Permasalahan Guru dalam Pembelajaran Keterampilan Seni Rupa Platform Digital Masa Pandemi di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Eka Kursita Manda Agustina Universitas Negeri Malang
  • Iriaji Universitas Negeri Malang
  • Denik Ristya Rini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p1-9

Keywords:

platform digital, seni rupa, pandemi, miskomunikasi, daring

Abstract

Pandemi COVID-19 mengakibatkan pembelajaran keterampilan khususnya pada mata pelajaran Seni Rupa di Indonesia berubah. Proses pembelajaran melalui daring diberlakukan sebagai solusi alternatif guna menciptakan pembelajaran pengganti untuk pembelajaran di sekolah. Platform digital seperti media teknologi informasi dan komunikasi digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran Seni Rupa daring. Adanya media alternatif tersebut menimbulkan masalah-masalah baru bagi guru Seni Rupa dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap berbagai permasalahan dan solusi guru dalam pembelajaran keterampilan Seni Rupa platform digital masa pandemi di SMPN 2 Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan guru dalam pembelajaran Seni Rupa daring adalah sulitnya menentukan model pembelajaran yang kreatif pada keterampilan Seni Rupa dan sering terjadi miskomunikasi sehingga berpengaruh terhadap penilaian siswa. Solusi untuk masalah yang dihadapi adalah menggunakan fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi yang digunakan berupa rekam, percakapan, gambar, dan video.

Teacher’s Problem in Learning Visual Arts Skills of Digital Platform on Pandemic at Junior High School

The COVID-19 pandemic has changed the learning of skills, especially in Fine Arts subjects in Indonesia. The online learning process is applied as an alternative solution to create substitute learning for learning in schools. Digital platforms such as information and communication technology media are used as alternative media in online learning of Fine Arts. The existence of these alternative media creates new problems for Fine Arts teachers in online learning. This study aims to uncover various problems and solutions for teachers in learning Visual Arts skills on a digital platform during the pandemic at SMPN 2 Malang. This research method uses a qualitative approach by using data collection techniques in the form of observations, interviews, and documents. The results showed that the teacher's problem in online art learning was the difficulty of determining creative learning models for fine arts skills and frequent miscommunication so that affected student assessment. The solution of the problem like the features available in the application is recording, conversation, pictures, and videos.

References

Amelia, I. Z., Suartini, L., & Budiarta, I. G. M. (2021). Pembelajaran Daring Seni Budaya Di Kelas VIII A4 SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 11(2), 80–90. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpsp.v11i2.40125

Amin Mustajab, Syamsijulyanto, T., Zaky Tatsar, M., & Rian Priyadi. (2021). Pemanfaatan Radio Untuk Mengatasi Keterbatasan Jaringan pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 560–565. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4608

Anggraini, P. W., Fauzy, T., & Putri, R. D. (2021). Analisis Kemandirian Siswa dalam Menyelesaikan Tugas-Tugas Pembelajaran Daring Di SMA Karya Ibu Palembang. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 293–303. https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.293-303

Apriastuti, F. P., Djau, N. S., & Muniir, A. (2021). Problematika Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri 11 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(8), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i8.48715

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Febriansyah, A., Nofrianda, E., Setiawan, A., & Lubis, A. (2023). Pembelajaran E-Learning Dengan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 3942–3951.

Febrina, D. (2018). Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses di SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Buana, 2(1), 338–349. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/student.v2i1.81

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Iriaji, Rochbeind, F., & Desta R., K. (2021). Analysis of the Local Wisdom on Character Education within the Transmission System of Pottery Culture in Three Pottery Centres in Malang. KnE Social Sciences, 2021(1), 130–144. https://doi.org/10.18502/kss.v5i3.8534

Kemdikbud. (2019). Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. https://doi.org/http://ppg.fkip.unsyiah.ac.id/wp-content/uploads/2020/01/Edaran-Mendikbud-Nomor-14-Tahun-2019-Tentang-Penyerhanaan-RPP.pdf

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Lestari, S. W. (2020). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam Masa Pandemi Ditinjau dari Media Pembelajaran. Academia: Accelerating the World’s Research, 19(17), 1–7.

Lismaini, L., Hidayah, N., & Hotifah, Y. (2023). Merdeka Belajar sebagai Implementasi Filsafat Konstruktivisme dalam Kurikulum untuk Membangun Pembelajaran yang Memandirikan: Sebuah Kajian Teori. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 2, 29–35.

Merisa, N. (2023). Pengelolaan Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Disiplin Siswa Di SMP Negeri 3 Pangandaran. Sosiosaintika, 1(1), 40–45.

Munte, T. A. D. (2023). Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 5 Sibolga. Khidmat, 1(1), 13–22.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Pernantah, P. S., Nova, N., & Ramadhani, A. S. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Meet dalam Menunjang Keefektifan Belajar Daring Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 45–50. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.991

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.29099

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070

Sari, R. A. (2013). Analisis Perencanaan Pembelajaran Seni di Kelas XI SMK Negeri 4 Padang. SERUPA : The Journal Of Art Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/sr.v2i1.2866

Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Simamora, E. (2019). Perkembangan Inovasi Pembelajaran Seni Budaya Di Era Digital.

Sinaga, D. R., Nasution, F. K., Husna, M., & Sal’ati, H. (2023). Keterampilan Mengelola Kelas dan Disiplin Kelas: Keterampilan, Mengelola Kelas, Disiplin Kelas. EDU MANAGE-Journal of STAI Nurul Ilmi Tanjungbalai, 2(2).

Sinambela, P. N. J. M. (2008). Faktor-Faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Jurnal Generasi Kampus, 1(2), 74–85.

Wahyuni, R., Yahya, & Awrus, S. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Seni Rupa pada Mata Pelajaran Seni Budaya Menggunakan Model Pembelajaran Contectual Teaching and Learning dengan Konvensional pada Siswa Kelas VII SMPN 7 Padang. SERUPA : The Journal Of Art Education, 3(2), 1–18. https://doi.org/http://ejournal.unp.ac.id/index.php/serupa/article/view/5586/4384

Wasito. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP Daring Melalui Active Knowledge Sharing. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 101–106. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1283

Wati, J. U. M., Rikza, Q., & Rahmawati, A. D. (2021). Pengelolaan Kelas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa Pandemi di Kelas VII G MTS Negeri 4 Ngawi. Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics, 2(1), 14–26. https://doi.org/http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/385/191

Yuningsih, C. R. (2019). Pembelajaran Seni Rupa Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Sebelas April, 3(1), 1–7. https://doi.org/https://jurnal.stkip11april.ac.id/index.php/JESA/article/view/59

Zaharah, Kirilova, G. I., & Windarti, A. (2020). Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, 7(3), 269–282. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104

Downloads

Published

05/01/2024

How to Cite

Agustina, E. K. M. ., Iriaji, I., & Rini, D. R. . (2024). Permasalahan Guru dalam Pembelajaran Keterampilan Seni Rupa Platform Digital Masa Pandemi di Sekolah Menengah Pertama. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p1-9

Issue

Section

Articles