Implementasi Penghayatan Nilai Kebhinekatunggalikaan dan Pancasila di SMP sebagai Upaya Penguatan Identitas Manusia Indonesia

Authors

  • Restu Ade Yanti PPG Universitas Negeri Malang
  • Alfi Sahrina Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p245-254

Keywords:

penghayatan, penghargaan, kebhinekatunggalikaan, Pancasila, identitas manusia Indonesia

Abstract

Artikel ini membahas penghargaan dan penghayatan terhadap nilai-nilai Kebhinekatunggalikaan dan Pancasila di SMP Negeri 15 Malang. Dengan mempertimbangkan keberagaman suku, agama, budaya, dan latar belakang peserta didik, penelitian ini mengeksplorasi implementasi nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila dalam ekosistem sekolah. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan mengamati proses pembelajaran dan kegiatan di sekolah. Hasil observasi menunjukkan ada­nya tanda dan simbol, seperti seragam sekolah, kegiatan keagamaan, dan upacara bendera, yang mencerminkan penghargaan terhadap kebhinekaan dan penghayatan nilai-nilai Pancasila. Ekosis­tem di SMP Negeri 15 Malang menonjolkan toleransi, gotong royong, musyawarah, dan keadilan sosial sebagai bagian integral dari kehidupan sekolah. Artikel ini memberikan gambaran konkret tentang bagaimana nilai-nilai tersebut diterapkan dan diinternalisasi dalam pendidikan untuk memperkuat identitas manusia Indonesia.

Kata kunci: penghayatan, penghargaan, kebhinekatunggalikaan, Pancasila, identitas manusia Indonesia

Implementing the Values of Kebhinekatunggalikaan and Pancasila in Junior High School as an Attempt to Strengthen Indonesian Identity

This article discusses appreciation and appreciation for the values of diversity and Pancasila at SMP Negeri 15 Malang. By considering the diversity of ethnicities, religions, cultures and backgrounds of students, this research explores the implementation of the values of Bhinneka Tunggal Ika and Pancasila in the school ecosystem. Qualitative research methods are used by observing the learning process and activities at school. Observation results show that there are signs and symbols, such as school uniforms, religious activities, and flag ceremonies, which reflect appreciation for diversity and appreciation of Pancasila values. The ecosystem at SMP Negeri 15 Malang emphasizes tolerance, mutual cooperation, deliberation and social justice as an integral part of school life. This article provides a concrete picture of how these values are applied and internalized in education to strengthen Indonesian human identity.

Keyword: appreciation, respect, bhinnekatunggalikaan, Pancasila, Indonesian human identity 

References

Ali, N. B. V., Mursalim, Untung, Muslim, A. A., & Zamjani, I. (2017). Pendidikan Kebinekaan Pada Satuan Pendidikan Menengah. https://litbang.kemdikbud.go.id

Fristy, A., Munawiroh, F. L., & Rustini, T. (2023). Analisis Nilai-nilai Bhineka Tunggal IKA untuk Sekolah Me-numbuhkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 135–145.

Hendro, eko punto. (2020). Simbol: Arti, Fungsi, dan Implikasi Metodologisnya. Jurnal Ilmiah Kajian An-tropologi, 3(2), 158–165. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/endogami/article/download/30640/17351

Kurniawan, A., & Arifin, Z. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Kebangsaan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 77–89. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.24432

Li, N. B. V., Mursalim, Untung, Muslim, A. A., & Zamjani, I. (2017). Pendidikan Kebinekaan Pada Satuan Pen-didikan Menengah. https://litbang.kemdikbud.go.id

Muzakkir, M., & Dani, A. U. (2020). Analisis Nilai-Nilai Kebangsaan Dan Kebhinekaan Di Madrasah Madani Alauddin Makassar. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 1–17. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.14938

Pi’i. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kebhinekaan Melalui Pembelajaran Sejarah SMA. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(2), 180–181. https://doi.org/10.17977/um020v11i22017p180

Rafiska. (2023). Analisis Tanda dan Simbol pada Ekosistem Serta Proses Belajar di SMAN 1 Palembang Ten-tang Penghargaan dan Penghayatan Identitas Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), 90–98. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.216

Rahayu, E. D., & Arimbawa, A. A. G. R. (2024). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Reog Bulkiyo dalam Pendidikan Karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(5), 478–485. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p478-485

Rahmawati, A., & Widyastuti, T. (2018). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Nilai Kebinekaan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(4), 67–75. https://doi.org/10.26740/jpk.v3n4.p67-75

Sari, R., Sela, D. P., Sutriyanti, I. R. P, Cahyani, O. G., Jayantari, R. A. D., Putri, S. A., & Akbar, S. (2024). Pen-guatan Profil Guru Pancasila melalui Mata Kuliah Etika dan Profesionalisme Guru. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 226–234. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p226-234

Setiawan, B., & Nugraha, I. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 45–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i2.36782

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sutrisno, B. (2022). Pendidikan Multikultural dan Penguatan Identitas Nasional. Jurnal Multikultural dan Mul-tireligius, 5(1), 23–35. https://doi.org/10.31227/osf.io/8r3nd

Yuliana, Y. (2023). Penerapan Tanda dan Simbol Kebinekatunggalikaan dan Nilai-nilai Pancasila yang Ada di Ekosistem Sekolah dan Proses Pembelajaran di SMA Negeri 11 Palembang. Jurnal Sunan Doe, 1(2), 223–228.

Downloads

Published

06/26/2024

How to Cite

Yanti, R. A. ., & Sahrina, A. . (2024). Implementasi Penghayatan Nilai Kebhinekatunggalikaan dan Pancasila di SMP sebagai Upaya Penguatan Identitas Manusia Indonesia. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 245–254. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p245-254

Issue

Section

Articles