Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 8-G SMP Negeri 19 Malang

Authors

  • Ratna Prabawati
  • I Made Sulandra
  • Lathiful Anwar

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i11p905-915

Keywords:

Teams Games Tournament, hasil belajar, pembelajaran kooperatif

Abstract

Hasil belajar matematika siswa kelas 8-G SMPN 19 Malang masih tergolong rendah, selain itu metode pembelajaran yang dilaksanakan berpusat pada guru, pembentukan kelompok belajar tidak pernah dilakukan, sehingga kerja sama antar siswa kurang terlihat, dan guru belum pernah menerapkan TGT. Oleh karena itu, dalam PTK ini diterapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh dari rata-rata skor kelompok, dinamika kelompok, turnamen, dan tes akhir. Berdasarkan data hasil belajar, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 8-G SMPN 19 Malang. Proses pembelajaran ini diawali dengan mengecek kemampuan prasyarat dan menyampaikan materi secara ringkas dengan tanya jawab, guru mengkoordinasikan siswa untuk belajar kelompok, diadakan turnamen, penghargaan kelompok, evaluasi dan refleksi. PTK ini berlangsung selama 2 siklus, dengan peningkatan hasil belajar 54,76 persen, yaitu 33,34 persen (siklus I) dan 21,42 persen (siklus II).

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan menteri pendidikan nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kahfi, Muhammad Shohibul. (2011). Mengembangkan skenario pembelajaran matematika berbasis kompetensi (contoh-contoh model). Malang: Universitas Negeri Malang.

Lia, Anita. 2005. Mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: Grasindo.

Rahayu, Tutuk Dwi. (2012). Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X BI SMA Negeri 2 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Setyorini, Dwi. (2011). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Unversitas Negeri Malang.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative learning teori dan praktik. Bandung: Nusa Media.

Suherman, Erman. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

28-10-2021

How to Cite

Prabawati, R. ., Sulandra, I. M. ., & Anwar, L. . (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 8-G SMP Negeri 19 Malang. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(11), 905–915. https://doi.org/10.17977/um067v1i11p905-915

Issue

Section

Articles