Implemantasi steganografi menggunakan metode end of file (EOF) dalam pengamanan data (Studi kasus pada file AVI, MP3, dan JPEG)

Authors

  • Ari Dwi Cahyono Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mohamad Yasin Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v2i9p%25p

Abstract

Steganografi adalah ilmu dan seni menyembunyikan pesan rahasia di dalam pesan lain sehingga keberadaan pesan rahasia tersebut tidak dapat diketahui. Metode yang digunakan untuk menyembunyikan pesan rahasia adalah metode penyisipan pesan EOF (End of File). Steganografi metode EOF ( End of File ) menggunakan cara dengan menyisipkan data pada akhir file. Dalam metode EOF data yang disisipkan diberi tanda khusus sebagai pengenal awal dan pengenal akhir data tersebut. Teknik ini dapat digunakan untuk menyisipkan data yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan. File hasil steganografi ini secara visual maupun suara tampak tidak berubah dibanding file sebelum disisipi data. Hanya saja ukuran dari file tersebut menjadi lebih besar. Ukuran file yang telah disisipkan data sama dengan ukuran file sebelum disisipkan data ditambah dengan ukuran data yang disisipkan ke dalam file tersebut.

References

Bruch dan Strater. 1974. Information System : Theory and Practice, California : Hamilton Publishing Company.

Munir, Rinaldi. (2004). Bahan Kuliah IF5054 Kriptografi. Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung.

Munir, Rinaldi. 2006. Steganografi. Informatika: Bandung

Qureshi, Waheed. 2000, Steganography and Steganalysis. (Online), www.giac.org/paper/gsec/2151/steganography-steganalysis/103664‎. Tanggal akses 29-11-2013.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Cahyono, A. D. ., & Yasin, M. (2023). Implemantasi steganografi menggunakan metode end of file (EOF) dalam pengamanan data (Studi kasus pada file AVI, MP3, dan JPEG). Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(9). https://doi.org/10.17977/um067v2i9p%p

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)