PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS 4 SDN JODIPAN MALANG

Authors

  • Muh Arafik Universitas Negeri Malang
  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang
  • Diana Anggiri Chris Dayanti Universitas Negeri Malang

Keywords:

bahasa jawa, problematika

Abstract

Abstrak : Bahasa Jawa merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa daerah yang ada di Indonesia. Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah yang kaya akan budaya dan tradisi di Indonesia. Sebagai orang Jawa ataupun yang tinggal di Jawa sudah sepatutnya untuk melestarikan bahasa Jawa. Upaya-upaya tersebut dilakukan agar sejak usia SD, siswa dapat melestarikan bahasa Jawa dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghindari kepunahan bahasa karena dampak pengaruh budaya luar. Namun pembelajaran bahasa Jawa saat ini khususnya dalam materi aksara Jawa masih memiliki kesukaran dalam mempelajarinya. Dari beberapa hambatan yang diketahui secara umum yang didapatkan oleh peneliti, memunculkan keingintahuan lebih dalam lagi mengenai problematika yang ada pada pembelajaran bahasa Jawa di sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan permasalahan yang ada dalam pembelajaran Bahasa Jawa di kelas 4 SD dengan apa adanya. Dengan menggunakan angket kuisioner dengan skala Likert diperoleh hasil penelitian ini menunjukkan dalam perolehan persentase yang menyatakan bahwa 64.5 persen siswa yang menyatakan setuju jika terdapat permasalahan yang mereka hadapi dalam pembelajaran bahasa Jawa dan terdapat 42 persen yang menyatakan netral atau cukup setuju jika terdapat permasalahan dalam pembelajaran bahasa Jawa.

References

Adriani, E. Y., Subyantoro, S., & Mardikantoro, H. B. (2018). Pengembangan buku pengayaan keterampilan menulis permulaan yang bermuatan nilai karakter pada peserta didik kelas I SD. Jp-bsi (jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia), 3(1), 27-33.

Arafik, M., & Rumidjan, R. (2016). Profil pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa di sekolah dasar. Sekolah dasar: kajian teori dan praktik pendidikan, 25(1), 55-61.

Badrudin, N., & Nurasiah, I. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis deksripsi melalui penerapan metode pembelajaran mind mapping di kelas rendah sekolah dasar. Pedagogik (jurnal pendidikan sekolah dasar), 7(2), 68-77.

Cahyani, A. W. P., & Subrata, H. (2022). Analisis problematika dalam pembelajaran muatan lokal bahasa jawa di sekolah dasar. Jurnal review pendidikan dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(2), 102-110.

Fatmawati, Y., & Wiranti, D. A. (2023). Analisis kesulitan keterampilan berbicara unggah-ungguh bahasa jawa siswa sekolah dasar. Edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 5(5), 2053-2063.

Maulana, M. I., Handayani, T., & Rahayu, W. (2019). Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung melalui metode SAS pada siswa kelas II-B Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(1), 46-51.

Putra, E. A. (2016). Anak berkesulitan belajar di sekolah dasar se-kelurahan kalumbuk padang (penelitian deskriptif kuantitatif). Jurnal penelitian pendidikan khusus, 4(3).

Downloads

Published

16-08-2024

How to Cite

Arafik, M. ., Rini, T. A. ., & Dayanti, D. A. C. (2024). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS 4 SDN JODIPAN MALANG. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(12), 16. Retrieved from https://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5989

Issue

Section

Articles