ANALISIS KETERBACAAN TEKS BACAAN BERDASARKAN KRITERIA SMOG DAN KESESUAIAN PERTANYAAN BERDASARKAN KRITERIA LITERASI MEMBACA AKM DALAM BUKU SISWA BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA SD/MI KELAS IV
Keywords:
kesesuaian pertanyaan, keterbacaan, literasi membaca, teks bacaanAbstract
Abstrak : Artikel ini berisi penelitian mengenai analisis tingkat keterbacaan teks bacaan berdasarkan kriteria SMOG dan kesesuaian pertanyaan berdasarkan literasi membaca AKM dalam buku siswa bahasa Indonesia kelas IV kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menganalisis isi dokumen berupa teks bacaan pada buku siswa bahasa Indonesia kelas IV kurikulum merdeka. Penelitian ini menganalisis teks bacaan meliputi 11 teks bacaan fiksi dan 8 teks bacaan informatif. Hasil dari analisis tingkat keterbacaan berdasarkan kriteria SMOG didapatkan dari 19 teks bacaan hanya terdapat 1 teks bacaan yang sesuai untuk kelas IV SD atau usia 10 tahun. Nilai persentase kesesuaian tingkat keterbacaan pada teks bacaan adalah 5,26 persen sesuai dan 94,74 persen tidak sesuai dengan keterbacaan kriteria SMOG. Hasil analisis pertanyaan berdasarkan kriteria literasi membaca AKM tidak terdapat pertanyaan terkait teks bacaan yang sesuai dengan literasi membaca AKM, sehingga didapatkan nilai persentase 0 persen sesuai dan 100 persen tidak sesuai. untuk mengurangi terjadinya kesalahan pada tingkat keterbacaan dan penyusunan pertanyaan teks informatif yang terdapat dalam buku siswa bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas IV SD, maka perlu diperhatikan keterbacaan yang berdasarkan kriteria SMOG dan untuk tingkat pertanyaan dapat disesuaikan dengan kriteria literasi membaca AKM.
References
Ahyar, D. B. (2019). Analisis teks dalam penelitian kebahasaan (sebuah teori dan aplikatif). Shaut al Arabiyyah, 7(2), 100-120.
Astari, T. (2022). Pengembangan buku teks dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Madako Elementary
School, 1(2), 163-175.
Fauzi, A., Nasrullah, N., & Zakiah, S. (2023). Keterbacaan teks buku ajar berpengaruh terhadap minat membaca siswa madrasah
tsanawiyah. Rausyan Fikr: jurnal pemikiran dan pencerahan, 19(1).
Grabeel, K. L., Russomanno, J., Oelschlegel, S., Tester, E., & Heidel, R. E. (2018). Computerized versus hand-scored health
literacy tools: A comparison of simple measure of gobbledygook (SMOG) and flesch-kincaid in printed patient education
materials. journal of the medical library association, 106(1), 38–45.
Gumono. (2016). Analisis tingkat keterbacaan buku siswa bahasa indonesia kelas vii berbasis kurikulum 2013. Diksa :
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 132–141. https://doi.org/10.33369/diksa.v2i2.3300
Hamidah, I., & Sundari, F. (2023). Membaca dan pengajarannya (bermuatan model membaca teks digital) (1 ed.). Thalibul Ilmi
Publishing & Edition.
https://books.google.co.id/books?id=oAC6EAAAQBAJ&pg=PA116&dq=keterbacaan+smog&hl=id&newbks=1&newbk
s_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwih3P3bje2AAxXlUGwGHZLnCZ0QuwV6BAgOEA
g#v=onepage&q=keterbacaan%20smog&f=falseJurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(12), 2024
Imam, M. C., Laksono, K., & Suhartono. (2019). Keterbacaan teks dalam buku siswa kelas vi sekolah dasar. Jurnal review
pendidikan dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(1), 594. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n1.p594-
Kartowagiran, B. (2021). Pengembangan asesmen nasional berbasis kelokalan. Prosiding seminar nasional sensaseda, 1.
Maharani, B., & Wahidin, W. (2022). Analisis kemampuan literasi peserta didik sekolah dasar dalam menyelesaikan soal
asesmen kompetensi minimum. Jurnal Basicedu, 6(4), 5656–5663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3097
Nugrahani, A. F., Saputri, D. S. D., Iffadah, A. D., Adiwijaya, S. N., & Andrian, F. (2024). Analisis keterbacaan bahan ajar bahasa
indonesia pada kelas i sd berdasarkan grafik Fry. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 46–51.
https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3017
Pebriana, P. H. (2021). Analisis keterbacaan buku teks siswa kelas iv pada tema i dengan menggunakan grafik fry. Jurnal
Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 28–35. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1340
PISA. (2023). PISA 2022 Result. OECD. https://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/webbooks/dynamic/pisacountry-notes/c2e1ae0e/pdf/indonesia.pdf
Rahayu, A. K. (2017). Analisis teks nonsastra dalam buku siswa kelas IV SD semester 1 berdasarkan kriteria SMOG Dan PIRLS
[Skripsi]. Universitas Negeri Malang.
Rini, T. A., Cholifah, P. S., Nuraini, N. L. S., & Margetts, K. (2021). Readiness of elementary teachers in minimum competency
Assessment: Teachers’ competence in arranging literature and numeration tests. Profesi Pendidikan Dasar, 8(2), 156–
https://doi.org/10.23917/ppd.v8i2.16157
Sugiyono. (2022). Metode penellitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (2 ed.). Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2020). Metode penelitian pendidikan (12 ed.). Remaja rosdakarya.
Turama, A. R., Rarasati, S., & Ansori. (2020). Prosa fiksi: pengantar dan beberapa usaha menuliskannya. Karya Pustaka Ilmu.
Wildan, M., Supriadi, D., Irpan, A., Alamsyah, E., Fernandes, A., Muslihah, N. N., & Nuriyanti, R. (2024). Analisis keterbacaan teks
narasi pada buku siswa tematik kelas 3 sekolah dasar semester 1. 6.
Wuryanto, H., & Abduh, M. (2022). Mengkaji kembali hasil PISA sebagai pendekatan inovasi pembelajaran untuk peningkatan
kompetensi literasi dan numerasi. irektorat guru pendidikan dasar.
untuk-peningkatan-kompetensi-li
Zukhrufurrohmah, & Putri, O. R. U. (2021). Pendampingan pengembangan instrumen berciri literasi numerasi dalam
Menyiapkan AKM pada Guru SD. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(2), 249–260.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.