Algoritma genetika pada split delivery vehicle routing problem (SDVRP) dan implementasinya

Authors

  • Farid Tri Rahayuningsih Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Sapti Wahyuningsih Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mohamad Yasin Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Split Delivery Vehicle Routing Problem (SDVRP) yaitu perluasan VRP dengan tiap customer dapat dilayani lebih dari satu kali yang dikarenakan jumlah permintaan customer sama besar atau lebih besar dengan kapasitas dari kendaraan dan dilayani dengan kendaraan yang berbeda untuk meminimalkan biaya pendistribusian. Algoritma genetika adalah suatu jenis struktur pencarian nilai optimal berdasarkan peniruan proses evolusi biologi. Algoritma genetika pada SDVRP terdiri dari enam langkah, yaitu teknik pengkodean, pembangkitan populasi awal, pembentukan rute berdasarkan kendala kapasitas, perhitungan nilai fitness kemudian seleksi pindah silang dengan metode Partial-Mapped Crossover (PMX) dan mutasi. Untuk mempermudah dalam menyelesaikan SDVRP dengan algoritma genetika maka direpresentasikan dalam program komputer menggunakan Borland Delphi 7. Meskipun program sangat membantu mempermudah dalam menghitung jarak minimum pada permasalahan pendistribusian, namun program ini memiliki kelemahan yaitu lama proses perhitungan dipengaruhi oleh banyak populasi dan maksimum generasi yang diberikan.

References

Aldous, Joan M. and Wilson, Robin J. 2004. Graphs and Applications An Introductory Approach. Great Britain: Springer.

Archetti, C., Salvelsbergh, M, W, P., Speranza, M, G. 2001. Worst-Case Analysis for Split Delivery Vehicle Routing Problems. Transportation Science, 13(1):64-73, (Online)

Archetti, C & Speranza, M.G. 2006. A Tabu Search Algorithm for the Split Delivery Vehicle Routing Problem. Transportation Science, 40(1). (Online)

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mutakhiroh, I., Saptono, F., Hasanah, N., Wiryadinata, R. 2007. Pemanfaatan Metode Heuristik dalam Pencarian Jalur Terpendek dengan Algoritma Semut dan Algoritma Genetika. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007, (3): 34-39.

Wilck, Joseph Hubert, and Cavalier, Tom M. 2012. A Genetic Algorithm for the Split Delivery Vehicle Routing Problem, American Journal of Operation Research 2(24): 207-216(Online)

Yeun, Choong Liong and Zirour, Mourad. 2008. Vehicle Routing Problem:

Models and Solution, Journal Of Quality Measurement and Analysis, 4(1):205-218, (Online)

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Rahayuningsih, F. T. ., Wahyuningsih, S., & Yasin, M. (2023). Algoritma genetika pada split delivery vehicle routing problem (SDVRP) dan implementasinya. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(11). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3656

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>