Ironi Kemunduran Moral dalam Puisi Kepada Peminta-minta Karya Chairil Anwar dan Subuh Karya Amir Hamzah: Pendekatan Sosiologi Sastra
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v2i32022p287-299Keywords:
sosiologi sastra, ironi, moralAbstract
Abstract: This study aims to describe the irony of moral decline in the poems "Kepada Peminta-minta" by Chairil Anwar and "Subuh" by Amir Hamzah. This analysis uses a sociological approach to literature which focuses on human problems and the social environment. The results of the research are descriptive text obtained from collecting in-depth and detailed information to find things related to the formulation intended by the author. The data contained in this analysis are in the form of words, sentences and paragraphs that show data that explains the irony of moral decline in the object of analysis in the form of the poems. This research is qualitative research using a descriptive method to observe the irony of moral decline in the two poems. The results of this analysis show that the forms of moral decline are (1) loss of sense of responsibility and (2) negligence caused by laziness in oneself. The analysis also shows the factors that cause moral decline, namely (1) the living environment, (2) internet technology (3) the influence of parenting patterns, and (4) internal factors within. The analysis of this saga can be used as an alternative source of knowledge and learning media in the future.
Keywords: sociology of literature; irony; morals.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ironi kemunduran moral dalam puisi "Kepada Peminta-minta" karya Chairil Anwar dan “Subuh” karya Amir Hamzah. Analisis ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra yang mana terfokus pada permasalahan manusia dan lingkungan sosial. Hasil penelitian berbentuk uraian deskriptif yang diperoleh dari pengumpulan informasi secara mendalam dan terperinci untuk menemukan hal-hal yang berhubungan dengan rumusan yang dituju oleh penulis. Data yang terdapat dalam analisis ini berupa kata, kalimat maupun paragraf yang menunjukkan data-data yang menjelaskan paparan mengenai ironi kemunduran moral dalam objek analisis yang berupa puisi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengamati bagaimana ironi kemunduran moral dalam kedua puisi. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa bentuk kemunduran moral dalam kedua puisi adalah (1) hilangnya rasa tanggung jawab dan (2) kelalaian yang diakibatkan kemalasan dalam diri. Analisis juga menunjukkan faktor penyebab adanya kemunduran moral yakni (1) lingkungan tempat tinggal; (2) teknologi internet; (3) pengaruh pola asuh orang tua; dan (4) faktor internal dalam diri. Analisis dari hikayat ini dapat dijadikan sebagai alternatif sumber ilmu pengetahuan dan media pembelajaran kedepannya.
Kata Kunci: sosiologi sastra; ironi; moral.
References
Chastanti, I., & Munthe, I. K. (2019). Analisis penggunaan internet terhadap moral knowing tentang narkotika pada Siswa Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 8(1), 1–9. doi: http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1104
Damono, S. D. (2020). Sosiologi sastra: Sebuah pengantar singkat. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen.
Dasopang, M. A., & Montessori, M. (2018). Lingkungan dan kebiasaan orangtua sangat berpengaruh terhadap perilaku dan sikap moral anak (Studi di kelurahan Flamboyan Baru kecamatan Padang Barat RT 01). Journal of Civic Education, 1(2), 98–107. doi: https://doi.org/10.24036/jce.v1i2.198
Husen, M. (2018). Proses pembentukan perilaku manusia ditinjau dari hadis (Undergraduate thesis, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh). Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4826
Ironi. (2012). KBBI Daring. Retrieved December 19, 2021 from https://kbbi.web.id/ironi
Jamaludin, A. N. (2016). Dasar-dasar patologi sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Kasmi, H. (2016). Kajian ironi dalam Antologi Puisi Negeri di atas Kabut karya Sulaiman Juned. Jurnal Metamorfosa, 4(2), 1–7. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/150/123
Muntako, F. F. (2020). Tinjauan sosiologis sastra dalam puisi "Syair Orang Lapar" karya Taufik Ismail. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 433–438. doi: http://dx.doi.org/10.22460/p.v3i3p433-438.4868
Prastowo, A. (2014). Pemenuhan kebutuhan psikologis peserta didik SD/MI melalui pembelajaran tematik-terpadu. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 1(1), 1–13. Retrieved from http://journal.uad.ac.id/index.php/jpsd/article/view/538
Pratama, D. Y. (2016). Peranan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menanggulangi degradasi moralitas peserta didik (Studi deskriptif di SMA Negeri 1 Sukahaji kabupaten Majalengka) (Undergraduate thesis, Universitas Pasundan, Bandung). Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13232
Siregar, A. (2004). Peranan strategis media massa dalam pembangunan jati diri bangsa: Antara cita dan realita. Jakarta: Forum Diskusi Kebudayaan Bappenas.
Soemanto, B. (1993). Jagat sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.
Susilo, R. (2014). Sosiologi lingkungan. Jakarta: Grafindo.
Tarigan, H. G. (1991). Prinsip-prinsip dasar sastra. Bandung: Angkasa.
Vitriana, A. M. (2014). Penanda dan fungsi gaya bahasa ironi, sinisme, dan sarkasme dalam novel Boulevard De Clichy Agonia Cinta Monyet karya Remy Sylado (Undergraduate thesis, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta). Retrieved from http://repository.usd.ac.id/id/eprint/25530
Wellek, R. & Warren, A. (1993). Teori kesusastraan (M. Budianta, Trans.). Jakarta: Gramedia.
Wiyatmi. (2013). Sosiologi sastra: Teori dan kajian terhadap sastra Indonesia. Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Yolanda, C. & Fatmariza. (2019). Pergeseran nilai-nilai moral masyarakat dan implikasinya terhadap moralitas remaja di kecamatan IV Nagari Bayang Utara kabupaten Pesisir Selatan (Kasus hamil diluar nikah). JCE: Journal of Civic Education, 2(3), 182–189. doi: https://doi.org/10.24036/jce.v2i3.152
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tuti Awalia, Vivian, Karkono Karkono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.