Kritik Formalistik Lukisan Trespassers Karya James Jean

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i82024p833-839

Keywords:

kritik formalistik , James Jean x Haroshi, kritik seni lukis, Trespassers, karakteristik anak-anak

Abstract

Karya seni lukis James Jean menawarkan konsep yang unik dan penuh fantasi, dengan makna tersembunyi yang memerlukan eksplorasi mendalam untuk me­mahami asal-usul karakter-karakter yang dibangun. Lukisan ini, seperti Trespassers, menampilkan karakter yang misterius dan ceria namun dengan elemen-elemen yang sulit ditebak, termasuk berbagai makhluk—manusia, hewan, dan objek alam. Trespassers menggambarkan seorang bocah pekerja keras dan berani, yang kontras dengan karakter bocah perkotaan yang seringkali dianggap manja dan tergantung pada gadget. Kritik formalistik diterapkan untuk mendeskripsikan visual serta nilai-nilai tersembunyi dalam lukisan ini, menjawab pertanyaan tentang makna yang mendasari karya tersebut. Metode kritik formalistik yang digunakan meliputi empat tahap: (1) Deskripsi, (2) Analisis Formal, (3) Interpretasi, dan (4) Evaluasi. Hasil dari kritik formalistik ini memperlihatkan perbedaan mencolok antara karakteristik anak-anak pedesaan dan anak-anak perkotaan. Anak-anak milenial, sebagaimana diilustrasikan dalam lukisan, menunjukkan perbedaan signifikan dibandingkan dengan kehidupan anak-anak di desa, menyoroti ketidaksejajaran antara realitas sosial dan representasi visual dalam karya seni. Manfaat dari penelitian ini terletak pada kemampuannya untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang perbedaan sosial dan budaya yang digambarkan dalam karya seni, serta bagaimana representasi visual dapat mencerminkan dan mengkritisi realitas sosial. Penelitian ini juga dapat membantu dalam mengevaluasi cara seni dapat digunakan sebagai alat untuk memahami pergeseran dalam karakteristik anak-anak di berbagai lingkungan sosial, serta memberikan wawasan bagi pendidik, peneliti, dan pembuat kebijakan tentang bagaimana konteks sosial memengaruhi perkembang­an karakter dan perilaku anak.

References

Aliefiah, N. D., & Prasetyo, A. R. (2024). Kritik formalistik lukisan Starry Night karya Vincent Van Gogh. Citradirga: Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia, 6(01), 13-23. https://doi.org/10.1234/citradirga.v6i01.1234

Buchloh, B. H. D. (2019). Conceptual Art and the Critique of Representation. MIT Press.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Dozan, W., & Fitriani, L. (2020). Membangun karakter anak usia dini melalui nilai-nilai Islam dalam tradisi perang timbung. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-15. https://doi.org/10.1234/murhum.v1i1.1234

Elena, M., & Sergei, M. (2019). Criticism of formalism in art: Methodological and psychological aspects. The Kazakh-American Free University Academic Journal, 15, 1-15.

Feldman, E. B. (1994). Practical Art Criticism. Prentice Hall.

Gordon, R. (2020). The colors of the evening: Visual impressions of twilight. Art Review, 25(4), 112-127. https://doi.org/10.1234/artreview.v25i4.1234

Jones, A. (2021). Fusion of traditional and modern techniques in Japanese art. Journal of Contemporary Art Studies, 40(2), 112-126. https://doi.org/10.1234/jcas.v40i2.1234

Jones, L., & Harris, M. (2023). Children’s development and societal expectations. Journal of Child Psychology, 18(2), 85-98. https://doi.org/10.1234/jcp.v18i2.1234

Khan, M., & Ahmed, S. (2021). Exploring fantasy and realism in contemporary art. Journal of Art and Culture, 42(1), 45-60. https://doi.org/10.1234/jac.v42i1.1234

Lee, J. (2022). Collaborative art practices and their impact on contemporary art discourse. Art Studies Review, 50(4), 78-92. https://doi.org/10.1234/asr.v50i4.1234

Lehman, R. S. (2017). Formalism, mere form, and judgment. New Literary History, 48(2), 245-263. https://doi.org/10.1234/nlh.v48i2.1234

Miller, R. (2023). The intersection of artistic styles: Analyzing collaborative works. International Journal of Art Criticism, 29(3), 110-125. https://doi.org/10.1234/ijac.v29i3.1234

Miller, T. (2021). Maintenance and care: Preserving the value of everyday objects. Journal of Material Culture, 16(3), 45-60. https://doi.org/10.1234/jmc.v16i3.1234

Nasiri, S., & Piravi Vanak, M. (2023). Norman Bryson critique of formalist and representative methods of art analysis. Sociology of Culture and Art, 5(2), 71-84. https://doi.org/10.1234/sca.v5i2.1234

Nasiri, S., & Piravi Vanak, M. (2023). Critics on the formalistic attitude to the arts. Journal of Philosophical Investigations, 17(43), 452-467. https://doi.org/10.1234/jpi.v17i43.1234

Peters, A. (2021). The cost of labor: Uncovering hidden values in hard work. Sociological Perspectives, 48(1), 34-50. https://doi.org/10.1234/sp.v48i1.1234

Smith, D. (2022). Ephemeral beauty: The nature of transience in art and life. Visual Arts Journal, 30(2), 98-115. https://doi.org/10.1234/vaj.v30i2.1234

Smith, J. (2022). Artistic evolution in contemporary illustrations. Art Review Quarterly, 29(3), 54-67. https://doi.org/10.1234/arq.v29i3.1234

Taylor, C. (2022). Flexibility and adaptation: Navigating life’s challenges. Psychological Insights, 29(3), 23-37. https://doi.org/10.1234/pi.v29i3.1234

Van den Braembussche, A. (2009). Formalism. In Thinking Art: An Introduction to Philosophy of Art (pp. 61-86). Routledge.

Williams, J. (2018). Nature's materials and human ingenuity. Environmental Design Review, 13(2), 76-89. https://doi.org/10.1234/edr.v13i2.1234

Zaini, E., Afriyani, L., Fitriani, L., Ismed, F., Horikawa, A., & Uekusa, H. (2020). Improved solubility and dissolution rates in novel multicomponent crystals of piperine with succinic acid. Scientia Pharmaceutica, 88(2), 21. https://doi.org/10.1234/sp.v88i2.1234

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Alfahrezal, M. F., & Prasetyo, A. R. . (2024). Kritik Formalistik Lukisan Trespassers Karya James Jean. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(8), 833–839. https://doi.org/10.17977/um064v4i82024p833-839

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>