided note taking berbasis e-modul terhadap analisis L U D O M - E model guided e-modul. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 145–168.
Fitriani, A., Hasibuan, R., & Fauziah, D. (2023). Efektivitas model pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 11(2), 150–161.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2019). How to design and evaluate research in education (10th ed.). McGraw-Hill Education.
Hasibuan, R., & Fauziah, D. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 77–88.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (2018). Cooperative learning: Improving university instruction by basing practice on validated theory. Journal on Excellence in College Teaching, 25(4), 85–118.
Nugraha, A., & Pratama, I. (2022). Penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis model Think Pair Share dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 45–57.
Prastowo, A. (2020). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Diva Press.
Rahmawati, H., & Haeriah, H. (2023). Enhancing student engagement and learning outcomes through the implementation of the TPS (Think Pair Share) cooperative learning model. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 11(3), 836. https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i3.8718
Rahmawati, L., Supriyadi, S., & Kurniawan, A. (2023). Implementasi Rumus Sturges dalam analisis data pendidikan: Aplikasi dalam kemampuan kolaborasi siswa. Jurnal Riset Pendidikan, 10(3), 243–256.
Rohman, A., Komang Werdhiana, I., & Saehana, S. (2021). The development of electrical energy conversion tools as learning media for the concept of energy sources. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1), 012051. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012051
Sari, M. W., Alfan, M., & Maulana, M. I. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis LKPD Find the Letter untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Language Literature and Arts, 4(11), 1172–1178. https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1172-1178
Selviana, M., Iskandar, L., & Nury, Y. (2023). LKPD Elektronik Berbasis HOTS untuk Siswa Kelas III dengan Tema Praja Muda Karana Subtema Aku Suka Berpetualang pada Pembelajaran 2 Di Sekolah Dasar . Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 1(3), 145–151. https://doi.org/10.17977/um084v1i32023p145-151
Slavin, R. E. (2020). Educational psychology: Theory and practice. Pearson Education.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Khajar Fitriana, I Wayan Dasna, Dahlia Wardati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.