Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Kartika Putri Wahyuningtiyas PPG Universitas Negeri Malang
  • Syamsul Bachri Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p141-149

Keywords:

multimedia pembelajaran, mata pelajaran IPS, mobile learning, minat belajar, hasil belajar

Abstract

Untuk mengatasi kurangnya keterlibatan dan minat peserta didik dalam pembelajaran, sebuah penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mereka menggunakan media pembelajaran berbasis ponsel. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan 35 peserta didik dari kelas IX F di SMP Negeri 2 Malang. Data dikumpulkan melalui tes dan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Terlihat dari data pra-siklus, di mana skor rata-rata meningkat dari 81,9 menjadi 90,45, dan pada data pasca-siklus, dengan skor rata-rata mencapai 70 dengan tingkat ketuntasan klasik sebesar 48,58 persen, meningkat menjadi skor rata-rata 83 dengan tingkat ketuntasan klasik sebesar 80 persen. Dengan demikian, penggunaan multimedia pembelajaran berbasis mobile learning mampu meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dalam konteks pembelajaran IPS.

Kata kunci: multimedia pembelajaran; mobile learning; mata pelajaran IPS; minat belajar; hasil belajar

Application of Interactive Learning Multimedia Based on Mobile Learning to Increase Students' Interest and Learning Outcomes

A study was conducted to address learners' lack of engagement and interest in learning. The aim was to improve their interest and learning outcomes using mobile phone-based learning media. The research method used was Classroom Action Research (PTK), involving 35 learners from class IX F at SMP Negeri 2 Malang. Data was collected through tests and questionnaires and then analyzed using quantitative descriptive statistical methods. The results showed an increase in students' interest and learning outcomes in social studies learning. The pre-cycle data revealed an average score of 81.9, which increased to 90.45 in the post-cycle data. The classic completeness rate was 48.58 percent, while the average score reached 70. In contrast, the average score increased to 83 with a classic completeness rate of 80 percent in the post-cycle data. Consequently, the utilization of mobile learning-based multimedia can enhance students' engagement and academic performance in the context of social studies education.

Keywords: learning multimedia; mobile learning; social sciences subjects; interest learning; learning outcomes

References

Achmad, N., Ganiati, M., & Nur Kur, D. (2021). Implementasi edpuzzle dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada era new normal. Ujmes, 06(02), 46–51.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video untuk meningkatkan minat belajar peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Ardiansyah, A. A., & Nana. (2020). Peran mobile learning sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran di sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 47–56. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245

Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin. (2018). Penggunaan media powtoon untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada kompetensi dasar mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 122. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7622

Darmawan, M. F., & Nashoih, A. K. (2019). Implementasi media mobile learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional …, 153–158.

Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di SMAN 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahapeserta didik Unimus (Vol. 1, 2018, 1(2005), 508–512.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.

Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran interaktif pendidikan kewarganegaraan melalui mobile learning di era industri 4.0. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1849

Haryati, S., Rizal, F., & Syah, N. (2021). Meningkatkan hasil belajar peserta didik menengah kejuruan melalui mobile learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 31–39. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php-/JEU/article/view/31896/0

Hermoyo, R. P., & Mursyidah, H. (2021). Minat belajar mahapeserta didik prodi pendidikan bahasa dan sastra indonesia melalui mobile learning di masa pandemi Covid -19. Sastranesia: Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra, 9(2). https://doi.org/10.32682/sastranesia.v

Insani, P., & Body, R. (2021). Pengembangan Media pembelajaran mobile learning berbasis android pada mata pelajaran gambar teknik Di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Journal Applied Science In Civil Engineering, 2(3), 325–333.

Isdayanti, Nulhakim, L., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis adobe flash pada materi daur hidup hewan di kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 390–406.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusuma, A. R. (2022). Taksonomi hasil belajar menurut benyamin s. bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514. https://doi.org/10.55927/-mudima.v2i9.1132

Marwa, Munirah, Angriani, A. D., Suharti, Sriyanti, A., & Rosdiana. (2020). Peran guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas iv pada masa pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 215–227. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a10.2020

Mulyasa, H. . (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Negara, H. R. P., Syaharuddin, Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan minat belajar peserta didik melalui pemanfaatan media belajar berbasis android menggunakan MIT APP Inventor. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42. https://doi.org/10.31764¬/jpmb.v2i2.887

Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12

Pangalo, E. G. (2020). Pembelajaran Mobile Learning Untuk Peserta didik SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 38. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2851

Qosyim, A., & Priyonggo, F. V. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Flash Untuk Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas VIII. Journal JPPIPA: Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 38–44.

Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Smk Di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95–113. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391

Rumengan, Y., & Talakua, C. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning berbasis Smartphone terhadap Minat Belajar Peserta didik SMA Negeri 1 Seram Utara Barat. Jurnal Bioeduin, 10(2), 33–40.

Sartika, F., Desriwita, E., & Ritonga, M. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI di sekolah dan madrasah. Humanika, 20(2), 115–128. https://doi.org/10.21831¬/hum.v20i2.32598

Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik pada masa pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2, 69–75. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.33

Soekamto, H., Nikolaeva, I., Abbood, A. A. A., Grachev, D., Kosov, M., Yumashev, A., Kostyrin, E., Lazareva, N., Kvitkovskaja, A., & Nikitina, N. (2022). Professional development of rural teachers based on digital literacy. Emerging Science Journal, 6(6), 1525–1540. https://doi.org/10.28991/ESJ-2022-06-06-019

Taufik, A., & Ariani, F. (2020). Perancangan mobile learning untuk meningkatkan dan menarik minat belajar ilmu nahwu berbasis android. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 6(1), 28–36. https://doi.org/-10.33372/stn.v6i1.588

Wulandari, D. A., Wibawanto, H., Suryanto, A., & Murnomo, A. (2019). Pengembangan mobile learning berbasis android pada mata pelajaran rekayasa perangkat lunak di SMK Sultan Trenggono Kota Semarang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 577–584. https://doi.org/10.25126/jtiik.201965994

Downloads

Published

05/29/2024

How to Cite

Wahyuningtiyas, K. P. ., & Bachri, S. . (2024). Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 141–149. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p141-149

Issue

Section

Articles