ANALISIS KETERBACAAN TEKS BACAAN BERDASARKAN KRITERIA SMOG DAN KESESUAIAN PERTANYAAN BERDASARKAN KRITERIA LITERASI MEMBACA AKM DALAM BUKU SISWA BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA SD/MI KELAS IV

Authors

  • Ainiyah Aprelianingrum Universitas Negeri Malang
  • Ferril Irham Muzaki Universitas Negeri Malang
  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang

Keywords:

kesesuaian pertanyaan, keterbacaan, literasi membaca, teks bacaan

Abstract

Abstrak : Artikel ini berisi penelitian mengenai analisis tingkat keterbacaan teks bacaan berdasarkan kriteria SMOG dan kesesuaian pertanyaan berdasarkan literasi membaca AKM dalam buku siswa bahasa Indonesia kelas IV kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menganalisis isi dokumen berupa teks bacaan pada buku siswa bahasa Indonesia kelas IV kurikulum merdeka. Penelitian ini menganalisis teks bacaan meliputi 11 teks bacaan fiksi dan 8 teks bacaan informatif. Hasil dari analisis tingkat keterbacaan berdasarkan kriteria SMOG didapatkan dari 19 teks bacaan hanya terdapat 1 teks bacaan yang sesuai untuk kelas IV SD atau usia 10 tahun. Nilai persentase kesesuaian tingkat keterbacaan pada teks bacaan adalah 5,26 persen sesuai dan 94,74 persen tidak sesuai dengan keterbacaan kriteria SMOG. Hasil analisis pertanyaan berdasarkan kriteria literasi membaca AKM tidak terdapat pertanyaan terkait teks bacaan yang sesuai dengan literasi membaca AKM, sehingga didapatkan nilai persentase 0 persen sesuai dan 100 persen tidak sesuai. untuk mengurangi terjadinya kesalahan pada tingkat keterbacaan dan penyusunan pertanyaan teks informatif yang terdapat dalam buku siswa bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas IV SD, maka perlu diperhatikan keterbacaan yang berdasarkan kriteria SMOG dan untuk tingkat pertanyaan dapat disesuaikan dengan kriteria literasi membaca AKM.

References

Ahyar, D. B. (2019). Analisis teks dalam penelitian kebahasaan (sebuah teori dan aplikatif). Shaut al Arabiyyah, 7(2), 100-120.

Astari, T. (2022). Pengembangan buku teks dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Madako Elementary

School, 1(2), 163-175.

Fauzi, A., Nasrullah, N., & Zakiah, S. (2023). Keterbacaan teks buku ajar berpengaruh terhadap minat membaca siswa madrasah

tsanawiyah. Rausyan Fikr: jurnal pemikiran dan pencerahan, 19(1).

Grabeel, K. L., Russomanno, J., Oelschlegel, S., Tester, E., & Heidel, R. E. (2018). Computerized versus hand-scored health

literacy tools: A comparison of simple measure of gobbledygook (SMOG) and flesch-kincaid in printed patient education

materials. journal of the medical library association, 106(1), 38–45.

Gumono. (2016). Analisis tingkat keterbacaan buku siswa bahasa indonesia kelas vii berbasis kurikulum 2013. Diksa :

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 132–141. https://doi.org/10.33369/diksa.v2i2.3300

Hamidah, I., & Sundari, F. (2023). Membaca dan pengajarannya (bermuatan model membaca teks digital) (1 ed.). Thalibul Ilmi

Publishing & Edition.

https://books.google.co.id/books?id=oAC6EAAAQBAJ&pg=PA116&dq=keterbacaan+smog&hl=id&newbks=1&newbk

s_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwih3P3bje2AAxXlUGwGHZLnCZ0QuwV6BAgOEA

g#v=onepage&q=keterbacaan%20smog&f=falseJurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(12), 2024

Imam, M. C., Laksono, K., & Suhartono. (2019). Keterbacaan teks dalam buku siswa kelas vi sekolah dasar. Jurnal review

pendidikan dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(1), 594. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n1.p594-

Kartowagiran, B. (2021). Pengembangan asesmen nasional berbasis kelokalan. Prosiding seminar nasional sensaseda, 1.

Maharani, B., & Wahidin, W. (2022). Analisis kemampuan literasi peserta didik sekolah dasar dalam menyelesaikan soal

asesmen kompetensi minimum. Jurnal Basicedu, 6(4), 5656–5663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3097

Nugrahani, A. F., Saputri, D. S. D., Iffadah, A. D., Adiwijaya, S. N., & Andrian, F. (2024). Analisis keterbacaan bahan ajar bahasa

indonesia pada kelas i sd berdasarkan grafik Fry. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 46–51.

https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3017

Pebriana, P. H. (2021). Analisis keterbacaan buku teks siswa kelas iv pada tema i dengan menggunakan grafik fry. Jurnal

Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 28–35. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1340

PISA. (2023). PISA 2022 Result. OECD. https://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/webbooks/dynamic/pisacountry-notes/c2e1ae0e/pdf/indonesia.pdf

Rahayu, A. K. (2017). Analisis teks nonsastra dalam buku siswa kelas IV SD semester 1 berdasarkan kriteria SMOG Dan PIRLS

[Skripsi]. Universitas Negeri Malang.

Rini, T. A., Cholifah, P. S., Nuraini, N. L. S., & Margetts, K. (2021). Readiness of elementary teachers in minimum competency

Assessment: Teachers’ competence in arranging literature and numeration tests. Profesi Pendidikan Dasar, 8(2), 156–

https://doi.org/10.23917/ppd.v8i2.16157

Sugiyono. (2022). Metode penellitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (2 ed.). Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2020). Metode penelitian pendidikan (12 ed.). Remaja rosdakarya.

Turama, A. R., Rarasati, S., & Ansori. (2020). Prosa fiksi: pengantar dan beberapa usaha menuliskannya. Karya Pustaka Ilmu.

Wildan, M., Supriadi, D., Irpan, A., Alamsyah, E., Fernandes, A., Muslihah, N. N., & Nuriyanti, R. (2024). Analisis keterbacaan teks

narasi pada buku siswa tematik kelas 3 sekolah dasar semester 1. 6.

Wuryanto, H., & Abduh, M. (2022). Mengkaji kembali hasil PISA sebagai pendekatan inovasi pembelajaran untuk peningkatan

kompetensi literasi dan numerasi. irektorat guru pendidikan dasar.

https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--

untuk-peningkatan-kompetensi-li

Zukhrufurrohmah, & Putri, O. R. U. (2021). Pendampingan pengembangan instrumen berciri literasi numerasi dalam

Menyiapkan AKM pada Guru SD. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(2), 249–260.

Downloads

Published

16-08-2024

How to Cite

Aprelianingrum, A., Muzaki, F. I. ., & Rini, T. A. (2024). ANALISIS KETERBACAAN TEKS BACAAN BERDASARKAN KRITERIA SMOG DAN KESESUAIAN PERTANYAAN BERDASARKAN KRITERIA LITERASI MEMBACA AKM DALAM BUKU SISWA BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA SD/MI KELAS IV. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(12), 21. Retrieved from https://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5992

Issue

Section

Articles