PENERAPAN SCAFFOLDING PADA ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT (ZPD) KELAS XI 7 SMAN 1 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065.v4.i3.2024.14Keywords:
Scaffolding, Pendidikan sejarah, Zone of proximal developmentAbstract
Abstrak
Penelitian ini membahas penerapan pendekatan Scaffolding pada mata pelajaran sejarah di kelas XI-7 SMAN 1 Malang. Pendekatan ini memanfaatkan konsep Zona of Proximal Development dengan maksud untuk mencapai kemajuan lebih tinggi dari segi pemahaman dan keterampilan sejarah peserta didik. Dengan teori yang digagas oleh Vygotsky, penelitian ini berusaha mengidentifikasi peran guru dan peserta didik yang lebih berpengalaman dalam memberikan dukungan terhadap proses pembelajaran. Dukungan ini terdiri dari panduan, informasi tambahan, dan umpan balik konstruktif untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran sejarah yang berlangsung. Melalui analisis penerapan Scaffolding dalam konteks pembelajaran sejarah, penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami sejauh mana dampaknya terhadap pemahaman dan keterampilan sejarah peserta didik serta memberi wawasan untuk pembelajaran sejarah yang lebih efektif. Hasil penelitian diharapkan dapat menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang dapat diadaptasi untuk mata pelajaran lain.
References
Agustyaningrum, N., & Pradanti, P. (2022). Teori perkembangan piaget dan vygotsky: bagaimana implikasinya dalam pembelajaran matematika sekolah dasar?. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568-582.
Budiningsih, C. A. (2003). Perkembangan teori belajar dan pembelajaran menuju revolusi sosiokultural vygotsky. Dinamika Pendidikan, 10(1).
Nurhayati, E. (2017). Penerapan scaffolding untuk pencapaian kemandirian belajar siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 3(1), 21-26.
Pernantah, P. S. (2017). Membangun wawasan sejarah lokal siswa dengan penguatan scaffolding dalam pembelajaran sejarah. Diakronika, 17(1), 45-56.
Suparjo, S. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran scaffolding dan kerja kelompok di kelas X TP 2 SMK N 1 Bangkinang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 1681-1692.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.