IMPLEMENTASI LKPD BERBASIS TEKA TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Keywords:
Media pembelajaran, Teka teki silang, Hasil belajarAbstract
Kurangnya minat dan hasil belajar siswa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya yaitu kurangnya penggunaan media yang itu itu saja dan cenderung membosankan terutama pada mata Pelajaran IPS yang kebanyakan materinya adalah bacaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran teka-teki silang pada mata Pelajaran IPS materi uang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan observasi yaitu wawancara dan tes evaluasi. Dengan mempertimbangkan hasil belajar siswa sebelum tindakan 63%, persentase sesudah Tindakan pembelajaran I sebanyak 73% dan persentase sesudah Tindakan pembelajaran II sebanyak 92%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran teka teki silang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Merjosari 4 dianggap berhasil.
References
M.H Abdullah (2017). Penggunaan media teka teki silang untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS kelas v SDN Songgokerto 01 Batu.
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif, Jawa Timur; UMSIDA Pres.
Verina. M.I., Afib. R., Puput W., & Sukimin (2023). Penggunaan Media Teka Teki Silang untuk Meningkatkan Hsil Belajar Siswa Materi Gaya Kelas IV SD. Gresik.
Riyanto, E., Wibowo, T., Purwoko, R. Y., & Purwaningsih, W.I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Sekolah Dasar Berbasis Etnomatika Dengan Setting Candi Borobudur. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM).
Hiasa, F., Youpika, F., & Yanti, N. (2022). Pengembanga Media Pembelajaran Teka Teki silang sastra Melayu Klasik Berbasis Android. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya.
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Jurnal Mimbar Ilmu.
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Depdiknas. (2008) Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tuntas (MasteryLearning). Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Menengah. Direktorat Pembinaan Sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.