Pengembangan Media 中印节日 [zhōng yìn jiérì] Berbasis Powtoon untuk Mata Kuliah Pemahaman Lintas Budaya Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UM
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i92023p1281-1294Keywords:
PowToon, 中印节日, zhōng yìn jiérì, intas budayaAbstract
Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa media pembelajaran中印节日 [zhōng yìn jiérì] berbasis PowToon. Media pembelajaran中印节日 [zhōng yìn jiérì] merupakan media pembelajaran untuk mempelajari hari raya di Tiongkok dan Indonesia melalui bantuan audio visual. Pada penelitian dan pengembangan ini, diterapkan model ADDIE sebagai prosedur penelitian. Penelitian ini menggunakan lembar angket sebagai instrumen untuk mengumpulkan data kualitatif dari ahli materi, ahli media, dan subjek penelitian. Sebelum diimplementasikan, media pembelajaran中印节日 [zhōng yìn jiérì] sebagai produk pengembangan divalidasi terlebih dahulu oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk pengembangan ini sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran selanjutnya, media 中印节日 [zhōng yìn jiérì] diujicobakan kepada 56 mahasiswa yang memprogram Mata Kuliah Pemahaman Lintas Budaya. Berdasarkan hasil uji coba, media pembelajaran 中印节日 [zhōng yìn jiérì] menarik, dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari materi, dan dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri.
Kata kunci: pengembangan; media中印节日 [zhōng yìn jiérì] berbasis PowToon; mata kuliah pemahaman lintas budaya
The Development of PowToon-Based Media 中印节日 [zhōng yìn jiérì] for Cross Cultural Understanding Course Chinese Language Teaching UM
This development aimed to produce a development product in the form of中印节日 [zhōng yìn jiérì] learning media based on PowToon. 中印节日 [zhōng yìn jiérì] learning media is a learning media for learning feast day in China and Indonesia through audio visual assistance. In this research and development, ADDIE model was applied as the research procedure. This research employed questionnaire sheet as the research instrument for collecting the qualitative data from material expert, media expert, and research subject. Before being implemented, 中印节日 [zhōng yìn jiérì] learning media as the development product was validated first by material expert and media expert. The validation result showed that this development product was feasible to be used as a learning media, then, 中印节日 [zhōng yìn jiérì] learning media was tested on 56 students. Based on the test results, 中印节日 [zhōng yìn jiérì] learning media was attractive and could help students learn the material, and could be used as the facility of independent learning.
Keywords: developing; PowToon-Based Media 中印节日 [zhōng yìn jiérì]; cross cultural understanding course
References
Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68-72. Dari http://www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf.
Asror, B. M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Pada Pokok Bahasan Laporan Keu-angan Perusahaan Jasa. Journal of Accounting and Business Education, 1(1). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6008.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Atoel, Roby. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Azhar, Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Basri, M., Sumargono, & Fadli, F.F. (2021). The Effect of Using the Powtoon Application on Student Learn-ing Motivation. Review of International Geographical Education (RIGEO), 11(5), 4018-4024. DOI: 10.48047/rigeo.11.05.283.
Costley, K. C. (2014). The Positive Effects of Technology on Teaching and Student Learning. Ar-kansas Tech University.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Departemen Sastra Jerman. (2020). Katalog Jurusan Sastra Jerman. Malang: Fakultas Sastra.
Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Da-lam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104-114. Dari https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/950.
Kunto, I., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021) Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108-120. https://doi.org/10.21009/JPI.041.14
Jatiningtyas, N. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran PowToon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial di SMP Negeri 15 Semarang. Skripsi tidak diter-bitkan. Semarang: UNNES.
Lintangsari, A. S. (2018). Pengembangan Kamus 成语 [chěngyǔ] Peribahasa Mandarin Bagi Mahasiswa Pro-gram Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UM.
Leshin, C.B.J. Pollock, dan C.M. Reigeluth. (1992). Instruction Design Strategies and Tactics Englewood Cliffs. New Jersey: Educational Technology Publisher,
Mardasari, O. R. (2019). 在汉语教学中基于 Powtoon 的动画视频教学媒体的研发. International Seminar on Language, Education and Culture, Malang, 14-15 September 2019.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.
Purwono, J. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 127-144. Dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id.
Putri, E. F. (2021). Media Pembelajaran PowToon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 198-205. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.34339
Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, Jakarta, 2020.
Raja, R. & Nagasubramanian, P. C. (2018). Impact of Modern Technology in Education. Journal of Applied and Advanced Reasearch, 3(1), 33. DOI: 10.21839/jaar.2018.v3iS1.165.
Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.
Richey, R. C. & Klein, J. D. (2014). Design and Development Research: Methods, Strategies, and Issues. Handbook of Research on Educational Communications and Technology.
Saragih, S. & Lubis, H. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Yang Menarik. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1-15. DOI: 10.30829/taz.v7i1.265
Sari, M. & Rohayati, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Sebagai Bahan Pengamatan Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik Pembelajaran Dasar-Dasar Perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(1), 1-7. Dari http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/18420.
Seels, B.B. & Richey, R.C. (1994). Instructional technology: the definition and domains of the field. (Ter-jemahan Yusuf Hadi Miarso, Dewi S Prawiradilaga & Raphael Rahardjo. IPTPI.)
Suhendra, I. Enawaty, E. & Melaty, H. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Powtoon ter-hadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Unsur Senyawa Campuran. Jurnal Pendidikan dan Pem-belajaran Khatulistiwa, 7(3), 1-8. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i3.24238
Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Pendidikan Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2(1), 774-783. https://doi.org/10.30998/prossnp.v1i0.29
Trina, Z., Kamaruddin, T., & Purnomowati, D. R. (2017). Penerapan Media Animasi Audio Visual Menggunakan Software PowToon untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS SMP Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 2(2), 156-169. Dari http://www.jim.unsyiah.ac.id/geografi/index
Widyawati, E. (2021). Pengembangan Media Video Berbasis PowToon pada Pembelajaran Tematik Tema Berbagai Pekerjaan Kelas IV SD/MI. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: UIN Raden Intan.
Wijaya, A. M., Arifin, I. F., & Badri, M. I. (2021). Media Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Belajar Man-diri di Masa Pandemi dalam Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Sandhyakala, 2(2), 1-10. https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i2.562
Wulandari, Y. Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis PowToon Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269-279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835
Widiyasanti, M. & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1-16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Faradilla Rizky Dwiyanti, Rosyidah, Amira Eza Febrian Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.