Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Teks Prosedur pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1161-1171Keywords:
implementasi, pembelajaran diferensiasi, iptek, Ki Hajar DewantaraAbstract
Modernisasi membawa kepada kenyataan baru. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang semakin pesat di abad 21 menuntut peserta didik dan pendidik untuk menyesuaikan diri dengan segala perubahan yang terjadi, termasuk dalam dunia pendidikan. Setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda, dan peserta didik pun memiliki kebutuhan belajar yang perlu dipenuhi. Pendidik setiap hari berhadapan dengan peserta didik yang memiliki berbagai macam karakter. Tantangan dalam mengajar seringkali mengharuskan pendidik untuk membuat keputusan yang tepat. Keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi situasi ini sering kali tidak disadari oleh para pendidik, karena hal tersebut sudah menjadi hal yang lumrah di sekolah. Berbagai usaha dilakukan oleh para pendidik dengan tujuan memastikan bahwa kebutuhan belajar setiap peserta didik terpenuhi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam teks prosedur Bahasa Indonesia di kelas VII di SMPN 9 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan, serta peserta didik menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
References
Andajani, K. (2022). Modul pembelajaran berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.
Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature review: Pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Basra, H. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi dengan Quizizz. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 3(4), 193–208. https://doi.org/10.58643/sipatokkong.v3i4.177
Creswell, J. W. (2017). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publications.
Fauzi, M. A. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi sebagai implementasi paradigma baru pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.38
Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 11(1), 1–11.
Jhon, L., & Alfiandra, A. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran PPkn di SMP Negeri 33 Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1713–1720.
Komalasari, M. D. (2023). Pemetaan kebutuhan belajar peserta didik dalam pembelajaran berdiferensiasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 27–32. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/15116/5913
Marsela Yulianti, D., Anggraini, S. L., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangkan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Mastuti, A. G., Abdillah, A., & Rumodar, M. (2022). Peningkatan kualitas pembelajaran guru melalui workshop dan pendampingan pembelajaran berdiferensiasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 1–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.9682
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
MS, M. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi dan penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534
Nissa, K., & Darmawan, P. (2024). Studi Literatur: Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 101–106. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p101-106
Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan, November, 2020–2023. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283
Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan pembelajaran IPS berdiferensiasi pada kurikulum merdeka belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114
Swandewi. (2021). Implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran teks fabel pada siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 3(1), 248–253.
Toto, B. D. H., & Sulistyorini, D. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensi terhadap Persiapan Mengajar Mahasiswa PPG Prajabatan Bidang Studi Bahasa Indonesia. Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 950–956. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p950-956
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam rangka mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi perencanaan pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.