Implementasi Penghayatan Nilai Kebhinekatunggalikaan dan Pancasila di SMP sebagai Upaya Penguatan Identitas Manusia Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p245-254Keywords:
penghayatan, penghargaan, kebhinekatunggalikaan, Pancasila, identitas manusia IndonesiaAbstract
Artikel ini membahas penghargaan dan penghayatan terhadap nilai-nilai Kebhinekatunggalikaan dan Pancasila di SMP Negeri 15 Malang. Dengan mempertimbangkan keberagaman suku, agama, budaya, dan latar belakang peserta didik, penelitian ini mengeksplorasi implementasi nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila dalam ekosistem sekolah. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan mengamati proses pembelajaran dan kegiatan di sekolah. Hasil observasi menunjukkan adanya tanda dan simbol, seperti seragam sekolah, kegiatan keagamaan, dan upacara bendera, yang mencerminkan penghargaan terhadap kebhinekaan dan penghayatan nilai-nilai Pancasila. Ekosistem di SMP Negeri 15 Malang menonjolkan toleransi, gotong royong, musyawarah, dan keadilan sosial sebagai bagian integral dari kehidupan sekolah. Artikel ini memberikan gambaran konkret tentang bagaimana nilai-nilai tersebut diterapkan dan diinternalisasi dalam pendidikan untuk memperkuat identitas manusia Indonesia.
Kata kunci: penghayatan, penghargaan, kebhinekatunggalikaan, Pancasila, identitas manusia Indonesia
Implementing the Values of Kebhinekatunggalikaan and Pancasila in Junior High School as an Attempt to Strengthen Indonesian Identity
This article discusses appreciation and appreciation for the values of diversity and Pancasila at SMP Negeri 15 Malang. By considering the diversity of ethnicities, religions, cultures and backgrounds of students, this research explores the implementation of the values of Bhinneka Tunggal Ika and Pancasila in the school ecosystem. Qualitative research methods are used by observing the learning process and activities at school. Observation results show that there are signs and symbols, such as school uniforms, religious activities, and flag ceremonies, which reflect appreciation for diversity and appreciation of Pancasila values. The ecosystem at SMP Negeri 15 Malang emphasizes tolerance, mutual cooperation, deliberation and social justice as an integral part of school life. This article provides a concrete picture of how these values are applied and internalized in education to strengthen Indonesian human identity.
Keyword: appreciation, respect, bhinnekatunggalikaan, Pancasila, Indonesian human identity
References
Ali, N. B. V., Mursalim, Untung, Muslim, A. A., & Zamjani, I. (2017). Pendidikan Kebinekaan Pada Satuan Pendidikan Menengah. https://litbang.kemdikbud.go.id
Fristy, A., Munawiroh, F. L., & Rustini, T. (2023). Analisis Nilai-nilai Bhineka Tunggal IKA untuk Sekolah Me-numbuhkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 135–145.
Hendro, eko punto. (2020). Simbol: Arti, Fungsi, dan Implikasi Metodologisnya. Jurnal Ilmiah Kajian An-tropologi, 3(2), 158–165. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/endogami/article/download/30640/17351
Kurniawan, A., & Arifin, Z. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Kebangsaan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 77–89. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.24432
Li, N. B. V., Mursalim, Untung, Muslim, A. A., & Zamjani, I. (2017). Pendidikan Kebinekaan Pada Satuan Pen-didikan Menengah. https://litbang.kemdikbud.go.id
Muzakkir, M., & Dani, A. U. (2020). Analisis Nilai-Nilai Kebangsaan Dan Kebhinekaan Di Madrasah Madani Alauddin Makassar. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 1–17. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.14938
Pi’i. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kebhinekaan Melalui Pembelajaran Sejarah SMA. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(2), 180–181. https://doi.org/10.17977/um020v11i22017p180
Rafiska. (2023). Analisis Tanda dan Simbol pada Ekosistem Serta Proses Belajar di SMAN 1 Palembang Ten-tang Penghargaan dan Penghayatan Identitas Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), 90–98. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.216
Rahayu, E. D., & Arimbawa, A. A. G. R. (2024). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Reog Bulkiyo dalam Pendidikan Karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(5), 478–485. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p478-485
Rahmawati, A., & Widyastuti, T. (2018). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Nilai Kebinekaan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(4), 67–75. https://doi.org/10.26740/jpk.v3n4.p67-75
Sari, R., Sela, D. P., Sutriyanti, I. R. P, Cahyani, O. G., Jayantari, R. A. D., Putri, S. A., & Akbar, S. (2024). Pen-guatan Profil Guru Pancasila melalui Mata Kuliah Etika dan Profesionalisme Guru. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 226–234. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p226-234
Setiawan, B., & Nugraha, I. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 45–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i2.36782
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sutrisno, B. (2022). Pendidikan Multikultural dan Penguatan Identitas Nasional. Jurnal Multikultural dan Mul-tireligius, 5(1), 23–35. https://doi.org/10.31227/osf.io/8r3nd
Yuliana, Y. (2023). Penerapan Tanda dan Simbol Kebinekatunggalikaan dan Nilai-nilai Pancasila yang Ada di Ekosistem Sekolah dan Proses Pembelajaran di SMA Negeri 11 Palembang. Jurnal Sunan Doe, 1(2), 223–228.