Pelaksanaan Program Adiwiyata untuk Mewujudkan Karakter Peduli Lingkungan di SMP Negeri

Authors

  • Faula Anis Hatami PPG Universitas Negeri Malang
  • Nurul Ratnawati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p273-281

Keywords:

Adiwiyata, karakter peduli lingkungan, SMP Negeri 2 Pakis, prilaku positif

Abstract

Program Adiwiyata adalah salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan sikap peduli terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan Program Adiwiyata terhadap terwujudnya karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 2 Pakis. Metode penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Adiwiyata di SMP Negeri 2 Pakis cukup efektif dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan di kalangan siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan dari segi perilaku, pengetahuan, dan tindakan siswa terkait lingkungan kearah yang lebih positif.

Kata kunci: Adiwiyata, karakter peduli lingkungan, SMP Negeri 2 Pakis

Implementing the Adiwiyata Program to Achieve Environmental Care at State Junior High School

One initiative that attempts to raise knowledge and foster compassionate attitudes toward the environment is the Adiwiyata initiative. The aim of this research is to evaluate the impact of the Adiwiyata Program's implementation on SMP Negeri 2 Pakis environmental care character. The study employs a case study methodology and is qualitative in nature. Literature reviews, interviews, and observation are some methods of gathering data. The outcomes demonstrated how successful the SMP Negeri 2 Pakis Adiwiyata Program was in helping students develop environmentally conscious character traits. This is demonstrated by the way that student behavior, knowledge, and actions regarding the environment have changed for the better.

Keyword: Adiwiyata, environmental awareness character, SMP Negeri 2 Pakis, positive behavior

References

Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57. https://doi.org/10.17977/um009v39i12021p057

Aprilianto, R. N., & Arief, A. (2020). Sekolah Adiwiyata dalam Dimensi Karakter dan Mutu Pendidikan. TRI-HAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i1.7879

Fajar, W. M., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru Melalui Program Adiwiyata dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan di SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 468–474. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40646

Fitriyah, I. J., Nugraheni, D., Hamimi, E., Mulyati, Y., & Az-zahro, A. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Calon Guru melalui PPG Prajabatan Sebagai Bekal PPL dalam Rangka Mencapai SDGs Pendidikan Desa Berkualitas. 12(2), 721–727.

Indrianeu, T. (2020). Model Sekolah Adiwiyata dalam Meningkatkan Kepedulian Warga Sekolah terhadap Lingkungan Di SMP Negeri 10 Tasikmalaya. Geosee, 1(1), 14–20.

Pelita, A. C., & Widodo, H. (2020). Evaluasi Program Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(2), 145–157. https://doi.org/10.17977/um009v29i22020p145

Permana, B. I., & Ulfatin, N. (2018). Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata Man-diri. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p011

Qadariah, N. (2023). Pengembangan Modul Perubahan Lingkungan Berbasis Emotional Spiritual Quotient (ESQ) untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa. Jurnal Jeumpa, 10(2), 322-334.

Rushayati, S. B., Hermawan, R., & Ginoga, L. N. (2023). The role of adiwiyata school in the change of students' knowledge, attitude, and behavior towards the environment. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 13(1), 122-128.

Safitri, A. O., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Memben-tuk Pribadi yang Berkarakter pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5328–5335. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1632

Saputra, M. R. A. (2023). Jejak Sejarah Program Adiwiyata di Indonesia (2006-2022):Dampak dan Keterkai-tannya dengan Agenda Global Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Jurnal Sejarah Dan Budaya, I(2), 232–245. https://doi.org/10.17977/um020v17i22023p232-245

Setiawan, W. (2023). Adiwiyata SMPN 2 Pakis, Pasang Lebih Dari 20 Biopori untuk Konservasi Air. Edukasi Malang Raya. https://inspirasipendidikan.co.id/2023/11/adiwiyata-smpn-2-pakis-pasang-lebih-dari-20-biopori-untuk-konservasi-air/

Sumiati, D. L. (2018). Mewujudkan SMP Negeri 7 Probolinggo Menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 4, 1–10.

Swid, A. (2022). Pengaruh Interaksi Sosial Teman Sebaya terhadap Karakter Peduli Lingkungan Remaja Putri di Kampung Maredan Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Jurnal Pendidikan Nonformal, 17(1), 17-26. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um041v17i1p17-26

Downloads

Published

06/26/2024

How to Cite

Hatami, F. A. ., & Ratnawati, N. . (2024). Pelaksanaan Program Adiwiyata untuk Mewujudkan Karakter Peduli Lingkungan di SMP Negeri. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 273–281. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p273-281

Issue

Section

Articles