Pengembangan aplikasi M-learning pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel berbasis android

Authors

  • Ibnu Nurdiansyah
  • Lathiful Anwar
  • Mohamad Yasin

Abstract

Salah satu aspek yang termuat pada mata pelajaran matematika adalah Aljabar. Kemampuan Aljabar yang baik akan membantu pemahaman matematika siswa. Dengan memanfaatkan keadaan dimana banyak dijumpai anak didik yang memiliki smartphone maka akan dikembangkan penyampaian materi dengan smartphone sebagai media penunjang belajar. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan aplikasi m-learning pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan satu variabel berbasis android yang valid, efektif, dan praktis menggunakan model pengembangan  Plomp yang dimodifikasi menjadi 4 tahap, yaitu (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi, dan revisi. Produk yang dihasilkan diberi nama POM (Partner of Mathematics) berekstensi apk yang dapat disebar luaskan dan diinstal di smartphone berbasis android minimum pada versi 4.0/4.1 (Ice Cream Sandwich). Hasil validasi didapatkan persentase validasi adalah 93,2%, hasil uji kepraktisan dan keefektifan berlangsung di adalah 89,6%, dan 88,89%.

References

Abidin. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Disleksia pada Materi Eksponensial di Kota Jambi. Edumatica, 4(2):66-76.

Aprilianti, Y. 2013. Aplikasi Mobile Game Edukasi Matematika Berbasis Android. Jurnal Script, 1(1):89-97.

Behera, S. K. 2013. M-learning: A New Learning Paradigm. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(3):24-34.

Hanafi, H. F., & Samsudin, K.2012. Mobile Learning Environment System (MLES): The Case of Android-based Learning Application on Undergraduates’ Learning. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 3(3):63-66.

Hobri, 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika. Jember:Pena Salsabila.

Hockly, N. 2013. Mobile Learning. ELT Journal, 67(1):80-84.

Kim, dkk. 2013. Students’ Perceptions And Experiences Of Mobile Learning. Language Learning & Technology, 17(3): 52-73.

Mcconatha, D. & Praul, M. 2008. Mobile Learning In Higher Education: An Empirical Assessment Of A New Educational Tool. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 7(2).

Purbasari, R. J. 2013. Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa Sma Kelas X. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM.

Rahayu, E. 2009. Pembelajaran Konstruktivisme Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Makalah disajikan dalam seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 5 Desember.

Subanji. 2013. Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. Malang: UM Press

Suharto, A. 2012. Memahami Teori Psikologi Kognitife Piaget Hubungannya dengan Perkembangan Anak dalam Belajar. Jurnal edukasi 7(1).

Zukhrufurromah. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berbasis Mobile Web pada Materi Trigonometri Untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Nurdiansyah, I. ., Anwar , L. ., & Yasin, M. . (2022). Pengembangan aplikasi M-learning pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel berbasis android. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(6). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3542

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)