IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN “KATAK LONCAT” PADA PROSES PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 8
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065.v4.i6.2024.24Keywords:
Implementasi, Media Pembelajaran, Minat BelajarAbstract
Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kemampuan guru untuk
mengintegrasikan media pembelajaran katak loncat dan seberapa efektif itu dalam
meningkatkan minat belajar peserta didik. Menggunakan studi kualitatif dengan
informan kunci adalah guru IPS. Data dikumpulkan melalui observasi dan
wawancara. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis dengan menggunakan teori
versi Miles and Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, verifikasi,
dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa minat peserta didik
terhadap pembelajaran meningkat. Data yang dianalisis menunjukkan bahwa
sebagian besar peserta didik menganggap media pembelajaran katak loncat lebih
menarik dan menyenangkan daripada metode belajar yang lebih lama. Peserta
didik menyatakan bahwa mereka senang dengan pengalaman belajar yang lebih
interaktif dan menyenangkan. Mereka juga menyatakan bahwa mereka lebih
termotivasi untuk terus berpartisipasi dalam pembelajaran. Secara keseluruhan,
tulisan ini meningkatkan pemahaman praktek penggunaan media pembelajaran
katak loncat dalam pembelajaran IPS di SMPN 23 Malang.
References
Arijumiati, R., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Oleh Guru Pada Masa Pandemi
di SDN 1 Lajut Lombok Tengah. Jurnal Ilmial Profesi Pendidikan, 698-704.
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 17-25.
Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. 91-95.
Komalasari, E. (2019). Peran Guru Dalam Media dan Sumber Belajar di Era Disrupsi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan
FKIP, 2, 439-447.
Pebrianti, F. (2019). Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan
Bahasa (Semiba), 93-97.
Rosadi, F., & Karimah, N. A. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Komik. Seminar
Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (SENAPADMA), 87-96.
Sidiq, E. I., & Syaripudin, C. R. (2022). Sumber Belajar dan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Edukasi Nonformal,
-600.
Sudaningsih, I. V. (2020). Interaksi Edukatif antara Pendidik dan Peserta Didik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa
Inggris. Prosiding Seminar Nasional, 301
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.