Pengembangan Media Pembelajaran Paint by Number pada Materi Batik Lukis Di SMK
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v4i82024p866-881Keywords:
pengembangan media batik, pembelajaran batik lukis, paint by number, ADDIE, SMKN 2 MalangAbstract
Pembelajaran batik di SMKN 2 Malang mengalami kendala karena latar belakang sekolah yang berfokus pada pariwisata, di mana batik hanya diajarkan di kelas peminatan batik. Hal ini menyebabkan banyak peserta didik yang masih awam dan kurang memahami prosedur, motif, serta jenis batik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran baru yang efektif pada materi batik di SMKN 2 Malang, guna meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam bidang pengetahuan dan mengukur efektivitas media pembelajaran batik lukis paint by number. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Teknik analisis data menggunakan metode campuran (mixed method), dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, serta tes pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran paint by number pada materi batik lukis berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik, dengan rata-rata nilai naik menjadi 97,5 poin dari sebelumnya 61,9 poin, sehingga persentase kenaikan hasil belajar peserta didik adalah 36,5 persen. Berdasarkan angket pengguna, kelompok kecil memperoleh persentase nilai sebesar 85 persen dan kelompok besar sebesar 92,7 persen. Kesimpulannya, media pembelajaran batik lukis paint by number layak digunakan sebagai media pembelajaran penunjang pada materi batik di SMKN 2 Malang.
References
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492
Arfah. (2015). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkankemampuan Menggambar Motif Batik pada Siswa Kelas XI Jurusan Desain Produksi dan Kriya Tekstil SMK Negeri 3 Kota Bima. (Skripsi) Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. https://123dok.com/id/docs/universitas-muhammadiyah-makassar-fakultas-keguruan-dan-ilmu-pendidikan.10547242
Aruna, A., Inayah, L., Roziqin, M. F. A., & Prasetyo, A. R. (2021). Rancang desain media pembelajaran berbasis game sejarah perjalanan Jendral Soedirman dalam perang gerilya Kabupaten Pacitan. Jurnal Basicedu, 5(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1450
Aruna, R., Susanti, E., & Mulyadi, T. (2021). Model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 45-56.
Cp & Atp - Seni Rupa Fase F. (n.d.). Retrieved December 5, 2023, from https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/seni-rupa/fase-f/
Dipura, A., Suyanto, M., & Widiyantoro, H. (2023). Pengembangan media pembelajaran batik menggunakan model ADDIE. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 85-97.
Dipura, I. D. C., Iriaji, I., & Anggriani, S. D. (2023). Pengembangan e-modul kompetensi dasar menggambar komik berkarakter wayang untuk siswa SMP kelas VIII. Jolla: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.17977/um064v3i12023p15-33
Febyronita, D., & Giyanto, G. (2016). Survei tingkat kemampuan siswa dalam mengerjakan tes berbentuk jawaban singkat (short answer test) pada mata pelajaran ips terpadu (geografi) kelas VII di SMP Negeri 1 Mesuji tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Swarnabhumi: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 1(1).
Habibah, N., Firmansyah, A., & Iskandar, S. (2022). Evaluasi implementasi media pembelajaran di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan, 18(3), 210-225.
Habibah, W. R. P., Ratnawati, I., & Sutrisno, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran PowerPoint membuat patung berbahan clay kelas IX semester 1 SMP Negeri 11 Malang. Jolla: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.17977/um064v2i32022p360-377
Hermawati, Rizky. (2022). Proses penciptaan karya seni batik lukis Harimau Jawa di Sanggar Batik Leksa Ganesha. eProceedings of Art & Design. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/17692
Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), Article 2.
Karomah, I., Ratnawati, I., & Anggriani, S. D. (2022). Legenda asal mula Reog Kendang Tulungagung sebagai ide penciptaan batik lukis pada selendang. Jolla: Journal of Language, Literature, and Arts. http://journal3.um.ac.id/index.php/fs/article/view/2703
Mardiyati, B. D., & Yuniawati, R. (2015). Perbedaan adaptabilitas karir ditinjau dari jenis sekolah (SMA dan SMK). Empathy: Jurnal Fakultas Psikologi, 3(1), Article 1.
Maydiantoro, A. (2021). Research model development: Brief literature review. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia, 1(2), 29-35.
Maydiantoro, A. (2022). Proses evaluasi dalam pengembangan media pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(4), 320-330.
Meriyanti. (2015). Memahami karakteristik anak didik. Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/27796/1/memahami%20karakteristik%20anak%20didik.pdf
Monika, M., Lau, A., Darmawan, D. K., & Wiryadinata, S. (2023). Aktivitas motorik halus pada anak usia dini melalui workshop painting by number. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), Article 1. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senabdimas/article/view/2392
Muallam, M. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran pop-up batik (belajar tematik) kelas 3 SDN Talun 01 [Undergraduate, Universitas Islam Sultan Agung Semarang]. http://repository.unissula.ac.id/27087/
Novianti, D., & Salim, R. (2018). Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap kesiapan dan hasil belajar IPA siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Metro tahun pelajaran 2015/2016. Kappa Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.29408/kpj.v2i1.754
Prasetyo, A., Rahmawati, N., & Sidyawati, L. (2020). Comedy sebagai apersepsi dalam pembelajaran. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 158-165. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p158
Rawe, T. (2022). Penerapan model ADDIE dan self-directed learning pada program English Study at Home berbasis e-learning di Eye Level Citra Gran Cibubur. Instruksional, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.2.164-172
Salmianti, E. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis motion graphic mata pelajaran seni budaya kompetensi batik kelas VIII SMP Negeri 1 Trawas Mojokerto. Universitas Negeri Malang.
Sari, A. Y. (2018). Implementasi pembelajaran project based learning untuk anak usia dini. Motoric, 1(1), Article 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547
Setyosari, P. (2017). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. *JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran), 20-30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan ADDIE model. Jurnal IKA, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145
Uno, H. B., & Umar, M. K. (2023). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran: sebuah konsep pembelajaran berbasis kecerdasan. Bumi Aksara.
Yudhistira, I. (2017). Perancangan komik batik sebagai media pembelajaran batik untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis Bantul. Pend. Seni Kerajinan - S1 (E-Craft), 6(4), Article 4.
Yusdiana. (2023). Fear of failure pada anak berbakat akademik. https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/2856/Buku%20Fear%20of%20Failure%20---%20Uk.%2015,5%20x%2023,5%20cm.pdf?sequence=1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vinda Aulia Sari, Ike Ratnawati, Abdul Rahman Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.