Pengembangan website berbasis blended learning dengan materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP

Authors

  • Fitria Ayu Wulansari
  • Mimiep Setyowati Madja
  • Mohamad Yasin

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i11p871-878

Keywords:

Website, Blended Learning, Bangun Ruang Sisi Lengkung, Kelas IX SMP

Abstract

Dunia pendidikan pada saat ini telah berada pada abad pengetahuan (abad 21). Salah satu unsur pembelajaran abad 21 yaitu menekankan pada pengembangan keterampilan belajar. Pengembangan keterampilan terkait informasi dan komunikasi salah satunya dapat guru ciptakan dengan mengembangkan pembelajaran berbasis blended learning. Website berbasis blended learning dengan materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP menggunakan perangkat open source moodle versi 2.2. Materi bangun ruang sisi lengkung ditampilkan dalam bentuk web page. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan Thiagarajan (4D) yang terdiri dari: define, design, develop, dan dissiminate, tetapi tanpa tahap dissiminate. Berdasarkan hasil angket validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa website berbasis blended learning dengan materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP termasuk kriteria valid/ layak digunakan sebagai alternatif website dalam pembelajaran matematika.

References

Arikunto, S. (1990). Manajemen penelitian. Jakarata: Rineka Cipta.

Kusairi, S. (2011). Implementasi blended learning. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional 2011 Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning, Jurusan Biologi, FMIPA UM, Malang, 13 November.

Pragaswati, Rifqi H. (2012). Pengembangan website berbahasa inggris pada pembelajaran biologi berbasis blended learning materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 5 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Setyaningsih, R., Setyaningsih, N., & Sutarni, S. (2011). Peningkatan pemahaman konsep geometri dan pengukuran dengan pendekatan kontekstual melalui pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran.

Susilo, H. (2011, November). Blended learning untuk menyiapkan siswa hidup di abad 21. In Makalah disajikan dalam Seminar Nasional.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.

Downloads

Published

28-10-2021

How to Cite

Ayu Wulansari, F. ., Setyowati Madja, M. ., & Yasin, M. . (2021). Pengembangan website berbasis blended learning dengan materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(11), 871–878. https://doi.org/10.17977/um067v1i11p871-878

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)