Strategi Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kesadaran Kebinekaan Global
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p711-719Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, CRT, pembelajaran IPS, Malang Raya, sosial-budaya peserta didikAbstract
Guru IPS kelas VIII SMPN 2 Malang menerapkan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbasis budaya lokal Malang Raya untuk menguatkan profil pelajar Pancasila dimensi berkebinekaan global. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi pendekatan CRT dalam pembelajaran IPS, dan (2) mengidentifikasi peluang serta tantangan dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek peserta didik kelas VIII F SMPN 2 Malang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman, sementara validitas data diuji melalui triangulasi waktu dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS berbasis CRT berjalan lancar dan kondusif. Terdapat tiga peluang utama dalam implementasinya: (1) keberagaman budaya Malang Raya yang dapat dieksplorasi, (2) sarana dan prasarana sekolah yang memadai, dan (3) fleksibilitas guru dalam mendesain pembelajaran sesuai latar belakang sosial-budaya peserta didik. Namun, terdapat tantangan seperti kebutuhan strategi pembelajaran yang tepat dan manajemen waktu yang efisien.
References
Adiwijaya, S., Rafsanjani, M. A., Kaharap, Y., Siyono, S., & Bakri, A. A. (2023). Pentingnya keberlanjutan kearifan lokal dalam era globalisasi. El-Hekam, 7(1), 126-138. http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v7i1.10565
Ardhy, F., Fernanda, F. E., Kurnia, U. I., Hidayat, R., & Setiani, N. (2024). Integration of Pintu Lestari Indonesia (Pitaria): Building Indonesia Cultural Awareness through the Implementation of the Use of Teaching Media for Teachers at IGTKI Pesawaran Regency. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(4), 1896-1903.
Fadillah, L. R., & Listiawan, T. (2024). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 65–73. https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p65-73
Fitriah, L., Gaol, M. E. L., Cahyanti, N. R., Yamalia, N., Maharani, N., Iriani, I. T., & Surayanah, S. (2024). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching di Sekolah Dasar. Journal of Language Literature and Arts, 4(6), 643–650. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek profil pelajar pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Jurnal jendela pendidikan, 2(04), 553-559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Imtihani, A., Wirawan, B., & Witono, H. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SDN 42 Ampenan. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 272–276. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/581
Kemendikbudristek. (2021a). Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbudristek. (2021b). Keleluasaan Pendidik dan Pembelajaran Berkualitas. Retrieved from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
Kriswanto, D., & Wahyuningsih, S. (2025). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VII SMP Islam Terpadu. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 374–382. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p374-382
Marwin, L. (2022). Peran Guru dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Pinisi Journal of Social Science, 1(2), 83–94. https://ojs.unm.ac.id/pjss/article/viewFile/45605/21094
Maulana, R., & Segara, N. B. (2024). Penerapan model problem-based learning dengan pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan kolaborasi dan hasil belajar pada pembelajaran IPS di SMPN 2 Mojosari. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3897-3906. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14713
Noventue, R., Ginanjar, S., & Astutik, A. (2024). Hakikat Pendidikan:Menginternalisasikan Budaya Melalui Filsafat Ki HajarDewantara dan Nilai-Nilai Pancasila pada Peserta didik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2809–2818.
Puskurbuk. (2017). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial. In Encephale (Vol. 53). Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001
Rahayu, D. N. O., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global. Visipena, 14(1), 14–28. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2035
Rahma, S. D., Yuniawatika, & Mediyawati, E. (2024). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching dan Teaching at The Right Level pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SD. Journal of Language Literature and Arts, 5(1), 24–34. https://doi.org/10.17977/um064v5i12025p24-34
Ramadhani, S. P., Marini, A., & Maksum, A. (2020). Implementasi Pendidikan Multikultural dilihat dari Perspektif Guru, Kepala Sekolah dan Kegiatan Peserta didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 140–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.618
Sa’adah, M., Rahmayati, G. T., & Prasetiyo, Y. C. (2022). Strategi dalam Menjaga Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Al ‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 61–62. Retrieved from https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/al-adad/article/download/1113/408%0A
Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 121. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.121-133
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.