Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Passiv Raum untuk Materi Passivsatz pada Mata Kuliah Struktur und Wortschatz II
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i22023p220-235Keywords:
learning Media, android, PassivsatzAbstract
Pengembangan media pembelajaran berbasis Android untuk materi passivsatz pada mata kuliah Struktur und Wortschatz II dilatarbelakangi oleh kurangnya media ajar yang menarik bagi maha-siswa. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) peneliti menghasilkan produk berupa media pembelajaran ber-basis Android untuk materi passivsatz pada mata kuliah Struktur und Wortschatz II dan (2) peneliti menentukan kelayakan media pembelajaran berdasarkan pendapat ahli dan persepsi mahasiswa. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) dengan memanfaatkan model pengembangan ADDIE. Mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang menjadi sasaran uji coba dalam penelitian ini. Tahapan dalam penelitian ini meliputi: (1) analysis; (2) design; (3) development; (4) implementation; dan (5) evaluation. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup yang dibagikan kepada para ahli dan Google Forms yang dibagikan kepada mahasiswa untuk memperoleh data penilaian terhadap produk. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran berbasis Android yang diberi nama “Passiv Raum“ berisikan empat bagian materi dan satu bagian evaluasi. Di dalam produk ini juga terdapat ilustrasi dan animasi pendukung supaya lebih menarik. Hasil penilaian ahli dan mahasiswa yang dihitung menggunakan skala Likert dan selanjutnya dipersentase menunjukkan skor rata-rata 94,6 persen. Berdasarkan skor tersebut, media pembelajaran “Passiv Raum” layak digunakan sebagai bahan ajar mandiri.
Kata kunci: media pembelajaran; Android; Passivsatz
The Development of an Android-Based Learning Passiv Raum for Passivsatz-Material in Struktur und Wortschatz II Course
The Development of an Android-Based Learning Media “Passiv Raum” for Passivsatz-Material in Struktur und Wortschatz II Course is motivated by the absence of interesting teaching materials for students. The points of this research are: (1) to produce a product in the form of Android-based learning media for Passivsatz and (2) to test the viability of learning media based on the opinions of experts and students. This research is research and development (R&D) using the ADDIE deve-lopment model. This research was tested on students of the German Language Education Study Program, State University of Malang. The stages in this research include: (1) analysis; (2) design; (3) development; (4) implementation; and (5) evaluation. The data collection method uses closed ques-tionnaires and Google Forms which are distributed to experts and students to obtain product evaluation data. The resulting product is an Android-based learning media “Passiv Raum“ which contains four material sections and one evaluation section. The results of expert and student assess-ments were calculated using a Likert scale and percentaged, then an average score of 94.6 percent was obtained. Based on the results of these data, the learning media "Passiv Raum" is very feasible and suitable for use as independent teaching materials.
Keywords: learning media; Android; Passivsatz
References
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran (Ed. Revisi). Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.
Darmiyati, D. (2020). Penilaian Unjuk Kerja dalam Pengembangan Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 74. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8532
Dewi, F. K. K. U. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android “Funologie” untuk Materi Peta dan Sistem Fonem Bahasa Jerman pada Matakuliah Deutsche Phonologie. Journal DaFIna, 2, 9.
Evianty, R., & Hafniati, H. (2018). Effectiveness of the Use of Rap Song on the Vocational Conjugation Ability of German Language Students. In: Proceedings International Seminar, Digital Library of Medan State University. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31590
Fazriyah, I. N. (2020). Analisis Metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. FKIP UNPAS. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49923
Fuada, S. (2015). Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri. 9.
Hamdani, A. (2018). Model Induktif: Sebuah Tawaran dalam Mengajarkan Struktur Kalimat. PEDAGOGIA, 15(3), 202. https://doi.org/10.17509/pdgia.v15i3.11016
Hardiyanti, A. S. (2014). Makna Pasif dalam Konstruksi Kalimat Aktif Bahasa Jerman dalam Roman Träume Wohnen Überall Karya Carolin Philipps. 95. https://doi.org/10.21831/10.21831/TLv1i1
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652
Islami, M. Z. (2017). Analisis Kalimat Pasif dalam Teks Bahasa Jerman. Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://repository.upi.edu/id/eprint/30840
Jurusan Sastra Jerman UM. (2019). Katalog Jurusan Sastra Jerman Edisi 2019. Retrieved from https://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/Katalog-JSJ-Final-Edition-13-Agustus-2019.pdf
Malia, L. (2006). Penyebab Kesalahan Penggunaan Kalimat Pasif Bahasa Jerman dan Pemecahannya. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/131568309/penelitian/Penyebab+Kesalahan+.....pdf
Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49. https://doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan UI/UX Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171
Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMPN 3 Kecamatan Pangkalan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 4(2), 121. https://doi.org/10.30983/educative.v4i2.2340
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Saidi, S. M. (2016). Fungsi Pelaku dalam Kalimat Pasif Bahasa Indonesia. Paramasastra, 3(2). https://doi.org/10.26740/parama.v3i2.1526
Saputra, R. H., Baba, J. A., & Siregar, G. Y. K. S. (2018). Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Modifikasi Skala Likert dengan Metode Simple Additive Weighting. Explore: Jurnal Sistem informasi dan telematika, 9(1), 15. https://doi.org/10.36448/jsit.v9i1.1025
Sholekha, I., & Mulyono, D. (2021). Penggunaan Kalimat Aktif dan Pasif pada Novel “Rindu” oleh Tere Liye Kajian Sintaksis. 8, 11.
Suprato, D. (2012). Analisis Kontrastif Kalimat Pasif Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris. Humaniora, 3(1), 290. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i1.3314
Universitas Negeri Malang. (2018). Pedoman Akademik 2018 Final 12 Nopember 2018. iro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, Informasi, dan Kerjasama (BAKPIK) Universitas Negeri Malang. Retrieved from https://um.ac.id/wp-content/uploads/2019/05/Pedoman-Akademik-2018-Final-12-Nopember-2018.pdf
Warsitasari, W. D., & Rofiki, I. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android Financial Calculator: Bukti pada Pemecahan Masalah Matematis. Vygotsky, 4(2), 93. https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.568
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289
Yuntoto, S. (2015). Pengembangan Aplikasi Andorid sebagai Media Pembelajaran Kompetensi Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik pada Siswa Kelas XI SMKN 2 Pengasih. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 176.
Zamani, A. Z., & Nurcahyo, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. 12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alifia Nur Fauziah, Rosyidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.