Implementasi algoritma harmony search (HS) pada mix fleet vehicle routing problem with split delivery (MFVRPSD)

Authors

  • Erlina Tri Astuti Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mimiep Setyowati Madja Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mohamad Yasin Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Salah satu varian dari VRP adalah Mix Fleet Vehicle Routing Problem with Split Delivery (MFVRPSD), dimana kendaraan yang dipakai bisa memiliki kapasitas yang berbeda-beda dan customer dapat dikunjungi lebih dari satu kali agar mendapatkan rute yang minimum. Pada MFVRPSD permintaan customer tidak boleh melebihi kapasitas kendaraan. MFVRPSD bertujuan untuk menentukan sejumlah rute yang memiliki jarak tempuh minimum. Semua rute berawal dan berakhir di depot yaitu 0. Total permintaan dari sebarang rute kendaraan tidak boleh melebihi kapasitas kendaraan. Dan kapasitas dari masing-masing kendaraan yang digunakan untuk melayani customer bisa berbeda-beda sesuai yang tersedia di tempat pengiriman atau produsen. Algoritma Harmony Search dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan MFVRPSD dengan tujuan untuk memperoleh solusi berupa rute yang optimum tanpa melanggar kendala kapasitas dan jarak. Algoritma Harmony Search memiliki 5 langkah utama yaitu inisialisasi parameter, inisialisasi harmony memory (HM), membangkitkan rute sementara, meng-update HM rute sementara, dan mengecek kriteria pemberhentian.  Agar mudah dalam menyelesaikan permasalahan MFVRPSD dengan menggunakan Algoritma Harmony Search, maka akan direpresentasikan dalam program komputer dengan menggunakan Borland Delphi 7.0. Program dimulai dengan input data, kemudian data diproses dengan menggunakan algoritma Harmony Search  dan output yang dihasilkan berupa rute yang optimum serta visualisasi graph hasilnya.

References

Aldous, Joan M. and Wilson, Robin J. 2004. Graphs and Applications An Introductory Approach. Great Britain: Springer.

Purwanto. 1998. Matematika Diskrit. Malang: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang.

Satyananda, Darmawan. 2012. Panduan Praktikum Struktur Data. Buku tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Maftuh, Ahmad Azami. 2010. Study Penentuan Rute Busway yang Optimal Koridor Surabaya Timur-Barat dengan Metode Harmony Search. Surabaya: Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Wilson, R. J and Watkins, J.J. 1990. Graph An Introductory Approach a First Course in Discrete Mathematics. Canada: John Willy and Sons, Inc.

Yeun, Choong Liong and Zirour, Mourad. 2008. Vehicle Routing Problem:

Models and Solution, Journal Of Quality Measurement and Analysis, 4(1):205-218, (Online)

Ralphsy, T.K., Kopmanz, L., Pulleyblankx, W.R. & Trotter, L.E. 2003. On the Capacitated Vehicle Routing Problem. Mathematical Programming Series B 94343. (Online), diakses tanggal 4 Maret 2015.

Hadwan, M., Ayob M., Sabar N.R., Qu, R. Tanpa Tahun. A Harmony Search Algorithm for Nurse Rostering Problem.(Online) diakses pada 02 Mei 2015.

Geem, Z.W., Kim J.H., Loganathan G.V. 2001. A New Heuristic Optimization Algorithm : Harmony Search. Journal of Simulation. hlm. 60-68.

Suthikamnarunai, N. 2008. A Sweep Algorithm for Mix Fleet Vehicle Routing Problem. Proceeding of The International MultiConference of Engineers and Computer Scientists, Vol. II. hlm. 19-21.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Astuti, E. T. ., Madja, M. S., & Yasin, M. . (2023). Implementasi algoritma harmony search (HS) pada mix fleet vehicle routing problem with split delivery (MFVRPSD). Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(11). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3653

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>