Implementasi Kegiatan Live-In Sebagai Program Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v3i102023p877-887Keywords:
program implementation, strengthening character education, live-in students, implementasi program, penguatan pendidikan karakterAbstract
Abstract: This study aims to describe the Implementation of Activities Live-in as a Program for Strengthening the Character Education of High School Students. This research uses a qualitative approach to the type of case study. Data collection techniques in this study used interview, observation and documentation techniques. Analysis of the data used in this study was conducted by condensing the data presenting data, and drawing conclusions. The results of this study indicate the strengthening of character education throughactivities Live-in results in changes in the character of students more religious, integrity, independent, national, mutual cooperation and the growth of the value of social care characters in students.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Implementasi Kegiatan Live-in Sebagai Program Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan kondensasi data menyajikan data, dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan Live-in memberi hasil pada perubahan karakter peserta didik lebih religius, berintegritas, mandiri, nasional, gotong royong serta tumbuhnya nilai karakter peduli sosial dalam diri peserta didik.
References
Amri, Jauhari, E. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran (p. 52). Prestasi Pustaka Publisher.
Ardi, N. S. P., Sobri, A. Y., & Kusumaningrum, D. E. (2019). Manajemen Pembinaan Akhlak Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um027v2i22019p17
Ekowarni. (2009). Pedoman Pendidikan Akhlak Mulia Siswa Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Alfabeta.
Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p302
Pengembangan dan Pusat Kurikulum. (2010). Bahan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Kementrian Pendidikan Nasional.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456
Selawati, F., & Sumadi, T. (2019). Kegiatan Live In Dalam Mengembangkan Rasa Empati Siswa: Studi Kualitatif Kegiatan Live In SMP Kolese Kanisius Jakarta. journal.unj.ac.id
Siagian, S. (2003). Filsafat Administrasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Wijayanti, A. (2014). Studi Fenomena Live In Desa Wisata (Studi Kasus Mahasiswa BSI Yogyakarta)”. Khasanah Ilmu.
Yogesti Veny, K., Andri Djatmiko, A., & PKn STKIP PGRI Tulungagung, P. (2019). Pembentukan Karakter Nilai Sosial Siswa Melalui Program Kegiatan Live In Atau Outdoor Activities. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 05(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.