Pengembangan Media 一起学习汉语 Berbasis Aplikasi TikTok pada Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin HSK 2 SMA 2 Malang

Authors

  • Ummi Jadidatul Izza Universitas Negeri Malang
  • Dewi Kartika Ardiyani Universitas Negeri Malang https://orcid.org/0000-0002-0513-445X
  • Amira Eza Febrian Putri Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i122021p1658-1674

Keywords:

Pengembangan, Media, Video, TikTok, Kosakata

Abstract

Abstract: The purpose of this research and development is to develop a learning video based on the TikTok application on the mastery of Chinese HSK 2 vocabulary by adjusting the Chinese language learning theme for high school students in 11th grade, namely family and everyday life. This research and development uses the ADDIE model, which consists of five development steps: analysis, design, development and implementation The subjects in this study is  students in 11th-grade of 2th Senior High School of Malang.. The product has been validated by media experts and has undergone small-scale trials and implementations. The data were obtained through a questionnaire validated by media experts, material experts, small-scale trials, implementation. The results proved that the video一起学习汉语 [yīqǐ xuéxí hànyǔ] (learning Mandarin together) based on the TikTok application could help students master Chines vocabulary and make learning Chinese vocabulary easier and more varied. From the result of media validation, materials, student questionnaires and video observation media based on the TikTok application, it is appropriate to use it as a medium for learning Chinese vocabulary.

Keywords: development; media; video; TikTok; vocabulary

Abstrak: Tujuan penelitian dan pengembangan ini ialah untuk mengembangkan suatu media video pembelajaran berbasis aplikasi TikTok pada penguasaan kosakata bahasa Mandarin HSK 2 dengan menyesuaikan tema pembelajaran bahasa Mandarin kelas XI SMA yaitu keluarga dan kehidupan sehari-hari. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan pengembangan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa lintas minat bahasa Mandarin SMA 2 Malang kelas XI. Produk telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, serta telah melalui uji coba skala kecil dan implementasi. Data diperoleh memalui angket validasi ahli media, ahli materi, uji coba skala kecil, imlementasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video一起学习汉语 [yīqǐ xuéxí hànyǔ] (Belajar Mandarin Bersama) berbasis aplikasi TikTok dapat membantu siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Mandarin serta pembelajaran kosakata bahasa Mandarin lebih mudah dan berfariatif. Dari hasil validasi media, materi, angket siswa dan observasi media video berbasis aplikasi TikTok ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Mandarin.

Kata kunci: pengembangan; media; video; TikTok: kosakata

References

bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra 6(1):147–57. DOI: 10.30595/MTF.V6I1.7824.

Aji, W.N. 2018. Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia 431:431–40.

Batubara, H.H & and Delila, S.B. 2020. Penggunaan video tutorial untuk mendukung pembelajaran daring di masa pandemi virus corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 5(2):74–84. doi: 10.31602/MUALLIMUNA.V5I2.2950.

Bulele, Y.N., & Wibowo, T. 2020. Analisis fenomena sosial media dan kaum milenial: studi kasus tiktok | konferensi bisnis, ilmu sosial dan teknologi inovasi. Jurnal Conference Business, Social Sciences and Innovation Technology. 1(1):571. Dari https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1463.

Diplan. 2019. Tantangan Pendidik Di Era Digital. Jurnal Ilmiah Kependidikan 14(02):41–47. DOI: https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.888.

Fraja, D., Heiriyah, A., & Hamzah. 2019. Peran guru bimbingan dan konseling dalam menerapkan minat membaca pada siswa di smp negeri 31 banjarmasin abstrak. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur.

Ganggi, R.I.P. 2018. Materi Pokok Dalam Literasi Media Sosial Sebagai Salah Satu Upaya Mewujudkan Masyarakat Yang Kritis Dalam Bermedia Sosial. Anuva 2(4):338–45. doi: 10.14710/anuva.2.4.337-345.

Hasilohan, T.P., Pratami, R., & Wahid, U. 2020. Pemanfaatan media sosial tik tok sebagai media kampanye gerakan cuci tangan di indonesia untuk mencegah covid-19.Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi 5(2):70–80. DOI: 10.36341/CMV.V5I2.1278.

Kusuma, P.W. 25 Februari 2020. Di Balik Fenomena Ramainya TikTok Di Indonesia. Kompas. Hlm 1.

Muliani., Saud. S., & Junaeny, A. 2021. Penerapan Metode Dikte 听写 (Tīngxiě) Dalam Peningkatan Kosakata Bahasa Mandarin. Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1):27–33. Dari https://ojs.unm.ac.id/INTERFERENCE/article/view/19153/10136.

Nurjannah. 2016. Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Kartu Huruf Bergambar Siswa Kelas II Sdn 5 Soni - Neliti. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8):290–313. Dari https://media.neliti.com/media/publications/119169-ID-peningkatan-kemampuan-penguasaan-kosakat.pdf.

Nursila, S. 2016. Keefektifan Media Amplop Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Pada Siswa Kelas Xii Man Mojosari Mojokerto Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan. Dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/2035.

Panggabean, N.H., & Danis, A. 2020. Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains - Nurul Huda Panggabean, Amir Danis - Google Buku. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Putrawangsa, S., & Uswatun, H. 2018. Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif 16(1):42–54. DOI: 10.20414/JTQ.V16I1.203.

Putri, W.S.R., Nunung, N., & Meilanny, B.S. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1). DOI: 10.24198/jppm.v3i1.13625.

Rachmadhani, F, R. 2020. Pengaruh Permainan Charade Dengan Media Gambar Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Pada Siswa Kelas X IPA 5 SMA NU 1Gresik. Jurnal Pendidikan. 3(1):1–7.

Sari, Ria, P. 2014. Meningkatkan kosakata anak usia 4-5 tahun melalui media video di paud al-mujadid lubuk linggau. Universitas Bengkulu. Dari http://repository.unib.ac.id/8692/1/I%2CII%2CIII%2CII-14-ria.FK.pdf.

Semita, M, D. 2013. Buku Pintar Hanyu Yufa Tata Bahasa Mandarin. Yogyakarta: ogyakarta: Pustaka Widyatama.

Susilana, R., & Cepi, R. 2011. Media pembelajaran: Hakikat,Pengembangan,Pemanfaatan,Dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Umam, K. 2013. Penerapan media digital dalam pembelajaran apresiasi batik kelas x sma negeri 1 blega. Jurnal Pendidikan Seni Rupa 1(01):100–105. Dari https://media.neliti.com/media/publications/246793-penerapan-media-digital-dalam-pembelajar-2cae37c2.pdf.

Warini, N, L., Ni, Putu, E, S, D., Putu, C, S., & Putu, C, D. 2020. Daya Tarik Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Online. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA) 0(0):27–34.

Weimann, Gabriel., & Masri, N. 2020. Research Note: Spreading Hate on TikTok.”Taylor Francis Online. DOI: 10.1080/1057610X.2020.1780027.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Izza, U. J., Ardiyani, D. K. ., & Putri, A. E. F. . (2021). Pengembangan Media 一起学习汉语 Berbasis Aplikasi TikTok pada Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin HSK 2 SMA 2 Malang. Journal of Language Literature and Arts, 1(12), 1658–1674. https://doi.org/10.17977/um064v1i122021p1658-1674

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)